Friday, 24 April 2015

Mungkinkah Real Madrid Juara Liga Champions Dua Kali Berturut-Turut ?

Mungkinkah Real Madrid Juara Liga Champions Dua Kali Berturut-Turut
Real Madrid 2014/2015 (Mungkinkah Real Madrid Juara Liga Champions Dua Kali Berturut-Turut ?)
Masih sedikit ada hubungannya dengan posting sebelumnya Prediksi Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2015 Real Madrid vs Atletico Madrid. Real Madrid telah dipastikan lolos ke babak semifinal Liga Champions 2015 setelah menang tipis 1-0 atas Atletico Madrid. Walaupun belum diketahui siapa yang akan jadi lawannya di babak semifinal nanti, tetapi tentu saja peluang real untuk menjuarai Liga Champions 2014/2015 jadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Namun, Mungkinkah Real Madrid Juara Liga Champions Dua Kali Berturut-Turut ?

Real Madrid merupakan tim yang selalu dipenuhi dengan pemain-pemain bintang, kondisi yang membuat mereka sampai dijuluki sebagai Los Galacticos atau Tim Dari Lain Galaksi. Hal ini membuat mereka selalu mampu tampil prima di semua kompetisi yang mereka ikuti setiap musimnya. Begitu pula musim ini dimana mereka masih berpeluang menjadi juara Liga Primera Spanyol dan juga Liga Champions. Artikel ini khusus menyorot mengenai peluang Real Madrid menjuarai Liga Champions 2015 alias menjuarai kompetisi paling elit di benua Eropa dua kali berturut-turut.

Di sepanjang sejarah Liga Champions (dalam 19 musim terakhir), hanya ada satu tim yang mampu menjadi juara dua kali berturut-turut yaitu AC Milan (saat itu format dan nama kompetisi masih Piala Champions). AC Milan kala itu merupakan tim yang mendapat julukan The Dream Team karena terdiri dari pemain-pemain bintang di benua Eropa. Mereka tampil begitu istimewa dan superior dibanding lawan-lawannya. Akan tetapi, sejak nama dan format kompetisi berubah menjadi Liga Champions, belum ada satu tim pun yang mampu mempertahankan alias menjadi juara kompetisi selama dua musim berturut-turut. Hampir pada setiap musimnya memang ada tim yang berpeluang menjadi juara dua kali berturut-turut karena mereka adalah tim juara bertahan dan sekaligus mampu mencapai babak final kompetisi, seperti AC Milan (Juara 1993/1994, Runner-Up 1994/1995), Ajax Amsterdam (Juara 1994/1995, Runner-Up 1995/1996), Juventus (Juara 1995/1996, Runner-Up 1996/1997), dan Manchester United (Juara 2007/2008, Runner-Up 2008/2009).

Wednesday, 22 April 2015

Prediksi Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2015 Real Madrid vs Atletico Madrid

Prediksi Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2015 Real Madrid vs Atletico Madrid
Prediksi Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2015 Real Madrid vs Atletico Madrid
Liga Champions (Champions League) merupakan liga yang mempertemukan tim-tim terbaik yang ada di benua biru Eropa yang selalu saja menghadirkan pertandingan nan seru dan enak untuk ditonton. Dini hari nanti, akan tersaji suatu pertandingan yang dijamin pasti juga bakalan seru, pertemuan antara dua musuh bebuyutan, Real Madrid vs Atletico Madrid. Bagaimanakah Prediksi Leg 2 Perempat Final Liga Champions 2015 Real Madrid vs Atletico Madrid ? Posting kali ini akan mencoba mengulasnya berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber.

Sebagai dua tim yang berasal dari kota dan negara yang sama, tentu saja kedua tim sudah sering sekali bertemu, baik di pertandingan liga domestik, piala liga (Copa Del Rey), maupun Liga Champions. Kedua tim pun pasti sudah saling mengenal permainan satu sama lain. Dini hari nanti, keduanya akan kembali bertemu untuk memperebutkan satu tiket ke semifinal Liga Champions 2015.

Karena hasil pertemuan di kandang Atletico berakhir dengan skor 0-0, maka bisa dikatakan kedua tim masih memiliki peluang untuk lolos ke semifinal. Tapi karena laga kali ini digelar di kandang Real, tentu saja Real sedikit lebih diunggulkan dibandingkan tetangga dekatnya itu. Pertandingan dini hari nanti bakal menyajikan pertarungan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Leg pertama yang berlangsung pekan lalu di kandang Atletico tak mampu menghasilkan suatu terobosan atau skor yang bisa membuat salah satu tim berpeluang lebih besar untuk lolos dari babak ini. Sebagai tuan rumah, Real tentu saja lebih berambisi dan akan berupaya sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan kali ini, karena hanya itu yang bisa menggaransi peluang mereka lolos ke semifinal. Jika bisa menang di pertandingan ini dan lolos ke semifinal, maka peluang Real untuk meraih juara berturut-turut juga semakin besar. Tapi hal itu tetaplah bukan upaya yang gampang. Sebab di era modern ini, belum ada satupun tim yang bisa memenangkan Liga Champions dua kali berurutan. Walaupun cukup banyak juga yang percaya bahwa dengan skuad yang dimilikinya saat ini Real punya kesempatan untuk itu.

Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya

Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya
Doodle Hari Bumi 2015 (sumber: www.google.com)
22 April selalu menjadi hari yang diperingati di hampir seluruh penjuru dunia. Hari yang begitu terkenal di seluruh dunia. Ada apakah gerangan dengan hari tersebut ? Simak saja postingan kali ini. Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya.

1. Hari Bumi (Earth Day) sebenarnya adalah hari pengamatan tentang Bumi yang dicanangkan setiap tahun dan diperingati secara internasional.

2. Hari Bumi ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap planet tempat kita tinggal, yaitu planet Bumi.

3. Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April dan dicanangkan oleh seorang pengajar lingkungan hidup sekaligus Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970.
Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya
Simbol Ekologi oleh Ron Cobb (sumber: wikipedia.com)

4. Hari ini bertepatan dengan musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

5. PBB merayakan Hari Bumi pada tanggal yang berbeda, yaitu 20 Maret yang merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan oleh seorang aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969. Hari itu adalah hari dimana Matahari tepat berada di atas Khatulistiwa yang dikenal dengan Ekuinoks Maret.

6. Hari Bumi diperingati oleh sekitar 175 negara dan dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) yang berpusat di Seattle, Amerika Serikat.

Monday, 20 April 2015

Kisah Sejarah dan Kontroversi Hari Kartini

Kisah Sejarah dan Kontroversi Hari Kartini
Kisah Sejarah dan Kontroversi Hari Kartini
R.A. Kartini merupakan salah seorang Pahlawan Nasional dan juga pejuang emansipasi wanita yang ternama di negara kita. Setiap tahun, pada tanggal 21 April, selalu diadakan Peringatan Hari Kartini yang merupakan peringatan terhadap hari lahir sang Pahlawan Nasional tersebut. Namun tahukah kita mengenai Kisah Sejarah dan Kontroversi Hari Kartini ? Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu, saya sendiri pun juga baru mengetahuinya beberapa waktu terakhir ini.

Jadi mari kita simak saja beberapa fakta tentang Kisah Sejarah dan Kontroversi Hari Kartini yang selalu diperingati setiap tahun itu.
1. 21 April merupakan hari lahir Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini) tepatnya pada 21 April 1879. R.A. Kartini terlahir sebagai keturunan bangsawan di Jepara, Jawa Tengah. R.A. Kartini adalah putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosrodiningrat seorang bupati (adipati) Jepara.
2. 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, pada tanggal 2 Mei 1964 melalui Keputusan Presiden No 108.
Habis Gelap Terbitlah Terang Armijn Pane
Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
3. Buku fenomenal karya R.A. Kartini, "Habis Gelap Terbitlah Terang", ternyata sebenarnya bukanlah buah tulisan langsung dari R.A. Kartini, melainkan ditulis (dibukukan) oleh seorang Belanda yang bernama Mr. J.H. Abendanon. Buku tersebut berisi kumpulan surat-surat Kartini kepada teman-temannya di Eropa yang berhasil dikumpulkan oleh Abendanon. Judul asli buku tersebut adalah "Door Duisternis tot Licht" yang sebenarnya berarti "Dari Kegelapan Menuju Cahaya".
4. Walaupun telah ditetapkan Pahlawan Nasional, namun ternyata masih ada beberapa sejarawan yang meragukan jasa-jasa serta keabsahan buku Kartini. Buku karyanya diragukan sebab tidak pernah ada orang lain yang pernah melihat naskah asli surat-surat Kartini selain J.H. Abendanon.
5. Banyak pahlawan wanita lain seperti Cut Nyak Dien, Dewi Sartika, dan lain-lain yang perjuangannya tampak jauh lebih nyata dibanding Kartini, namun tidak mendapatkan penghargaan secara khusus berupa hari besarnya sendiri, selain Hari Pahlawan.
6. Berbeda dengan pemikiran-pemikirannya yang menolak atau menentang pingitan, poligami, larangan bersekolah hingga jenjang tinggi bagi kaum perempuan, Kartini justru menerima dinikahkan oleh orang tuanya dan dipoligami oleh Bupati Rembang.
7. Pemikiran R.A. Kartini tentang emansipasi wanita memang bergaung dan banyak didengar daripada tokoh perjuangan asal Sunda, Raden Dewi Sartika, padahal langkah gerak Dewi Sartika dipandang lebih progresif melalui penerapan nyata pemikirannya ke dalam masyarakat.

Walaupun ada cukup banyak kontroversi yang ada seputar R.A. Kartini dan juga terhadap peringatan Hari Kartini, bagaimanapun juga Kartini tetaplah memiliki jasa dalam upayanya mengangkat derajat kaum wanita dan sekaligus memberikan inspirasi kepada seluruh wanita Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya. Akhir kata, Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia.

Sunday, 19 April 2015

Menikmati Keindahan Pemandangan Di Raja Ampat Yang Menakjubkan

Banyak dari kita kemungkinan besar sudah pernah dengar tentang salah satu tempat wisata di negeri kita yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke luar negeri ini, yap Raja Ampat. Bahkan mungkin ada dari kita yang sudah pernah berkunjung kesana, saya sendiri belum :) Namun bukan berarti saya dan kita semua tak bisa Menikmati Keindahan Pemandangan Di Raja Ampat Yang Menakjubkan itu, minimal lewat beberapa foto yang bisa kita peroleh dari berbagai sumber, bisa lewat kawan atau saudara yang sudah pernah kesana maupun lewat berbagai informasi yang tersebar di internet.

Baiklah buat kita semua yang sudah maupun belum pernah kesana, mari kita nikmati saja pemandangan Raja Ampat Yang Menakjubkan tersebut lewat sejumlah foto berikut ini.
Menikmati Keindahan Pemandangan Di Raja Ampat Yang Menakjubkan
Pemandangan Menakjubkan Raja Ampat, Papua Barat
Menikmati Keindahan Pemandangan Di Raja Ampat Yang Menakjubkan
Indahnya Pemandangan Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat sejak lama memang telah terkenal dengan pemandangan menakjubkannya. Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Propinsi Papua Barat amat terkenal sebagai salah satu ikon wisata bawah laut terpopuler di Indonesia. Mayoritas wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri datang mengunjungi wilayah ini untuk menikmati keindahan biota dan terumbu karang bawah lautnya yang mempesona serta menakjubkan di mata. Bahkan, konon katanya, banyak pihak yang mengatakan bahwa di kepulauan ini terdapat keanekaragaman spesies yang terbanyak diantara seluruh pulau yang ada di dunia ini. Beberapa spesies biota laut yang tak akan dapat kita jumpai di daerah lain manapun dapat kita jumpai disini. Berikut beberapa foto lain yang menggambarkan betapa menakjubkannya gugusan pulau yang terdapat di kepulauan Raja Ampat.
Pemandangan Menakjubkan Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat
Pemandangan Menakjubkan Pulau Misool Kepulauan Raja Ampat

Pemandangan Menakjubkan Gugusan Kepulauan Raja Ampat
Pemandangan Menakjubkan Gugusan Kepulauan Raja Ampat

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Logo PSSI
Entah memang baru kali ini terjadi atau saya saja yang baru kali ini mengetahui bahwa ada suatu asosiasi sepak bola suatu negara dibekukan oleh pemerintahnya. Ya, itulah yang terjadi dan sekaligus menjadi berita heboh di hari Sabtu ini. PSSI dibekukan !

Namun seperti kita semua ketahui bahwa selalu ada latar belakang atau alasan dibalik diambilnya suatu keputusan atau tindakan. Begitu pula yang saya percayai bahwa pasti ada Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan oleh Kemenpora (Pemerintah). Adapun alasan pembekuan PSSI berdasarkan isi SK Menpora adalah karena PSSI secara de facto dan de jure sampai dengan tenggat batas waktu yang telah ditetapkan melalui tiga teguran tertulis, PSSI secara sah dan meyakinkan telah terbukti mengabaikan dan tidak mematuhi kebijakan Pemerintah melalui Teguran Tertulis dimaksud.

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Keputusan ini juga merupakan buntut dari kebijakan PSSI yang tidak mengakui hasil rekomendasi BOPI untuk tidak meloloskan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Awalnya PSSI merencanakan menggelar kompetisi ISL 2015 pada pertengahan Februari lalu, namun atas dasar rekomendasi BOPI, PSSI akhirnya memutuskan menunda pelaksanaan kompetisi, sebab sejumlah klub belum memenuhi persyaratan administrasi. Setelah penundaan itu, kick off ISL diputuskan untuk dilaksanakan pada 4 April 2015. Akan tetapi, ternyata BOPI tetap tak merestui begitu saja liga untuk berjalan. BOPI setuju merestui liga berjalan dengan syarat Arema Cronus dan Persebaya Surabaya tak diikutsertakan dalam kompetisi.

Akan tetapi, PSSI tetap bergeming dan ngotot melaksanakan kompetisi ISL pada 4 April serta tetap mengikutsertakan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Hal ini kemudian berdampak pada dilayangkannya surat teguran serta permintaan agar kompetisi dihentikan oleh BOPI. Namun karena PSSI tetap bergeming, hal ini berlanjut dan berbuntut pada keluarnya surat teguran (surat peringatan) yang dikeluarkan oleh Kemenpora sebanyak tiga kali yang semuanya ternyata juga diabaikan oleh PSSI.

Jadi itulah latar belakang serta alasan dari sejak awal mula munculnya kisruh dalam persepakbolaan negeri kita hingga akhirnya muncul keputusan Kemenpora untuk membekukan PSSI. Mari kita semua berharap semoga pembekuannya tidak berlangsung dalam waktu yang lama sehingga persepakbolaan negeri kita dapat berlangsung kembali dengan lebih baik dan dapat berbicara banyak di dunia internasional.

sumber: dari berbagai sumber.

Tickerbar

KumpulBlogger