Saturday, 11 June 2016

Ini Dia Jagoan Ronaldo Di Piala Eropa 2016. Apa Jagoanmu ?

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (sumber:www.google.com)
Cristiano Ronaldo, siapa tidak kenal dia ? Saya yakin sebagian besar dari kita mengetahui dan mengenal dia, meskipun dia belum tentu dan bahkan hampir dapat dipastikan tidak mengenal kita, hahahaha. Sang superstar Real Madrid kelahiran Portugal tersebut kali ini sedang membela negaranya di ajang Piala Eropa 2016. Walaupun dia sedang membela negaranya, namun sebagai pesepakbola dan juga manusia, tentu saja dia memiliki tim atau negara jagoan di ajang ini yang diyakininya akan atau memiliki peluang besar untuk menjadi juara. Mau tahu tim atau negara mana saja yang dijagokannya ? Yuk, mari disimak daftarnya di bawah ini yang saya kutip dari situs www.juara.net.

Sejumlah analis dan media diketahui telah mencoret timnas Italia dari daftar kandidat calon juara Piala Eropa 2016, akan tetapi hal yang sebaliknya diungkapkan oleh Cristiano Ronaldo. Sang Bintang timnas Portugal ini justru menjagokan Italia sebagai tim yang dianggap paling berpeluang untuk menjadi juara pada ajang empat tahunan ini.

Analis dan media tidak menjagokan Italia sebagai kandidat juara disebabkan oleh kurangnya pemain bintang yang terdapat dalam buku tim berjulukan Azzurri tersebut. Italia tidak akan diperkuat Marco Verratti dan Claudio Marchisio karena cedera. Selain itu, pelatih Italia, Antonio Conte juga tidak memanggil Andrea Pirlo yang selama ini dianggap sebagai motor permainan Italia.

Walaupun begitu, Ronaldo tetap menjagokan Italia bersama Prancis, Jerman, dan Spanyol sebagai kandidat juara. Menurut penuturannya, “sebagai tuan rumah, Prancis adalah tim kuat. Kemudian kami memiliki juara dunia, Jerman. Mereka selalu menjadi favorit dan saat ini mereka lebih kuat. Ditambahkannya pula, “Dalam dua edisi Piala Eropa terakhir, mereka bermain bagus dengan lolos ke babak final pada 2008 dan semifinal pada 2012. Dan bagaimana kita bisa melupakan Italia ? Tentunya juga Spanyol. Mereka adalah juara bertahan.”

Selain berbicara mengenai peluang tim-tim lain yang dianggap potensial untuk menjadi juara, Ronaldo juga berbicara mengenai peluang timnas Portugal di ajang ini, khususnya mengenai anggapan publik bahwa Portugal berada di grup yang menguntungkan. “Selalu ada opini. Anda harus bermain dan berjuang habis-habisan di lapangan selama 90 menit untuk meraih kemenangan. Austria dan Hungaria adalah tim kuat. Mereka bisa mengejutkan.”, begitu dituturkan olehnya. Ditambahkan pula, “Islandia datang ke Piala Eropa setelah lolos dari grup yang sama dengan Belanda yang telah tereliminasi. Mereka berada di urutan kedua setelah Ceko pada babak kualifikasi.”

Nah, itulah prediksi Cristiano Ronaldo, sang superstar Real Madrid dan timnas Portugal mengenai beberapa negara yang berpeluang besar menjadi juara pada ajang Piala Eropa 2016. Bagaimana dengan prediksi kalian ? Ditunggu prediksinya di komentar artikel ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Hal Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Menunda Berbuka Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan hikmah. Pada bulan ini, biasanya umat Muslim di seluruh dunia menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Salah satu anjuran yang terdapat Hadits terkait dengan puasa dan berbuka puasa adalah menyegerakan berbuka puasa segera setelah waktunya tiba. Ternyata, selain anjuran agama, menyegerakan berbuka puasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Menunda-nunda berbuka puasa hanya akan menyebabkan masalah kesehatan. Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul sebagai akibat menunda berbuka puasa menurut penuturan Dr. Johanes Casay Candrawinata, MND, SpGK seorang dokter spesialis gizi dari Melinda Hospital. Mari disimak.

Kadar Gula Darah Menurun (Hipoglikemia)
Dalam kondisi normal, kadar gula darah tubuh kita adalah 70-110 mg / dL. Kadar gula darah yang rendah mengakibatkan berbagai sistem organ tubuh mengalami kelainan fungsi.
Ketika kita sedang tidak berpuasa, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah oleh tubuh dan diubah menjadi suatu zat tertentu, salah satunya glukosa. Glukosa adalah sumber energi otak yang utama. Menurunnya kadar glukosa akan menyebabkan terjadinya gangguan fungsi pada otak.
Gejala lain yang muncul sebagai akibat kekurangan glukosa adalah kelemahan, pusing, kelelahan, konsentrasi yang buruk, berkeringat, gemetar, ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas fisik, sakit kepala, dan jantung berdebar.
Saat cara berbuka puasa yang dilakukan sudah benar, akan tetapi kadar gula darah masih rendah, maka segera batalkan puasa dan hubungi dokter.

Tubuh Lebih Dehidrasi
Dengan tidak adanya cairan yang masuk ke dalam tubuh, mulai dari sahur hingga berbuka, maka tubuh bisa memasuki fase dehidrasi. Semakin menunda berbuka puasa, maka tubuh akan semakin dehidrasi.
Dehidrasi dapat menyebabkan disorientasi otak dan mengganggu kerja organ secara keseluruhan. Segera minum air putih atau jus buah segar segera setelah tanda waktu berbuka terdengar. Perbanyak pula minum air putih dari sejak saat berbuka hingga sahur.

Gastritis
Sakit lambung atau gastritis terjadi sebagai akibat dari asam lambung mengalami kontak lebih lama dengan dinding lambung.
Cara untuk menghindari atau mencegah gastritis adalah dengan menyegerakan berbuka puasa serta menjaga agar tidak makan berlebih. Pastikan banyak mengkonsumsi air putih dan makanan kaya serat untuk menetralkan keasaman asam lambung dan membuat kita kenyang tanpa makan berlebihan.

Friday, 10 June 2016

Syukuri 7 Hal Berikut Ini Selama Ramadhan

Ramadhan Bulan Suci
Ramadhan Bulan Suci
Tanpa terasa, bulan Ramadhan telah tiba lagi. Ramadhan bulan suci yang penuh berkah dan hikmah. Di bulan ini pula, kita seringkali diingatkan akan hal-hal yang kecil yang biasanya kita lupakan atau tak pedulikan pada bulan-bulan lain. Hal-hal kecil yang sebenarnya patut kita syukuri dalam hidup ini. Berikut ini 7 hal kecil yang patut kita syukuri selama bulan Ramadhan:

Bersyukur karena telah diberi satu kesempatan lagi untuk bertemu bulan Ramadhan
Ramadhan adalah bulan paling mulia di mata Allah dan bagi umat Muslim di seluruh dunia, sebab pada bulan ini Al-Qur’an diturunkan dan oleh karenanya dianggap sebagai suatu bulan yang penuh berkah, hikmah, dan ampunan. Bulan yang tepat untuk memperbaiki kekurangan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan jalan meningkatkan ibadah, sehingga setelah melewati Ramadhan kita dapat menjadi orang baru yang lebih baik.

Bersyukur karena masih memiliki rumah yang nyaman untuk berteduh dan berlindung dari terik Matahari dan hujan
Di luar sana masih banyak orang yang tidak memiliki tempat yang layak bahkan untuk sekedar merebahkan diri untuk beristirahat. Jadi apabila kita masih memiliki tempat untuk berteduh dan berlindung serta masih dapat menikmati empuknya kasur untuk merebahkan badan, maka kita patus bersyukur.

Bersyukur karena masih dapat menikmati aneka makanan dan minuman yang melimpah
Ketika Ramadhan, salah satu yang selalu jadi perbincangan adalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Bersyukurlah apabila makanan dan minuman apapun yang kita inginkan untuk berbuka puasa masih dapat kita peroleh dengan mudah tanpa perlu mengais-ngais atau meminta belas kasihan orang lain.

Bersyukur karena punya waktu bersama keluarga
Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul serta menghabiskan waktu bersama keluarga, mulai dari berbuka bersama, salat Tarawih bersama, sahur bersama, hingga berbelanja bersama untuk persiapan Lebaran.

Bersyukurlah atas kemudahan untuk beribadah
Tidak di semua negara setiap umat beragama dapat beribadah dengan mudah oleh karena alasan apapun, seperti perang, musibah atau bencana alam, dan lain-lain. Bersyukurlah karena kita tinggal di negara yang menjunjung tinggi kebebasan beragama dan beribadah bagi setiap umat beragama apapun. Tempat-tempat ibadah dapat kita jumpai dengan mudah di berbagai lokasi, seperti mall, rumah makan, dan sebagainya. Bersyukurlah atas semua berkah sederhana ini.

Bersyukur atas kesehatan yang kita miliki
Kita teramat sering menganggap remeh berkah dan nikmat yang satu ini, kesehatan. Kita sering menganggapnya bukan sebagai rezeki atau berkah dalam hidup kita. Dan seringkali pula kita tidak menjaga kesehatan kita dengan baik melalui berbagai cara. Kita seringkali pula lupa terhadap Sang Pencipta kala kita sedang sehat dan baru ingat akanNya ketika kita sedang sakit. Jagalah dan rawatlah kesehatan yang kita miliki serta manfaatkanlah untuk melakukan segala sesuatu yang berguna.

Bersyukur atas teman-teman yang kita miliki
Kita juga terkadang melupakan yang satu ini, teman-teman kita. Hidup ini bisa terasa semakin indah dan meriah dengan kehadiran teman-teman. Dengan mereka kita dapat berbagi banyak hal bersama, tawa, duka, sedih, ceria, dan banyak lainnya. Teman dan sahabat memiliki arti yang penting dalam hidup kita dan bahkan terkadang melebihi apa yang kita kira dan pikirkan. Bersyukurlah atasnya.

Nah, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kembali mensyukuri semua keberkahan, kelimpahan, dan kenikmatan yang telah kita miliki dalam hidup ini.

Thursday, 9 June 2016

Makanan yang Teramat Sayang untuk Dimakan

Umumnya makanan dibuat dan ada untuk dimakan atau dinikmati kelezatannya. Namun beberapa makanan di bawah ini kemungkinan besar akan membuat kita merasa teramat sayang untuk memakannya. Adalah seorang pengguna instagram dengan akun olganoskovaa rutin mengupload foto-foto makanan yang pernah dibuatnya. Foto-foto yang begitu menawan hingga membuatnya memiliki 190 ribu follower. Mau tahu seperti apa rupa makanan-makanan tersebut hingga membuat kita begitu sayang memakannya ? Simak rangkaian gambar di bawah ini.


Bagaimana cantik dan menarik sekali bukan ? Coba simak lagi gambar selanjutnya.

Tidak kalah cantik dan menarik bukan ? Bahkan dia juga membuat pula kue dengan nuansa antariksa yang begitu menawan.


Sungguh keren dan benar-benar menyerupai lautan luas. Nah, kalau kue di bawah ini bisa kita gunakan untuk bercermin karena teramat bening sehingga dapat memantulkan bayangan kita.

Kue yang dibuatnya juga tidak hanya cantik serta menarik di bagian luar, tetapi juga di bagian dalam. Sebagai bukti, coba simak gambar di bawah ini.


Benar-benar memanjakan mata bukan ? Seluruh kue yang karyanya dibuat dengan keindahan yang benar-benar memanjakan mata dan membuat kita begitu sayang untuk memakannya. Gambar-gambar yang saya sajikan disini hanyalah beberapa saja dari banyak karya dia yang lainnya. Untuk lebih lengkap bisa kunjungi langsung instagramnya atau bisa juga lewat berikut ini Kue Olga Noskova. Semoga menghibur mata dan bermanfaat.

10 Tips Bermanfaat Agar Puasa Ramadhan Dapat Berjalan Lancar

Pada bulan Suci Ramadhan berpuasa merupakan suatu kewajiban bagi seluruh Umat Muslim dimanapun berada di dunia ini. Namun menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan tidak selalu mudah sebab seringkali ada godaan demi godaan yang datang. Godaan yang paling utama tentu saja adalah rasa lapar dan haus, sebab selama berpuasa kita semua dilarang makan dan minum dalam bentuk apapun. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba berbagi tips yang mungkin bermanfaat selama berpuasa. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

Akhirkan Waktu Sahur
Tips klasik ini selalu disarankan karena memang terbukti bermanfaat. Dengan mengakhirkan sahur, maka makanan yang kita makan dapat bertahan sedikit lebih lama dibandingkan jika kita makan terlalu cepat.

Variasikan Menu Sahur
Membuat variasi makanan sahur akan memberikan kita lebih banyak karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lama dibandingkan karbohidrat di dapat dari nasi putih. Manfaatnya, kita dapat merasa kenyang dan bertenaga lebih lama. Karbohidrat kompleks ini dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, dan kacang-kacangan.

Perhatikan Kandungan Gizi Dalam Makanan
Kita memang dianjurkan untuk membuat variasi makanan, namun bukan sekedar variasi yang terkesan sembarangan, tetapi perlu diperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang kita makan. Terlalu banyak menyantap gorengan tidak baik dan akan membuat kita bertambah gemuk. Kurangi pula makanan yang bersifat asam atau pedas, khususnya apabila kita menderita sakit maag.

Konsumsi Cukup Protein
Karbohidrat memang dibutuhkan dan dianjurkan, namun protein juga penting untuk tetap dapat menjaga massa otot tubuh kita.

Minum Cukup Air Putih
Pada saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Untuk menghindari kekurangan cairan yang akan berakibat pada tubuh lemas, maka konsumsilah cukup air putih selama sahur dan berbuka puasa.

Kurangi Konsumsi Garam
Sayur tanpa garam memang tidak enak dan kurang sedap disantap. Namun mengkonsumsi garam berlebih terutama saat berpuasa akan mempercepat proses dehidrasi tubuh yang pada akhirnya akan berdampak pada munculnya rasa cepat lapar dan haus.

Hindari Teh, Rokok, Kopi
Usahakan minum jus, air putih, susu untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa. Hindari teh, kopi, dan rokok sebab akan berbahaya bagi dinding lambung.

Segerakan Berbuka
Satu tips klasik lain yang juga terbukti bermanfaat. Segeralah berbuka ketika waktunya tiba supaya waktu yang ada setelah berbuka dapat kita manfaatkan untuk hal-hal lain seperti Salat Maghrib, Salat Isya, dan kemudian bersiap menjalankan Salat Tarawih.

Makan Secukupnya
Satu kelemahan dan kesalahan yang seringkali kita lakukan saat berpuasa, khususnya ketika waktu berbuka tiba, adalah kalap dalam menyantap setiap menu makanan yang tersedia. Mulailah dengan menu atau makanan yang ringan seperti sup, salad, buah, atau makanan manis baru setelah itu dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat.

Penuhi Kebutuhan Serat
Jangan lupakan serat, baik dalam bentuk sayur maupun buah, saat berbuka puasa maupun sahur agar pencernaan dapat tetap lancar.

Demikian 10 Tips Bermanfaat Agar Puasa Ramadhan Dapat Berjalan Lancar. Semoga bermanfaat. Untuk memperoleh tips atau informasi bermanfaat lain silakan cek disini.

H. Abraham “Lulung” Lunggana, S.H.

Foto Abraham "Lulung" Lunggana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta
Foto Abraham "Lulung" Lunggana, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta
(sumber: wikimedia).
Jika sebelumnya saya pernah menulis mengenai Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, kali ini saya akan menulis mengenai salah satu “musuh” bebuyutan Ahok yaitu Haji Lulung. Selamat menyimak.
Haji Abraham Lunggana, S.H. atau populer dengan julukan Haji Lulung lahir di Jakarta pada tanggal 24 Juli 1959. Dia adalah seorang politikus yang sejak tahun 2014 menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Selain sebagai politikus, Haji Lulung juga berprofesi sebagai pengusaha yang memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan keamanan, lahan parkir, dan jasa penagihan utang di wilayah Tanah Abang.
Haji Lulung merupakan anak ketujuh dari sebelas bersaudara. Ayahnya bernama Ibrahim Tjilang seorang tentara BKR berpangkat Peltu. Ibunya merupakan keturunan dari KH. Abdullah Syafi’i yang merupakan pendiri Perguruan Islam Asy-Syafiiyyah.
Sebagai pengusaha, Haji Lulung memiliki PT. Putraja Perkasa, PT. Tirta Jaya Perkasa, Koperasi Kobita, PT. Tujuh Fajar Gemilang, dan PT. Satu Komando Nusantara yang bergerak dalam bidang jasa keamanan, pengelolaan lahan parkir, dan penagihan utang. Dalam berorganisasi, Haji Lulung aktif di PPM, AMPI, Karang Taruna, dan turut serta mendirikan ormas Gerak Betawi dan menjadi Sekretaris Jenderal Bamus Betawi. Selain itu, Haji Lulung juga memiliki lembaga advokasi bernama Lunggana Advocat & Friends selaku pengacara yang berlokasi di Tanah Abang.
Dalam bidang politik, ia aktif sebagai pengurus di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketika PPP pecah, ia diajak untuk mendirikan Partai Bintang Reformasi (PBR) dan terpilih sebagai Ketua Umum DPC PBR Jakarta Barat. Setelah Pemilu 2004, ia memutuskan kembali ke PPP dan terpilih menjadi Ketua UMUM DPC PPP Jakarta Pusat. Pada Pemilu 2009 ia terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dan kemudian diangkat menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.
Haji Lulung menjadi terkenal karena kontroversi yang ada ketika dia membawa mobil Lamborghini ketika terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014 – 2019 serta karena ucapannya “meludah saja bisa jadi duit.” Selain itu, ia juga dikenal karena perselisihannya dengan Gubernur DKI Jakarta Ahok terkait dengan rencana relokasi pedagang di pasar Tanah Abang beberapa waktu lalu.
Kabar terkini yang beredar di berbagai media adalah Haji Lulung berniat untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pemilu 2017 menantang gubernur menjabat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menarik untuk ditunggu “kisah perseteruan” selanjutnya antara Ahok dengan Haji Lulung, andai kata Haji Lulung benar-benar jadi mencalonkan diri sebagai calon gubernur.
Demikian artikel ringkas mengenai Haji Abraram Lunggana, S.H. yang akrab disapa Haji Lulung. Semoga bermanfaat.

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok)

Foto Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta
Foto Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta
(sumber gambar: wikimedia)
Saya yakin tak banyak orang akan kenal jika disebutkan nama Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. Sebaliknya saya percaya apabila nama Ahok yang disebutkan, saya yakin akan jauh lebih banyak mengenal beliau. Ya, memang benar, beliau lebih dikenal oleh khalayak umum dengan panggilan Ahok dibandingkan dengan lengkap beliau. Ahok adalah panggilan populer beliau yang diberikan oleh sang ayah kepadanya. Panggilan tersebut diberikan karena sang ayah berharap kelak Ahok dapat menjadi seseorang yang sukses. Kata “Ahok” berasal dari kata “Banhok”, Ban artinya puluhan ribu dan Hok artinya belajar. Jadi bila digabungkan dapat bermakna belajar di berbagai bidang. Seiring waktu panggilan tersebut berubah menjadi “Ahok”.
Pak Ahok atau Ahok saat ini merupakan Gubernur DKI Jakarta yang menjabat sejak tanggal 19 November 2014. Awalnya beliau bukanlah gubernur terpilih melainkan sebagai wakil gubernur mendampingi bapak Joko Widodo (Jokowi). Namun seiring Jokowi ditugaskan oleh partai pendukungnya untuk maju pencalonan Presiden RI, maka sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku Jokowi harus absen untuk sementara waktu selama proses kampanye calon presiden agar pekerjaannya sebagai gubernur dapat tetap terlaksana dengan baik. Dikarenakan gubernur aktif sedang absen untuk sementara waktu dalam menjalankan pekerjaannya, maka wakil gubernur ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur sampai gubernur terpilih kembali dari masa absennya dan mulai dapat bekerja secara aktif. Setiap kepala daerah yang sedang mencalonkan diri unuk suatu jabatan atau posisi lain yang lebih tinggi memang diharuskan untuk absen sementara waktu dari pekerjaannya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konflik kepentingan. Ahok menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur sejak tanggal 16 Oktober 2014. Jokowi mulai absen sebagai gubernur sejak 1 Juni 2014 dan akhirnya resmi mengundurkan diri pada 16 Oktober 2014 setelah memenangkan pilpres 2014. Ahok kemudian secara otomatis menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta dan saat itu Ahok tidak memiliki partai pendukung atau independen.
Selama gubernur terpilih absen, Pelaksana Tugas Gubernur menjalankan pemerintahan sesuai dengan wewenang yang dimiliki oleh seorang gubernur, namun tetap berkoordinasi dengan gubernur terpilih agar seluruh program kerja dapat tetap terlaksana sesuai dengan visi atau rencana kerja yang telah disusun oleh gubernur. Adapun akhirnya dikarenakan Jokowi terpilih dan menang dalam Pemilu Presiden, maka sejak saat itu pula Ahok secara resmi naik pangkat sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi yang terpilih sebagai Presiden RI. Ahok dilantik sebagai gubernur oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada tanggal 19 November 2014. Maka sejak saat itu pula Ahok resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai sekarang. Selama menjabat Ahok didampingi oleh wakil gubernur yang dipilihnya yaitu Djarot Saiful Hidayat.

Wednesday, 8 June 2016

Ramadhan Bulan Suci Penuh Hikmah

Ilustrasi Bulan Ramadan
Bulan Ramadan (sumber gambar: www.google.com)
Ramadhan atau kadang ditulis pula Ramadan merupakan bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Bulan yang dikenal sebagai bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan yang suci ini umat Muslim melakukan serangkaian kegiatan keagamaan seperti berpuasa, salat Tarawih, memperingati turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran, membayar zakat fitrah, dan diakhiri dengan Hari Raya Idul Fitri.

Kata Ramadan sendiri bermakna panas yang menyengat. Bangsa Babylonia yang pernah menjadi bangsa yang budayanya begitu dominan di utara Jazirah Arab menggunakan sistem penanggalan gabungan yang dikenal sebagai luni-solar calendar yang merupakan sistem penanggalan yang melakukan penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus. Berdasarkan sistem penghitungan itu, bulan kesembilan selalu jatuh pada musim panas yang sangat menyengat. Sejak pagi hingga petang batu-batu gunung dan pasir gurun terpanggang oleh panasnya matahari musim panas dimana waktu siangnya lebih panjang dibandingkan waktu malam. Pada malam hari, panas di bebatuan dan pasir sedikit reda, tapi sebelum sampai menjadi dingin sepenuhnya sudah terpapar lagi dengan sinar matahari pada pagi hari. Hal tersebut terjadi secara berulang-ulang sehingga terjadi akumulasi panas yang menghanguskan. Hari-hari itu disebut bulan Ramadan atau bulan dengan panas yang menghanguskan.

Setelah umat Muslim mengembangkan serta menggunakan kalender berbasis bulan, yang rata-rata 11 hari lebih pendek dibandingkan kalender matahari, bulan Ramadan tak selalu bertepatan dengan musim panas. Oleh karena itu, orang lebih memahami panasnya Ramadan secara kiasan. Sebab di hari-hari Ramadan orang berpuasa, tenggorokan terasa panas karena kehausan. Diharapkan pula dengan ibadah-ibadah yang dilakukan selama Ramadan maka dosa-dosa terdahulu menjadi hangus terbakar dan seusai Ramadan orang yang berpuasa tak lagi berdosa.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba. Adapun Idul Fitri diambil atau diserap dari kata Ied dan Fithri. Ied artinya Hari Raya. Fithri diambil dari kata fathara artinya memecah atau mengakhiri. Sehingga secara utuh Idul Fitri bermakna Hari Raya Mengakhiri Puasa (Ramadan). Hari terakhir bulan Ramadan diakhiri dan dirayakan dengan penuh sukacita oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada malam 1 Syawal yang biasa disebut dengan Malam Kemenangan, umat Muslim akan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di Indonesia ritual tersebut menjadi suatu tontonan yang menarik serta ditunggu sebab biasanya penduduk yang beragama Islam mengumandangkan takbir sambil berkeliling kota serta menabuh bedug dan menyalakan kembang api atau petasan. Esoknya, tepat pada 1 Syawal seluruh umat Muslim memperingati Hari Raya Idul Fitri dengan mengawalinya dengan berkumpul bersama di halaman yang luas atau lapangan untuk bersama-sama melaksanakan Salat Ied. Selesai salat biasanya dilanjutkan dengan kegiatan saling memaafkan antar sesama umat.

Di Indonesia waktu berpuasa rata-rata adalah 12 jam setiap harinya, dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya. Panjangnya waktu berpuasa akan berbeda atau bervariasi di setiap negara atau setiap wilayah tergantung pada posisi Matahari terhadap suatu lokasi tertentu di Bumi. Adapun penentuan awal bulan Ramadan dapat ditentukan melalui dua metode yaitu metode penglihatan mata telanjang (rukyah) serta metode penghitungan astronomi (hisab). Perbedaan metode yang digunakan akan turut mempengaruhi perbedaan awal dan akhir bulan Ramadan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI menggunakan metode rukyatul hilal untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadan.

Beberapa hal yang hanya ada atau umum dijumpai di bulan Ramadan, khususnya di Indonesia, antara lain ngabururit, penjual atau pedagang musiman yang menjual makanan atau menu berbuka puasa (takjil) di pinggir-pinggir jalan, serta tentu yang paling ditunggu-tunggu oleh para pegawai yaitu THR (Tunjangan Hari Raya). Ngabuburit adalah rangkaian kegiatan yang digunakan untuk menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa. Istilah atau kata ngabuburit aslinya atau awalnya digunakan di kota Bandung, namun seiring waktu telah mulai banyak digunakan pula di daerah lain di Indonesia.

Demikian tulisan ringkas mengenai bulan Ramadan. Akhir kata, selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadan 2016 kepada seluruh umat Muslim dimanapun berada. Semoga Ibadah Puasa yang dijalankan lancar dari awal sampai akhir.

Sunday, 5 June 2016

Cara Sederhana Mengatur Uang Ala Miliarder

Ilustrasi Pengelolaan Keuangan
Ilustrasi Pengelolaan Keuangan (sumber gambar: www.google.com)
Saya yakin sebagian besar orang ingin jadi miliarder, namun untuk sampai kesana tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan, upaya, kerja keras, dan kegigihan. Namun ternyata itu semua juga masih belum cukup, kita juga membutuhkan pola pikir yang terarah untuk meraih sukses, kekayaan, dan kelimpahan uang seperti yang kita inginkan. Orang-orang yang kini telah menjadi miliarder dulu juga menginginkan hal yang sama. Selain itu mereka yang kini telah bergelimang harta juga merupakan orang yang sangat berhati-hati dalam mengeluarkan maupun menggunakan uangnya.

Para miliarder dunia seperti Bill Gates, Warren Buffett, Carlos Slim Helu, dkk. meyakini  bahwa cara terbaik mempertahankan kekayaan adalah kemampuan yang baik dalam menabung dan menginvestasikannya kembali. Uang memang selalu berpihak pada mereka yang bertalenta kuat serta mau bekerja keras. Namun ternyata para miliarder dunia juga memiliki cara lain untuk mengatur keuangannya serta menumbuhkan kekayaan yang mereka miliki. Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang mungkin dapat ditiru untuk menjadikan diri kita semakin kaya dari waktu ke waktu.

Bayangkan Anda Jadi Orang Kaya
Tony Robbins seorang miliarder yang berhasil mengumpulkan harta hingga USD 480 Juta mengatakan bahwa kesuksesannya secara finansial adalah karena dirinya hanya melihat satu tujuan di depan matanya. Ketika dia masih muda, dia selalu menggunakan uang yang dimilikinya dengan target menjadi orang kaya. Hal itu membuat dia mengelola uang dengan lebih baik dan berani mengambil resiko untuk meningkatkan bisnis yang dimilikinya.

Jangan Buang-Buang Uang Anda
Gunakan uang Anda hanya untuk hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan habiskan uang hanya untuk menikmati hidup sementara. Tony Robbins pernah berhenti makan malam selama seminggu dengan tujuan menghemat uang sebesar USD 2.000 per tahun. Saya sendiri masih belum berhasil untuk urusan satu ini dan masih perlu banyak belajar.

Pandai Memilah
Orang terkaya dunia saat ini, Bill Gates, selalu membandingkan berbagai pilihan sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uangnya. Menurut dia hal ini merupakan kemampuan penting dalam mengelola uang. Sebelum melakukan pembelian, carilah barang yang paling efektif dan efisien untuk anggaran Anda.

Demikian sederhana dan ringkas mengenai cara mengatur keuangan pribadi kita dan semoga semua tips yang ada dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih kaya. Begitu pula untuk saya. Semoga bermanfaat.

Jangan Sekedar Berbagi

Saya sadar, tahu, dan yakin bahwa berbagi itu baik, berbagi itu indah. Saya juga tahu bahwa semua agama menganjurkan untuk saling berbagi, terutama kepada orang-orang atau kalangan yang tidak mampu. Berbagi itu bermanfaat pula, baik bagi yang menerima, maupun bagi kita yang membagikannya. Berbagi akan mendatangkan manfaat secara langsung maupun tidak langsung kepada pihak yang telah sudi berbagi sesuatu yang bermanfaat.

Jadi, kita semua dianjurkan untuk berbagi, baik oleh agama maupun oleh orang-orang disekitar kita serta oleh norma (aturan tidak tertulis) yang terdapat di dalam masyarakat. Namun kita tidak boleh sekedar berbagi, melainkan harus mampu dan mau berbagi sesuatu yang bermanfaat, baik, indah, serta kepada orang atau pihak yang tepat. Oleh karena itu dalam berbagi kita juga perlu jeli dan hati-hati agar tidak salah berbagi.

Jika memang berbagi itu juga bermanfaat kita sebagai pihak yang membagikan atau memberikan sesuatu, mengapa ada pihak yang masih belum atau tidak mau berbagi ? Mungkin saja karena mereka belum mengetahui bahwa berbagi bisa mendatangkan manfaat bagi diri mereka sendiri. Bagi mereka yang suka berbagi dan sekaligus ingin mendatangkan manfaat ketika berbagi sesuatu, kini ada suatu website yang memungkinkan untuk itu. Website itu bernama 8share, sebuah website yang memungkinkan kita untuk berbagi informasi maupun konten yang bermanfaat dan sekaligus memperoleh manfaat bagi diri kita sendiri secara langsung. Manfaat yang diberikan kepada kita ketika berbagi sesuatu dapat berupa poin bonus dan uang tunai. Poin bonus yang telah terkumpul nantinya dapat ditukarkan ke dalam bentuk barang-barang tertentu yang disediakan oleh website tersebut. Tanpa panjang lebar lagi, silakan kunjungi link berikut ini 8share.com untuk mulai berbagi dan sekaligus memperoleh manfaat darinya secara langsung. Semoga bermanfaat.

Mari Jadi Wisatawan Yang Cerdas

Ilustrasi Wisatawan
Ilustrasi Wisatawan (sumber gambar: www.google.com)
Saya yakin, sebagian besar atau bahkan mungkin semua dari kita senang berwisata dan jalan-jalan, baik di dalam maupun luar negeri. Tujuan kita berwisata atau jalan-jalan, khususnya ketika liburan, adalah ingin bahagia. Namun kita tidak bisa begitu saja datang dan kemudian bersenang-senang di suatu tempat tanpa mempedulikan kondisi lingkungan sekitar. Kita harus bisa menjadi seorang pelancong atau wisatawan yang cerdas supaya saat nanti kita kembali ke rumah kita bisa benar-benar bahagia. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat yang disadur dari www.kompas.com.

Cari Tahu Lebih Lanjut Seputar Lokasi Tujuan Anda
Terkadang memang ada hal-hal yang terjadi di luar apa yang telah kita rencanakan. Namun tidak ada salahnya pula untuk tetap membuat perencanaan supaya kita tahu apa yang harus dilakukan di obyek wisata tujuan kita. Perencanaan yang baik juga akan turut menghemat anggaran yang dibutuhkan selama berwisata. Untuk itu dibutuhkan informasi yang memadai agar kita dapat membuat perencanaan yang baik.

Pandai Cari Alternatif
Dalam sebagian besar perjalanan wisata, selalu ada beberapa pilihan yang dapat diambil seperti pilihan transportasi yang hendak digunakan, pilihan tempat yang hendak dikunjungi, atau penawaran harga ketika berbelanja. Setiap wisatawan yang cerdas harus memanfaatkan setiap alternatif pilihan yang ada.

Selalu Waspada
Kemana pun kita bepergian, kita harus tetap selalu waspada dan berhati-hati. Wisatawan yang mampu untuk tetap waspada dan berhati-hati artinya memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang baik. Berbaur dengan masyarakat setempat saat sedang berwisata dan berpenampilan yang tidak terlalu mencolok dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti pencurian.
Contoh Bentuk Tidak Penghargaan Terhadap Lingkungan Sekitar
Taati Peraturan dan Hargai Penduduk serta Lingkungan Sekitar
Dua hal yang sebenarnya penting ini memang cukup sering diremehkan atau luput dari perhatian para wisatawan. Beberapa contoh kurang penghargaan terhadap peraturan atau lingkungan sekitar diantaranya adalah membuang sampah sembarangan, mencorat-coret sembarangan obyek pada lokasi wisata, pakaian yang tidak sesuai dengan momen, acara, atau tempat tertentu.

Itulah beberapa hal diperhatikan agar setiap kita yang berwisata dapat menjadi seorang wisatawan yang cerdas. Jadi kita bukan hanya sekedar berwisata atau berkunjung ke suatu tempat begitu saja, melainkan juga turut memperhatikan terhadap lingkungan maupun terhadap diri kita sendiri agar semua hal dapat berjalan dengan aman, baik, lancar, dan tidak menimbulkan keresahan maupun kerugian bagi diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat.

Tickerbar