Friday, 8 February 2008

YouTube Akan Menjadi Fitur di Jutaan Ponsel


Layanan website video populer YouTube.com membuka layanannya untuk bisa berjalan di jutaan ponsel yang memiliki kemampuan menggunakan jaringan wireless kecepatan tinggi. Seperti dikutip dari Reuters, YouTube sebagai unit dari Google mengatakan akan memperluas layanannya dari ponsel ke perangkat lebih luas yang digunakan oleh 100 juta konsumen di seluruh dunia. Sensasi video web saat ini hanya tersedia secara penuh bagi pengguna Apple iPhone dan pada perangkat yang dijual dari Helio, provider wireless di Amerika yang targetnya anak muda.
"Ini dasarnya pada pengalaman penuh YouTube yang biasa kamu dapatkan di desktop bisa dirasakan pada ponsel," ujar Dwipal Desia, Mobile Product Manager YouTube.
YouTube juga melakukan testing perangkat lunak yang akan membuat pengguna ponsel lebih mudah mengupload video dari ponsel ke server YouTube.com.

Thursday, 7 February 2008

Jet Hipersonik Melesat Dalam Waktu 5 Jam

LONDON - Para insinyur penerbangan di Inggris mengumumkan desain pesawat hipersonik yang dapat menjangkau daratan Australia dari Eropa hanya dalam waktu lima jam. Pesawat tersebut akan menjadi sarana transportasi cepat melalui udara dalam dua dekade ke depan.
Pesawat yang diberi nama A2 itu dikembangkan perusahaan Reaction Engines di Oxfordshire, Inggris selatan. Program pengembangan yang didukung badan antariksa eropa (ESA) melalui proyek LAPCAT (Long-Term Advanced Propulsion Concepts and Technologies) ini diharapkan siap dipakai dalam 25 tahun.
"A2 didesain terbang dari bandara internasional Brussel (Belgia), terbang tanpa suara dan subsonik di atas Atlantis utara pada kecepatan 0,9 mach sebelum mencapai akhirnya mencapai kecepatan 5 mach di sepanjang Kutub Utara, melalui Pasifik ke Australia," kata Alan Bond, direktur Reaction Engines seperti dikutip Harian Guardian, Selasa (5/2).

Chip Silikon Dengan 2 Miliar Transistor


SAN FRANSISCO - Untuk pertama kalinya di dunia, dalam satu keping chip silikon tertanam dua miliar transistor. Rekor tersebut dipecahkan produsen prosesor komputer, Intel Inc, dalam sebuah chip prosesor berinti empat (quad core).
Chip yang diberi nama Tukwila ini didesain sebagai prosesor komputer server. Meskipun demikian, chip tersebut baru bekerja pada frekuensi 2 GHz atau dengan kecepatan memproses data setara sebuah komputer personal.
Chip tersebut juga dibuat dengan platform teknologi 65 nanometer. Padahal, Intel saat ini sudah memiliki platform lebih tinggi dengan teknologi 45 nanometer.
"Ini mencerminkan bahwa dibutuhkan waktu untuk mendesain prosesor tersebut," kata Justin Ratner, chief technology officer Intel, seperti dikutip BBC.

Tuesday, 5 February 2008

Printer Tanpa Tinta


Produk printer yang satu ini merupakan suatu inovasi baru dalam dunia cetak-mencetak menggunakan printer. Cara kerja device ini mirip dengan cara kerja faksimili yaitu dengan memanfaatkan panas untuk mengubah molekul-molekul di permukaan menjadi gambar.
Printer buatan Polaroid yang akan segera diluncurkan ini menawarkan cetak untuk foto. Sebagai ganti tinta, printer ini menggunakan kertas foto berlapis kristal mengkilap yang dipatenkan oleh pembuatnya dengan nama kertas ZINK. Printer ini menggunakan teknologi ZINK (Zero Ink) Imaging, dimana pada permukaan kertas foto terdapat kristal cyan, kuning, dan magenta yang akan dilelehkan oleh panas yang dihasilkan oleh printer untuk menghasilkan warna dengan komposisi yang berbeda-beda.

Selangkah Lagi Ciptakan Makhluk Hidup Buatan


WASHINGTON - Tinggal satu tahap lagi, para ilmuwan mungkin sudah dapat menciptakan makhluk hidup buatan di laboratorium. Bukan hanya melalui kloning atau bayi tabung, melainkan dengan menyusun rangkaian gen-gen sebanyak-banyaknya sesuai yang dibutuhkan suatu organisme untuk hidup.
Makhluk hidup pertama yang paling mudah ditiru adalah bakteri Mycoplasma genitalium, yang dikenal sebagai makhluk hidup paling sederhana dengan rangkaian gen hanya 485 jenis dan bersel satu. Virus lebih sederhana namun tidak pantas disebut makhluk hidup seutuhnya karena tidak dapat berkembang biak sendiri dan membutuhkan materi-materi hidup dari sel lainnya.
M. genitalium memiliki struktur sel yang sederhana karena seluruh DNA-nya membawa satu jenis kromosom saja. Kromosom merupakan struktur pembawa seluruh informasi genetik yang disebut genom. Untuk menghidupkan sel masih dibutuhkan jenis materi genetik lainnya yang disebut RNA (ribonucleic acid) yang fungsinya menerjemahkan kode-kode genetik ini.

500 Lebih Gen Baru Ditemukan


PARIS - Beberapa ilmuwan menemukan lebih dari 500 gen yang berpengaruh terhadap variasi populasi manusia termasuk warna kulit, tinggi badan, serta kerentanan terhadap serangan penyakit. Hasil studi ini membandingkan jutaan fragmen kode genetik dari individu dalam 4 kelompok, yaitu dari Nigeria, China, Jepang, serta Eropa barat laut.

Studi dari 4 kelompok itu menunjukkan seleksi alam berperan penting dalam perbedaan warna kulit, tinggi badan, serta kerentanan terhadap penyakit. Tim periset, yang dipimpin oleh Lluis Quintana-Murci dari National Centre for Scientific Research di Prancis, Prancis menekankan adanya variasi genetik kecil pada gen CR1 yang mengakibatkan 85 persen warga Afrika memiliki kekebalan terhadap penyakit malaria. Sebagian besar populasi manusia di dunia tidak mempunyai varian gen tersebut sehingga lebih rawan terserang penyakit malaria.

Tickerbar