Monday, 18 February 2008

Trix and Flix UEFA EURO 2008™ 's Mascot


Akhirnya maskot dari event sepakbola terbesar di Eropa UEFA EURO 2008™ diumumkan dan diberi nama. TRIX dan Flix begitulah nama kedua maskot Euro 2008 di Austria dan Swiss. Kedua maskot ini bukan merupakan tiruan tokoh maskot yang ada sebelumnya atau mengambil pola binatang, melainkan dua bocah kembar yang piawai dan atraktif bermain bola.

Dalam video yang terdapat di situs resmi UEFA EURO 2008™ hasil garapan rumah produksi animasi Swedia, Kaktus, Trix dan Flix tampil enerjik dan atraktif. Dengan gaya free styler, mereka tampak kompak mengolah, menendang, menyundul bola dan berlari menelusuri pegunungan Austria dan Swiss. Bahkan, mereka berdansa ala bintang reggae, Shaggy, di stadion yang dipenuhi para fansnya.

Video demonstrasi dalam bentuk animasi yang berisi keterampilan dan skill Trix dan Flix dalam mengolah si kulit bulat ini diharapkan dapat menjadi "virus" yang membius para penggila sepakbola di dunia untuk datang dan menyaksikan UEFA EURO 2008™ Austria-Swiss. Atraksi luar biasa yang dimunculkan dalam video animasi tersebut ditujukan untuk menyampaikan pesan : "Bahwa dalam hidup sesuatu yang luar biasa bisa kita munculkan dalam setiap hal yang kita lakukan dan mungkin saja menghasilkan sesuatu yang luar biasa, jika kita terus mencobanya."

Karakter kedua bocah enerjik ini digambarkan berbeda. Trix yang menggunakan seragam putih tim Austria bernomor 20 ini sifatnya terkesan lebih relaks, namun dia tergolong cerdas dan lebih menuruti kata hatinya saat bermain. Sedangkan Flix dengan seragam merah tim Swiss bernomor 08 sifatnya cenderung lebih disiplin dan bisa mengontrol diri.

Rambut mereka dijuluki Spiky Hair, menggambarkan pegunungan di Austria dan Swiss yang menjadi tuan rumah Piala Eropa. Pegunungan di kedua negara tersebut memang terkenal indah. Maka, panitia ingin menjadikannya sebagai kebanggaan yang tergambarkan dalam rambut maskot UEFA EURO 2008™ itu.

Pencipta dari dua bocah kembar ini tak lain adalah Warner Brothers, perusahaan dari Amerika Serikat yang empat tahun yang lalu juga menciptakan maskot Euro 2004 Portugal, Kinas. Maskot Euro 2004 itu adalah seorang bocah ajaib yang mahir bermain bola. Warner Brothers terkenal di dunia karena melahirkan tokoh kartun superhero seperti Batman dan Superman.

Trix dan Flix pertama kali diperkenalkan di Museumsquartier di Kota Vienna, Austria, Rabu 27 September 2006. Akan tetapi, kedua bocah ini belum mempunyai nama. Maka, panitia pun melakukan voting untuk menentukan nama yang tepat buat mereka.

Sejak itu publik pencinta sepakbola di Austria dan Swiss begitu antusias terlibat dalam voting itu. Proses voting ini dilakukan melalui situs resmi Euro 2008 (www.euro2008.com) dan dari seluruh restoran McDonald's di kedua negara atau bisa lewat jasa telepon, Telekom Austria. Baru pada 10 Oktober 2006, nama maskot terpilih.

Proses pemilihan yang melibatkan lebih dari 67.000 suara dari kedua negara penyelenggara telah memutuskan nama Trix dan Flix akan sebagai nama maskot kejuaraan tersebut. Trix dan Flix unggul secara tipis dengan raihan nilai 36,3 persen, diikuti oleh dua kandidat nama maskot yang lain, Flitz dan Bitz, yang meraih 33,7 persen suara. Sedangkan Zagi dan Zigi meraih 30 persen suara.

Hasil pemungutan suara ini diumumkan di Kota Innsbruck, sehari sebelum pertandingan persahabatan antara kedua tuan rumah penyelenggara, Austria versus Swiss, Rabu 11 Oktober 2006 di Stadion Ernst Happel Austria.

Trix dan Flix merupakan generasi ketiga sebagai maskot berupa animasi manusia yang dibuat untuk kejuaraan yang dilaksanakan tiap empat tahun sekali ini. Sebelumnya maskot berupa manusia untuk Piala Eropa pertama kali dibuat pada Euro keenam di Italia tahun 1980. Figur yang dipakai adalah tokoh dongeng Pinocchio, si boneka kayu. Setelah itu baru Kinas, maskot Euro 2004 di Portugal.

Empat tahun kemudian pada Euro 1984 di Perancis maskotnya adalah Peno, si Ayam Jago. Dia menjadi maskot Piala Eropa pertama yang berupa hewan. Berturut-turut, kemudian Euro Jerman 1988 maskotnya Bernie, Si Kelinci. Euro Swedia 1992 bermaskot The Yellow Rabbits, Si Kelinci Kuning

Euro Inggris 1996 bermaskot Goliath, Si Singa. Euro Belanda-Belgia 2000 bermaskot Benelucky, Si Setan Singa. Kemudian maskot berupa manusia, Kinas, pada Euro 2004 Portugal.

Tickerbar