Saturday, 18 December 2010

Naik dan Bukan Turun

Saya sering mendengar kalimat ini diucapkan di beberapa acara atau kegiatan, ‘kita akan terus naik dan bukan turun’. Kalimat yang sebenarnya ditujukan untuk memberikan dorongan motivasi dan keberanian bagi setiap orang yang mendengarnya. Kalimat tersebut juga sering diucapkan di acara kebaktian gereja untuk mengingatkan setiap individu bahwa Tuhan yang menciptakan kita telah berjanji akan mengangkat kita ke atas dan bukan turun ke bawah.
Pagi ini, saya membaca kalimat yang sejenis atau mirip dengan kalimat tersebut. Namun, kali ini konsep tersebut dipakai dalam konteks yang berbeda, yaitu pengembangan pribadi. Dalam konteks pengembangan diri, kalimat tersebut ditujukan untuk mengingatkan sekaligus menantang setiap individu yang ingin terus menjadi lebih baik, lebih sukses, meningkat dalam segala hal yang berhubungan dengan kehidupan pribadinya untuk terus berpikir tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan lebih baik, bagaimana memperoleh hasil kerja yang lebih baik, bagaimana meningkatkan produktivitas serta kualitas pribadi, bagaimana dapat meningkatkan efektivitas pribadi, dan sebagainya. Menurut pemikiran saya, kalimat tersebut juga ditujukan untuk mendorong setiap kita untuk tidak cepat atau bahkan tidak pernah puas, untuk selalu berpikir mengenai bagaimana mencapai lebih banyak, bagaimana menjadi lebih baik, bagaimana melakukan segala sesuatu dengan lebih baik, bagaimana berpikir lebih kreatif dalam segala hal.

Friday, 17 December 2010

Harus Serius !

Ide untuk tulisan ini sebenarnya sudah muncul beberapa hari yang lalu, namun karena sibuk belajar dan memikirkan tentang pengerjaan proyek yang sedang serta masih saya kerjakan, maka ide tentang tulisan ini sempat menghilang dari pikiran. Beruntungnya, saat sedang membaca sebuah artikel dari Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, saya teringat kembali akan ide yang sempat hilang tersebut. Berikut gagasan saya.
Secara pribadi, saya sering mendengar ada beberapa kawan saya pernah berkata atau berujar, ‘jangan terlalu serius’ atau ‘santai saja, tidak perlu serius’ atau kalimat-kalimat sejenis. Kalimat-kalimat tersebut ditujukan untuk orang-orang yang secara kebetulan sedang berada bersama kami maupun untuk saya sendiri yang memang tergolong serius. Sering mendengar kalimat tersebut, saya menjadi hafal ucapan tersebut dan membuat saya berpikir juga, apakah saya benar-benar sangat serius atau selalu serius. Setelah saya renungkan selama beberapa waktu, ucapan tersebut memang ada benarnya. Sebagai pribadi, kita memang tidak boleh terlalu serius atau selalu serius, tapi sesekali kita perlu untuk bisa sedikit lebih rileks atau santai dalam menjalani hidup maupun aktivitas kita sehari-hari.

Belajar Bisnis

Seperti pernah saya ungkapkan dalam salah satu tulisan saya beberapa waktu yang lalu, salah satu topik atau ilmu yang menjadi fokus pembelajaran saya adalah bisnis. Sejak membaca buku tentang perjalanan Larry Page dan Sergey Brin dalam mendirikan serta membesarkan Google, saya sangat terinspirasi dan semakin tertarik untuk belajar tentang bisnis, selain tentang ilmu atau kompetensi utama saya yaitu komputer. Sejak saat itu pula, saya secara perlahan tetapi pasti mulai mengumpulkan buku maupun bahan bacaan lain tentang bisnis serta terus belajar mengenainya.
Sungguh, bisnis telah menjadi salah satu topik atau ilmu yang menarik perhatian saya. Tahun lalu, tepatnya antara bulan April hingga Agustus 2009, saya sempat menjajal profesi sebagai seorang agen asuransi jiwa. Profesi yang saya jalani dalam waktu sangat singkat itu ternyata memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk saya. Memang, selama saya menjalani profesi sebagai agen asuransi tersebut, saya tidak mendapatkan keuntungan atau manfaat dalam bentuk materi, namun saya memperoleh manfaat dalam bentuk lain yaitu ilmu serta pengalaman. Ilmu yang saya peroleh dari pengalaman singkat saya sebagai agen asuransi jiwa telah turut membantu memberikan sumbangan pemahaman baru bagi saya mengenai dunia bisnis dan keuangan. Pengalaman saya berhadapan dengan orang lain sebagai upaya saya untuk menjual produk asuransi juga melatih saya dalam kemampuan menjual serta menghadapi orang lain.

Wednesday, 15 December 2010

Inizio, Supercar Listrik Terbaru Amerika

Supercar listrik Amerika Serikat kini bukan hanya Tesla dan Karma Fisker. Kini ada pendatang baru yang mengklaim dirinya lebih hebat, yaitu produk Li-ion Motors, yang diberi nama Inizio.

Li-ion Motors yang berpusat di Carolina Utara tersebut sudah membuktikan kehebatannya di bidang mobil listrik. Buktinya, berhasil memenangkan Progressive Automotive X-Prize di Side-by –Side Alternative Class dengan mobil listriknya Wave II pada Oktober lalu.

Sebenarnya, Li-ion Motors bukan hanya membuat supercar listrik ini, juga memproduksi sepeda motor dan  kendaraan roda tiga listrik. Bahkan  memodifikasi Mini dan Yaris menjadi mobil listrik.

Pintu Gunting
Khusus, INIZIO penampilannya memang menarik. Wujud yang diperkenalkan di Los Angeles Auto Show November lalu (juga di SEMA, Las Vegas), tampil “mencorong” dengan warna merah Ferrari. Kedua pintu sampingnya membuka berputar ke depan-atas, seperti gerakan gunting. Alhasil, ketika pintu dibuka, penampilan Inizio jadi eksotik.

Voyager Sampai di Tepian Tata Surya

Ilustrasi lokasi Voyager 1 dan 2 di tata surya.
Satelit Voyager 1 milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat NASA telah sampai di tepian tata surya. Saat ini, Voyager 1 ada pada jarak 17,4 miliar kilometer dari matahari.

Voyager 1 diperkirakan akan meninggalkan wilayah tata surya kurang lebih 4 tahun lagi. Selanjutnya, pesawat itu akan memasuki wilayah antarbintang, wilayah antara sistem tata surya dan bintang lain.

Sampai di tepian tata surya, Voyager 1 menemukan hal baru berkaitan dengan angin matahari, partikel bermuatan yang dipancarkan dari matahari ke segala arah. Temuan tersebut dipaparkan para ilmuwan dalam pertemuan American Geophysical Union di San Francisco, California, AS Senin (13/12/10) lalu.

Voyager 1 menemukan, angin surya tak lagi mengarah ke luar tapi ke samping. Menurut dugaan para ilmuwan, itu berkaitan dengan adanya tekanan dari angin di ruang antarbintang. Sementara itu, Voyager 1 juga menunjukkan bahwa kecepatan angin surya juga berubah hingga mendekati nol dari yang sebelumnya memancar dengan kecepatan supersonik.

"Ketika saya menyadari kecepatannya hampir nol, saya sangat terkesima," kata Rob Decker, ilmuwan senior dari John Hopkins University.

MENJADIKAN USIA MUDA SEBAGAI NILAI PLUS

Usia muda merupakan usia produktif, maka jangan pernah biarkan terlalu banyak waktu kosong mengisi masa muda kita. Pada masa ini, orang muda dianjurkan untuk mempunyai banyak aktivitas dan memperluas wawasan, misalnya mengikuti kegiatan organisasi, kegiatan sosial ataupun magang. Berbagai aktivitas tersebut nantinya akan memudahkan kita dalam menghadapi dunia kerja yang akan dimasuki selanjutnya.
Bekerja merupakan suatu kegiatan dimana kita tidak hanya berusaha melakukan sesuatu untuk mendapatkan uang, namun merupakan suatu wadah tempat kita berkreasi, menggunakan logika untuk mengambil keputusan serta mempraktekkan semua ilmu yang telah kita dapatkan selama kita menjalani pendidikan. Tuntutan dan kondisi dunia kerja yang seperti itu mengharuskan kita untuk memiliki kematangan pribadi. Kematangan pribadi kita dapat terbentuk dengan semakin banyaknya pengalaman yang kita dapatkan.
Sebuah kematangan usia belum tentu diikuti kematangan pribadi. Hal inilah yang membedakan antara usia kalender dengan usia mental. Usia kalender adalah usia mulai tanggal kelahiran kita hingga saat ini. Usia mental adalah usia kematangan pribadi. Kematangan pribadi dibentuk dari kemampuan memecahkan masalah, kepemimpinan diri, tanggung jawab, dan aneka atribut pengembangan pribadi lainnya. Sehingga benar apa yang dikatakan oleh pepatah bahwa menjadi tua itu pasti, namun menjadi dewasa itu adalah pilihan.

Tuesday, 14 December 2010

Railgun Terdahsyat Melesat dengan 7 Kali Kecepatan Suara

Senjata railgun yang dikembangkan angkatan laut AS ini menggunakan elektromagnetik ketimbang bubuk mesiu untuk menembakkan proyektil hingga tujuh kali kecepatan suara.
Senjata superdahsyat mungkin hanya jadi imajinasi dalam video game. Namun, senjata super yang baru-baru ini dikembangkan untuk kepentingan angkatan laut Amerika Serikat ini nyata. Senjata super itu merupakan railgun elektromagnetik yang mampu menyerang dan menghancurkan lawan dengan kecepatan mach 8 atau tujuh kali kecepatan suara.
"Orang melihat ini hanya khayalan dalam video game. Tapi ini nyata. Ini adalah sejarah baru," kata Roger Ellis, manajer program pengembangan senjata ini.
Uji di Naval Surface Warfare Center di Dahlgren, Virginia, pada Jumat (10/12/2010) mengungkapkan, dalam sekali serangan, railgun ini mampu memproduksi gaya 33 megajoule. Gaya yang dikerahkan senjata itu 33 kali lebih kuat dari gaya sebuah mobil seberat 1 ton yang bergerak dengan kecepatan 100 mil per jam (160,93 km per jam).
Kehebatannya membuat senjata ini memecahkan rekor dunia. Kekuatan senjata ini tiga kali lebih kuat dari senjata yang memegang rekor sebelumnya. Railgun ini mampu mencapai target sejauh 100 mil (160,93 km) dalam hitungan menit, sesuatu yang tak mungkin dilakukan dengan senjata konvensional. Senjata ini tak menghancurkan musuh dengan bahan peledak, tetapi dengan kekuatan gelombang energi yang dimilikinya. Setiap obyek yang dilewati akan musnah.

Pertama di Dunia, Gambar Detil Proses Persalinan


Gambar yang dihasilkan lewat MRI proses persalinan secara normal.
Demi kemajuan ilmu pengetahuan, seorang ibu dari Berlin, Jerman, melakukan proses bersalin di dalam mesin pemindai MRI (magnetic resonance imaging). Hasilnya untuk pertama kali di dunia dihasilkan citra MRI proses persalinan bayi.
Tim dokter yang terdiri dari ahli kandungan, radiolog dan insinyur berkolaborasi selama dua tahun untuk menciptakan mesin MRI terbuka sehingga bisa menampung ibu hamil dalam proses persalinan. Seperti diketahui mesin MRI konvensional berbentuk seperti lorong panjang yang sempit.
Dengan mesin MRI khusus ini para ahli berharap akan dihasilkan gambaran yang lebih detil bagaimana seorang bayi melewati jalan lahir sehingga membantu pemahaman perlu tidaknya seorang wanita menjalani persalinan dengan operasi caesar.

Mencari Celah untuk Menjual Ide


Ilustrasi: Rapat Membahas Ide
Beberapa peserta, setelah selesai mengikuti training, kami hubungi dan tanyakan apakah ide brilian dan action plan yang mereka buat saat pelatihan, sudah diimplementasikan ke tempat kerja. Hal yang mengejutkan adalah, hampir 80 persen tidak lagi terdengar sesemangat ketika mereka sedang di kelas pelatihan.
Ada yang mengatakan atasan atau pimpinan terlalu sibuk dan tidak mau mendengarkan ide mereka. Ada juga yang bilang, pemikiran atau ide mereka dianggap sesuatu yang nyeleneh, menyimpang jalur, bahkan dinilai sebagai upaya mencari perhatian saja.
Di zaman ketika tuntutan untuk memberi "value adding" terasa begitu kuat dan kreativitas senantiasa disebut-sebut sebagai modal untuk memenangkan kompetisi, ternyata realitanya masih banyak atasan atau pejabat yang enggan berubah atau tidak mau repot mengubah cara kerja lama yang sudah mapan. Padahal, kita semua tahu, bila kita lebih banyak berfokus pada "here and now" dan menganggap ide adalah hambatan, organisasi pasti tidak akan berkembang.

IPB Temukan Formula Susu Anti-Flu Burung

Dosen Institut Pertanian Bogor Rahmat Hidayat berhasil menemukan formulasi anti-flu burung dan anti-diare untuk dicampurkan dan meningkatkan kualitas susu bubuk. Temuan ini adalah salah satu dari 201 riset para dosen IPB yang telah selesai pada tahun 2010.
"Penelitian saya selama satu tahun berhasil menemukan Imunoglobulin Yolk atau Ig-Y antiflu burung dan antidiare yang berasal dari kuning telur," kata Rahmat Hidayat, setelah memaparkan hasil penelitiannya dalam seminar Hasil-Hasil Penelitian IPB Tahun 2010, Senin (13/12/2010) siang. Seminar berlangsung di IPB International Convention Center di Kota Bogor sampai Selasa besok.
Ia menjelaskan, Ig-Y tersebut dihasilkan dalam bentuk spray dry kuning telur, freeze dry kuning telur, dan ekstrak murni. Dalam bentuk tersebut, Ig-Y dimasukkan atau dicampurkan ke susu murni untuk menjadi susu bubuk formula anti-flu burung dan anti-diare.
"Saya sengaja pilih susu dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kualitas susu formula bagi anak-anak usia sekolah. Ig-Y ini tidak mengubah rasa, warna, dan bau susu. Namun, dengan Ig-Y ini, kualitas susu ditingkatkan. Kalau sekarang, misalnya, ada susu bubuk formula DH+, maka nantinya akan ada susu bubuk anti-flu burung dan anti-diare," tuturnya.

Proof of Concept (PoC)


Proof of concept, saya lupa dari mana saya pernah belajar atau mendengar istilah ini, tetapi seingat saya istilah ini umum digunakan atau diucapkan oleh para praktisi khususnya di bidang komputer. Istilah diucapkan atau digunakan untuk menantang setiap orang yang merasa jago di suatu bidang, dalam hal ini komputer, untuk membuktikan kehebatan mereka melalui pembuatan suatu karya nyata atau melalui pemberian bukti-bukti atau fakta-fakta dari konsep atau teori yang pernah mereka pelajari atau pernah mereka ucapkan. Kini, hal yang sama sedang berupaya saya lakukan. Saya sedang berusaha membuktikan suatu konsep yang beberapa tahun lalu pernah saya ucapkan.
Sekitar tiga tahun lalu, tepatnya pada pertengahan tahun 2007, ketika saya sedang menjadi suatu organisasi yang bertugas untuk memberikan bimbingan pada para mahasiswa baru di kampus saya berkuliah, saya pernah mengucapkan suatu kalimat yang saya tujukan untuk memotivasi para mahasiswa baru yang saya bina. Waktu itu, kalimat tersebut saya ucapkan dengan tujuan untuk memotivasi mereka agar mereka dapat terus berani untuk berjuang dan bersaing untuk memperoleh atau menjadi yang terbaik. Suatu kalimat yang sebenarnya muncul secara tiba-tiba tanpa pernah terlalu saya pikirkan lebih jauh lagi atau tanpa pernah saya kaji ketepatannya lagi.

Monday, 13 December 2010

Keuntungan Mengajar


Seperti yang saya tuliskan di tulisan saya sebelumnya, mengajar merupakan salah satu aktivitas saya akhir-akhir ini. Dari pengalaman selama beberapa bulan mengajar, saya menemukan ada keuntungan yang dapat kita peroleh dari mengajar. Tulisan ini akan membahas secara singkat setiap keuntungan yang berhasil saya temukan.
Keuntungan pertama dari mengajar adalah kita dapat berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan ke orang lain. Mengajar berarti kita berbagi suatu pengetahuan atau keahlian yang sebelumnya pernah kita pelajari ke orang lain yang ingin memiliki pengetahuan atau keahlian yang sama dengan yang kita miliki. Dengan berbagi pengetahuan maupun keahlian tersebut, kita sudah membantu orang lain untuk menjadi lebih baik bagi dirinya sendiri dan secara tidak langsung kita juga sudah membantu mengurangi tingkat kebodohan dari negara kita. Melalui mengajar, kita juga dapat membantu negara kita untuk mengurangi tingkat kemiskinan akibat rendahnya tingkat kemampuan atau pengetahuan setiap individu yang ada di negara ini.

Sunday, 12 December 2010

Nielsen: Yuppie Couple, Segmen Pasar Baru yang Tumbuh

Generasi muda merupakan target pasar yang sangat potensial dan terus tumbuh. Mereka juga memiliki buying power yang lumayan dan bisa menjadi target pasar masa depan.  Bila ditelaah lebih mendalam ternyata ada satu segmen generasi muda yang belum banyak digarap produsen, yaitu Yuppie Couple.

Menurut Yudi Suryanata, Executive Director Consumer Research Nielsen Indonesia, kelompok Yuppie Couple ini jumlahnya tidak banyak hanya 4%-5% dari total populasi. Walaupun demografi kelompok ini hanya terpusat di kota-kota besar Indonesia, tetapi mereka memiliki potensi yang besar untuk digarap.

Yuppie Couple adalah pasangan muda yang baru menikah atau baru memiliki anak (anaknya masih bayi). Usianya tidak lebih dari 30 tahun. Mereka, baik suami maupun istri, memiliki karier yang cukup bagus, minimal level manajemen yunior terutama di bidang pemasaran dan fokus pada karier. Karena itulah pendapatan mereka sedikitnya belasan juta rupiah per bulan per pasangan. Dengan pendapatan sebesar itu dan sikap mereka yang fokus pada karir mereka tidak segan-segan merogoh kantong lebih dalam demi mendapatkan kenyamanan dan hiburan di dalam dan luar rumah.

Profesi atau Pekerjaan


Mengajar atau teach dalam Bahasa Inggris, itulah salah satu aktivitas saya akhir-akhir ini. Sebenarnya, mengajar bukanlah hal yang sempat terpikir akan menjadi salah satu aktivitas atau bisa juga disebut profesi saya. Pada awal saya masuk kuliah, satu-satunya profesi yang terpikir adalah menjadi programmer atau software developer. Namun seiring dengan berlalunya waktu dan seiring dengan bertambahnya wawasan atau pengetahuan saya, saya menemukan sejumlah profesi lain yang ternyata juga menarik, menantang, dan bermanfaat bagi setiap orang yang berhubungan dengan profesi tersebut maupun bagi saya sendiri. Beberapa profesi yang saya temukan seiring dengan perjalanan saya selama kuliah dan hingga sekarang antara lain pembicara motivasional, pembicara teknologi informasi dan komputer, penulis buku maupun artikel, pengajar, programmer, konsultan teknologi informasi, pebisnis, pelatih pengembangan kepribadian, serta manajer sumber daya manusia. Itulah semua profesi yang telah saya ketahui sampai sejauh ini dan yang menarik bagi saya pribadi.
Pengetahuan yang saya peroleh mengenai sejumlah profesi yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya tersebut adalah manfaat lain yang berhasil saya dapatkan selama saya kuliah. Suatu manfaat atau pengetahuan lain yang saya berhasil saya peroleh selain pengetahuan tentang ilmu komputer dan pemrograman. Memang pengetahuan tersebut tidaklah diajarkan di kampus, tetapi saya pelajari sendiri dari hasil membaca buku maupun informasi yang ada di media cetak atau media online. Namun, tetap harus saya akui bahwa saya tidak akan mungkin mendapatkan sejumlah pengetahuan tambahan tersebut jika saya tidak menempuh pendidikan hingga bangku kuliah. Selama dalam perjalanan saya di bangku kuliah itulah saya belajar banyak hal baru yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya.

Bintang Laut Bisa Jadi Obat Asma

Penyakit asma selama ini diketahui belum ada obat yang bisa menyembuhkannya, begitu pula dengan radang sendi atau arthritis. Tapi studi terbaru dari ilmuwan kelautan menunjukkan bahwa bintang laut bisa menjadi obat untuk penderita asma dan radang sendi.

Sebuah tim peneliti dari Scottish Association for Marine Science telah mempelajari substansi atau bahan berlendir yang melapisi tubuh bintang laut berduri.

Peneliti menemukan bahwa bahan licin pada bintang laut lebih baik dari Teflon untuk menghentikan puing-puing menempel pada tubuh bintang laut, sehingga bisa menjaga kebersihannya.

Dan peneliti percaya bahwa bahan tidak lengket ini dapat dijadikan senjata baru yang penting untuk mengobati penyakit inflamasi atau peradangan seperti asma dan radang sendi.

Penyakit peradangan seperti asma dan radang sendi merupakan kondisi yang terjadi ketika respon alami tubuh terhadap infeksi dipercepat diluar kendali.

Dr-Eng Eniya Listiani Dewi, Mengubah Hidrogen Menjadi Listrik

Listrik yang dihasilkan dengan tenaga uap, air dan bahan bakar minyak itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika energi untuk kebutuhan sehari-hari dihasilkan dari gas hidrogen?

Adalah Dr-Eng Eniya Listiani Dewi (36) yang mewujudkan rekayasa teknologi sel bahan bakar (fuel cell), yakni sumber energi alternatif penghasil listrik yang ramah lingkungan, dengan hanya mereaksikan gas hidrogen dengan oksigen secara elektrokimia.

"Dari proses itu maka diperoleh listrik, panas dan air murni, tanpa suara, tanpa emisi dan fleksibel dengan berbagai macam ukuran sesuai kebutuhan," kata Eniya, peraih Penghargaan Habibie Award 2010 di bidang Ilmu Rekayasa.

Hal itu disampaikannya usai acara penyerahan Habibie Award di Hotel Sultan, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (30/11/2010).

Eni, sapaan akrabnya, awalnya tidak menyangka akan mendapatkan Habibie Award. Sebab, katanya, persyaratan untuk meraih penghargaan itu cukup sulit, disamping tentunya komitmen, dedikasi dan pencapaian.

Microsoft Mengincar Twitter?

Steve Ballmer, CEO Microsoft
CEO Microsoft Steve Ballmer dilaporkan mengadakan pertemuan dengan CEO Twitter Dick Costolo, dalam sebuah acara santap pagi di San Francisco.

Tak ada satu pihak pun yang membocorkan topik diskusi mereka. Namun berdasar rumor yang berkembang, kedua belah pihak membicarakan masalah kemitraan bisnis. Sayangnya baik Microsoft atau Twitter tetap menutup mulut rapat-rapat hasil pembicaraan.

Kira-kira apa yang dibicarakan kedua CEO tersebut? Kita tahu bahwa Microsoft dan Twitter merupakan dua perusahaan yang berbeda pangsa pasarnya. Menjadi mitra bisnis bahkan akuisisi bisa saja dilakukan kedua perusahaan untuk memperluas pasar masing-masing.

Di satu sisi, Microsoft sebagai raksasa IT kini sedang getol-getolnya membangun jaringan sosial, sebagai wujud dari peningkatan layanan online mereka. Di sisi lain, Twitter memiliki pasar yang sangat besar. Tapi masalahnya, formula bisnis mereka belum dianggap meraup keuntungan besar. Lantas apakah benar rumor panas Twitter bakal diakuisisi Microsoft benar?

'Jakarta Punya Rumah Robot Terbesar di Dunia'

Ingin menciptakan sebuah wahana bermain yang mendidik, Robotic Explorer menciptakan sebuah rumah robot yang diklaim sebagai terbesar di dunia.

Dalam rumah robot tersebut, pengunjung bisa mendapatkan semua hal yang diperlukan untuk membangun robot, mulai dari teori dasar hingga tahap produksi.

Wahana yang juga disebut-sebut pertama di dunia itu mengambil tempat di Mal Thamrin City seluas 2400 meter persegi. Rumah robot ini diharapkan bakal terus dipadati pecinta robot, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

"Rumah robot merupakan ajang bermain sekaligus belajar bagi pecinta robot. Di dalamnya ada beberapa ruangan yang bisa mengajarkan tahap membuat robot," ujar Jully Tjindrawan, pendiri Robotic Explorer, di Thamrin City, Sabtu (11/12/2010).

Robot Pemijat Hilangkan Pegal di Badan

Ada banyak robot dengan kemampuan unik, bentuknya pun beragam. Kali ini, hadir robot mungil beroda yang pintar memijat. Jadi ketika Anda lelah, robot ini akan berjalan di punggung, tangan atau bagian tubuh lainnya untuk menghilangkan pegal.

Dilansir PC World dan dikutip detikINET, Rabu (01/12/2010), robot bernama WheeMe ini memiliki bobot yang ringan, kurang dari 330 gram.

WheeMe secara otomatis bergerak menjelajahi segala medan di tubuh tanpa terjatuh atau hilang keseimbangan dan tidak berisik. Kemampuan ini berkat teknologi sensor kemiringan yang tertanam di tubuhnya.

Mungkin Anda meragukan pijatan WheeMe mengingat ukuran tubuhnya yang mungil? Tunggu dulu, hasil uji coba menyebutkan WheeMe bisa memberikan pijatan nyaman di tubuh, layaknya di spa atau salon pijat. (sumber: www.detik.com).

Tickerbar

KumpulBlogger