Thursday 20 December 2018

Tamatnya Kiprah Bisnis GomezPeerZone.com

Sebuah bisnis selalu dibangun dengan tujuan akhir untuk meraup untung sebesar-besarnya bagi sang pemilik bisnis maupun para pemodalnya. Itulah yang selalu saya percayai mengenai bisnis.
GomezPeerZone.com adalah sebuah bisnis yang menurut info yang saya peroleh dari website resminya merupakan sebuah bisnis yang dibangun sekitar 1 dekade atau 10 tahun lalu. GomezPeerZone.com dibangun dengan tujuan utama untuk membantu perusahaan maupun organisasi lain untuk memantau dan memahami kinerja aplikasi web yang dimiliki oleh perusahaan maupun organisasi tersebut melalui internet. Jadi bisa dikatakan GomezPeerZone.com adalah sebuah bisnis yang menawarkan jasa untuk menguji ketangguhan aplikasi web khususnya terkait dengan kemampuan menangani permintaan pemrosesan dari banyak client pada waktu bersamaan.
Untuk bisa mewujudkan tujuan atau misi bisnisnya, GomezPeerZone.com tentu saja membutuhkan banyak sekali sumber daya komputer untuk melakukan pengujian terhadap setiap aplikasi web yang dibangun dan dimiliki oleh para pelanggan yang menggunakan jasa GomezPeerZone.com. Nah, menyediakan banyak sumber daya komputer itu tentu saja akan membutuhkan banyak biaya pula dan apabila semuanya menggunakan dana internal perusahaan akan ada kemungkinan bisa mengganggu ketersediaan dana maupun modal kerja dan operasional bisnis GomezPeerZone.com.

Oleh karena itu, mungkin dengan tujuan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menyediakan banyak sumber daya komputer itu lah, maka mereka mencoba mencari jalan alternatif yang tetap bisa mewujudkan misi bisnis mereka dan pada saat yang bersamaan menekan biaya modal dan operasional.
Sebuah metode atau strategi yang digunakan oleh GomezPeerZone.com adalah dengan cara mencari mitra yang bersedia mendonasikan sebagian sumber daya komputer yang dimiliki untuk membantu GomezPeerZone.com dalam melakukan pengujian ketangguhan aplikasi web dari para pelanggan yang menggunakan jasa mereka.
Guna menarik banyak pemilik komputer di seluruh dunia agar bersedia mendonasikan sebagian waktu dan sumber daya komputer yang mereka miliki, tentu GomezPeerZone.com perlu memberikan suatu iming-iming berupa bagi hasil pendapatan ke setiap orang yang bersedia menyediakan atau merelakan sebagian sumber daya komputasi yang dimiliki untuk membantu GomezPeerZone.com dalam melakukan pengujian aplikasi web milik para pelanggannya.
Setiap orang yang tertarik terhadap bagi hasil pendapatan yang diberikan oleh GomezPeerZone.com dapat menjadi mitra atau disebut dengan “peer”. Setiap calon “peer” dapat mendaftar melalui website GomezPeerZone.com. Setelah proses pendaftaran selesai dan mereka diterima atau disetujui sebagai “peer”, mereka bisa mendownload sebuah aplikasi yang telah disediakan secara khusus oleh GomezPeerZone.com.
Aplikasi tersebut nantinya perlu diinstal di sistem komputer masing-masing “peer”. Aplikasi tersebut pula yang nantinya akan menjadi semacam alat penguji ketangguhan aplikasi web dari semua pelangggan GomezPeerZone.com dan sekaligus menjadi sumber penghasilan dari para “peer”.
Saya sendiri adalah salah satu “peer” dari GomezPeerZone.com yang telah bergabung sejak sekitar 3 tahun lalu. Saya menemukan GomezPeerZone.com secara tidak disengaja waktu sedang mencari info mengenai “paid to surf” di mesin pencari internet. Sebelum mengenal GomezPeerZone.com saya terlebih dahulu mengenal Tickerbar.info yang juga memungkinkan setiap orang untuk memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan menginstall suatu aplikasi. Saya juga sempat mendapatkan 1-2 kali pembayaran dari GomezPeerZone.com selama menjadi “peer”.
Namun seperti yang umum diketahui bahwa tidak ada sesuatu yang abadi di alam semesta ini. Begitu pula dengan bisnis.
Beberapa waktu terakhir, mungkin sekitar 2 bulan terakhir, ketika saya menjadi “peer”, saya merasakan sedikit keanehan dalam sistem kerja aplikasi GomezPeerZone.com yang saya install di sistem komputer saya. Keanehan tersebut adalah counter penghitung waktu aktif sebagai “peer” yang tidak pernah bertambah walaupun aplikasi telah berhasil terhubung ke server GomezPeerZone.com. Saya sempat beberapa kali menanyakan permasalahan yang saya hadapi, namun anjuran yang saya terima selalu sama, uninstall aplikasi yang ada, download aplikasi baru, kemudian install ulang.
Saya sudah melakukan semuanya persis seperti petunjuk yang diberikan tetapi hasilnya tetap sama saja. Saya pun melakukan lebih dari sekali karena setiap kali menanyakan permasalahan yang saya hadapi selalu memperoleh jawaban yang sama. Saya mulai tidak puas dengan layanan “peer” yang diberikan oleh GomezPeerZone.com dan sudah berniat melakukan uninstall aplikasi “peer”.
Nah, belum sempat saya melakukan uninstall aplikasi “peer”, kemarin saya mencoba membuka website GomezPeerZone.com dan menemukan sebuah informasi penting yang menjadi jawaban dari semua permasalahan sistem yang saya hadapi sebagai “peer” dan mungkin juga menjadi jawaban bagi semua “peer” lainnya di seluruh dunia. Informasinya dapat dilihat di gambar di bawah ini yang saya capture langsung dari browser.
Tamatnya Kiprah Bisnis GomezPeerZone.com  

Ringkasnya informasi tersebut menyatakan bahwa GomezPeerZone.com telah menghentikan operasional bisnisnya sejak awal bulan Oktober 2018 yang lalu. Alasan penghentian operasional bisnis adalah adanya perubahan teknologi dan pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian aplikasi melalui internet. Jadi kemungkinannya metode dan layanan yang ditawarkan oleh GomezPeerZone.com ke setiap pelanggannya sudah tidak lagi relevan di masa sekarang dan oleh karena itu mereka memutuskan menghentikan layanan yang ada. Penghentian layanan tersebut secara otomatis juga menghentikan kemitraan yang ada dengan setiap “peer” yang ada di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya silakan menyimak keterangan yang terdapat pada gambar di atas.
Pelajarannya, tak ada yang abadi di alam semesta ini, termasuk di dunia bisnis. Tak ada bisnis yang abadi yang dapat bertahan selamanya tanpa perubahan-perubahan atau berbagai penyesuaian. Agar suatu bisnis dapat tetap terus bertahan berbagai perubahan atau penyesuaian sangat diperlukan.
Akhir kata, R.I.P. GomezPeerZone.com. Walau bagaimanapun saya telah selama sekitar 3 tahun terakhir menjadi “peer” dan telah sempat merasakan pembayaran dari GomezPeerZone.com. Semoga di masa depan, seluruh anggota tim GomezPeerZone.com dapat segera menemukan ide-ide bisnis baru yang bisa dijalankan. Terima kasih GomezPeerZone.com.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger