Saturday, 4 June 2016

Pengen Jalan-Jalan Keluar Negeri Tapi Belum Kesampaian, Coba Hal ini Saja Yuk !

Memang menyenangkan bisa berjalan-jalan atau berwisata keluar negeri, tapi belum semua dari kita mendapatkan kesempatan itu karena berbagai alasan. Saya sendiri cukup beruntung karena bisa mendapatkan kesempatan untuk berwisata keluar negeri seperti telah yang saya ceritakan disini. Bagi yang masih belum berkesempatan untuk keluar negeri, jangan putus asa, yakinkan dalam hati kalau suatu saat kalian semua bisa kesana. Nah, beberapa hal yang akan saya sampaikan disini mungkin bisa jadi alternatif bagi yang belum berkesempatan untuk keluar negeri agar masih bisa merasakan suasana atau sesuatu yang mirip dengan di luar negeri. Selamat membaca.

Pelajari Bahasa Negara Impianmu
Dengan belajar bahasa dari negara impian yang ingin kita kunjungi, kesempatan untuk mengenal lebih dekat tentang negara itu pun menjadi jauh lebih besar. Sebagai contoh, buku atau referensi dari internet yang ditulis menggunakan bahasa negara tujuan biasanya lebih lengkap dan detail, bahkan kadang ditulis oleh penduduk lokal sendiri sehingga kamu lebih bisa merasakan feel-nya.
Manfaat lain dengan menguasai bahasa asing antara lain kamu bisa menjaring koneksi di situs pertemanan dengan mereka yang berasal dari negara tujuan. Selain itu banyak juga toh kesempatan beasiswa pendidikan ke negara tujuan yang ingin kamu kunjungi. Kesempatan untuk mendapatkannya pun jauh lebih besar kalau kamu menguasai bahasanya. Pelajarilah sebanyak mungkin bahasa yang menarik minat kita. Saya sendiri memiliki target untuk bisa menguasai minimal 5 bahasa berbeda, baik bahasa asing maupun bahasa daerah. Inspirasi saya dari Presiden pertama kita Ir. Soekarno yang konon bisa berbicara lebih dari 5 bahasa asing di dunia.

Cari Sahabat Pena Online
Sahabat pena ? Kedengarannya kok jadul dan tua banget ya ? Tetapi sebenarnya hal ini juga bisa cara yang efektif untuk “menghibur diri” karena belum kesampaian keluar negeri. Nah, mencari sahabat pena sekarang juga bisa dilakukan secara online. Karena secara online, tentu saja kita sudah tidak perlu lagi melakukan penulisan surat kepada sahabat pena kita, namun yang bisa didapatkan tetap sama. Bisa dicoba cek ke website ini interpals.net atau penpalworld.com. Siapa tahu saja nanti ada yang dapat menjadi teman baik sehingga menginap gratis di tempatnya ketika suatu nanti berkunjung ke negara tempat dia tinggal. Lumayan kan bisa menginap gratis ?

Pakai Pakaian Khas Negara Impianmu
Pakaian yang kita pakai bisa menjadi identitas atau ciri khas diri kita. Begitu pula setiap negara memiliki pakaian khas masing-masing. Belum sempat ke suatu negara tertentu ? Coba pakai pakaian khas yang sesuai dengan negara tersebut dan tunjukkan ke orang-orang bahwa suatu saat nanti diri kita akan kesana atau minimal bercita-cita bisa kesana. Tapi juga pastikan bahwa pakaian akan yang kita pakai sesuai dengan kondisi serta keadaan di Indonesia, jangan sampai salah custom, seperti contoh pakaian di bawah ini.
Salah Custom
Pakaian yang tidak cocok untuk dipakai di Indonesia (sumber: www.google.com)

Cari Tahu Tentang Etika serta Budaya Negara Tujuan
Negara berbeda memiliki kebiasaan, etika, serta tata nilai budaya yang berbeda-beda pula, maka dari itu tidak salah mencoba mempelajari terlebih dahulu kebiasaan, etika, serta tata nilai budaya yang ada di suatu negara nantinya akan kita kunjungi. Hal ini penting dan perlu kita lakukan sebelum pergi ke suatu negara asing tertentu.

Cari Tahu Tentang Sejarah Negara Tersebut
Supaya tidak blank atau buta sama sekali mengenai negara yang hendak kita tuju nantinya, hal ini penting supaya nantinya saat kita sudah sampai di negara tujuan kita, kita bisa mengetahui pula mengenai bangunan-bangunan tertentu yang ada di negara tersebut. Cari informasi mengenai sejarah dari setiap bangunan utama yang ada di negara tujuan, khususnya yang dijadikan sebagai obyek wisata andalan. Dengan mengetahui sejarah serta melihat foto dari masing-masing bangunan penting dan bersejarah di suatu negara, maka seolah-olah kita sudah berkunjung ke negara tersebut.

Coba Kuliner Negara Tersebut
Nah, ini bisa jadi yang paling penting, kuliner. Belum lengkap rasanya mengunjungi suatu negara tanpa merasakan kuliner khas negara tersebut. Kalau belum sempat atau belum kesampaian berkunjung langsung ke suatu negara tertentu, cari dan kemudian rasakan dulu kuliner khas negara tersebut, anggap saja sebagai sarana latihan lidah saat nanti benar-benar berkesempatan berkunjung kesana.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk sedikit bisa ‘menghibur’ diri apabila karena alasan-alasan tertentu diri kita belum berkesempatan untuk pergi berkunjung ke suatu negara tertentu di luar negeri. Semoga bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger