Friday, 10 June 2016

Syukuri 7 Hal Berikut Ini Selama Ramadhan

Ramadhan Bulan Suci
Ramadhan Bulan Suci
Tanpa terasa, bulan Ramadhan telah tiba lagi. Ramadhan bulan suci yang penuh berkah dan hikmah. Di bulan ini pula, kita seringkali diingatkan akan hal-hal yang kecil yang biasanya kita lupakan atau tak pedulikan pada bulan-bulan lain. Hal-hal kecil yang sebenarnya patut kita syukuri dalam hidup ini. Berikut ini 7 hal kecil yang patut kita syukuri selama bulan Ramadhan:

Bersyukur karena telah diberi satu kesempatan lagi untuk bertemu bulan Ramadhan
Ramadhan adalah bulan paling mulia di mata Allah dan bagi umat Muslim di seluruh dunia, sebab pada bulan ini Al-Qur’an diturunkan dan oleh karenanya dianggap sebagai suatu bulan yang penuh berkah, hikmah, dan ampunan. Bulan yang tepat untuk memperbaiki kekurangan dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan jalan meningkatkan ibadah, sehingga setelah melewati Ramadhan kita dapat menjadi orang baru yang lebih baik.

Bersyukur karena masih memiliki rumah yang nyaman untuk berteduh dan berlindung dari terik Matahari dan hujan
Di luar sana masih banyak orang yang tidak memiliki tempat yang layak bahkan untuk sekedar merebahkan diri untuk beristirahat. Jadi apabila kita masih memiliki tempat untuk berteduh dan berlindung serta masih dapat menikmati empuknya kasur untuk merebahkan badan, maka kita patus bersyukur.

Bersyukur karena masih dapat menikmati aneka makanan dan minuman yang melimpah
Ketika Ramadhan, salah satu yang selalu jadi perbincangan adalah makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Bersyukurlah apabila makanan dan minuman apapun yang kita inginkan untuk berbuka puasa masih dapat kita peroleh dengan mudah tanpa perlu mengais-ngais atau meminta belas kasihan orang lain.

Bersyukur karena punya waktu bersama keluarga
Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul serta menghabiskan waktu bersama keluarga, mulai dari berbuka bersama, salat Tarawih bersama, sahur bersama, hingga berbelanja bersama untuk persiapan Lebaran.

Bersyukurlah atas kemudahan untuk beribadah
Tidak di semua negara setiap umat beragama dapat beribadah dengan mudah oleh karena alasan apapun, seperti perang, musibah atau bencana alam, dan lain-lain. Bersyukurlah karena kita tinggal di negara yang menjunjung tinggi kebebasan beragama dan beribadah bagi setiap umat beragama apapun. Tempat-tempat ibadah dapat kita jumpai dengan mudah di berbagai lokasi, seperti mall, rumah makan, dan sebagainya. Bersyukurlah atas semua berkah sederhana ini.

Bersyukur atas kesehatan yang kita miliki
Kita teramat sering menganggap remeh berkah dan nikmat yang satu ini, kesehatan. Kita sering menganggapnya bukan sebagai rezeki atau berkah dalam hidup kita. Dan seringkali pula kita tidak menjaga kesehatan kita dengan baik melalui berbagai cara. Kita seringkali pula lupa terhadap Sang Pencipta kala kita sedang sehat dan baru ingat akanNya ketika kita sedang sakit. Jagalah dan rawatlah kesehatan yang kita miliki serta manfaatkanlah untuk melakukan segala sesuatu yang berguna.

Bersyukur atas teman-teman yang kita miliki
Kita juga terkadang melupakan yang satu ini, teman-teman kita. Hidup ini bisa terasa semakin indah dan meriah dengan kehadiran teman-teman. Dengan mereka kita dapat berbagi banyak hal bersama, tawa, duka, sedih, ceria, dan banyak lainnya. Teman dan sahabat memiliki arti yang penting dalam hidup kita dan bahkan terkadang melebihi apa yang kita kira dan pikirkan. Bersyukurlah atasnya.

Nah, Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kembali mensyukuri semua keberkahan, kelimpahan, dan kenikmatan yang telah kita miliki dalam hidup ini.

Tickerbar