Friday, 31 December 2010

Mark Zuckerberg, Founder of Facebook


Saya rasa setiap orang di zaman ini, khususnya para pengguna Facebook, pasti mengenal tokoh muda yang satu ini. Ya, dialah Mark Elliot Zuckerberg atau lebih dikenal dengan Mark Zuckerberg adalah salah satu pendiri dan sekaligus CEO Facebook. Saya tertarik untuk menulis mengenainya setelah saya menonton film yang menceritakan kisah satu tahun awal Facebook, The Social Network.
Zuckerberg dilahirkan pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York, Amerika Serikat. Dia merupakan anak dari pasangan Edward dan Karen Zuckerberg. Zuckerberg dikenal sebagai seorang programmer sekaligus hacker komputer yang handal. Zuckerberg memulai pemrograman ketika dia masih berada di bangku sekolah menengah pertama. Ayahnya mengajarinya pemrograman Atari Basic pada tahun 1990an dan kemudian seorang pengembang perangkat lunak, David Newman menjadi guru pribadinya di sekitar tahun 1995.
Selain memperoleh pengajaran dari ayahnya dan juga Newman, dia juga mengambil kursus pemrograman di Mercy College yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Zuckerberg menempuh pendidikan menengahnya di Ardsley High School dimana dia dikenal sebagai salah satu murid yang unggul dalam bidang ilmu klasik. Zuckerberg tidak sampai menyelesaikan studinya di Ardsley High School, dia pindah ke Phillips Exeter Academy di akhir tingkat pertama.
Jauh hari sebelum dia mengembangkan Facebook, dia telah beberapa menciptakan sejumlah program komputer. Dia merancang dan memprogram suatu aplikasi komputer di kantor ayahnya untuk membantu setiap karyawan yang ada untuk dapat saling berkomunikasi. Dia juga mengembangkan suatu versi permainan Risk dan ikut membangun pemutar musik Synapse Media Player di bawah perusahaan Intelligent Media Group. Aplikasi Synapse yang dibuatnya menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang mampu mempelajari kebiasaan pengguna dalam memutar file audio atau video.

Tickerbar

KumpulBlogger