Tuesday 17 August 2010

ONE STEP CLOSER

One Step Closer, sebenarnya judul tulisan ini juga merupakan salah satu judul lagu dari grup musik rock, Linkin Park atau yang biasa dikenal dengan singkatan LP. Tapi tulisan ini tidak bermaksud membahas sedikit pun mengenai lagu tersebut. Tulisan ini mengenai menyelesaikan satu kegiatan atau satu bagian dari kegiatan yang besar. Dimana satu kegiatan atau satu bagian kegiatan besar yang kita selesaikan tersebut akan membuat kita satu langkah lebih dekat kepada penyelesaian suatu kegiatan atau pencapaian impian kita.
Satu langkah lebih dekat, sebenarnya istilah ini juga bisa dihubungkan atau mungkin memiliki kemiripan makna dengan istilah, berdikit-dikit lama-lama menjadi bukit. Di bulan Agustus ini, bulan dimana waktu atau kesempatan yang aku miliki untuk menyelesaikan seluruh bagian dari proyek tugas akhirku semakin sedikit, sementara masih cukup banyak bagian dari proyek tugas akhir tersebut yang belum terselesaikan, maka aku rasa aku perlu belajar tentang konsep ini lebih dalam lagi. Tidak sekedar belajar, tapi juga menerapkannya.
Ya, aku perlu belajar dan kemudian menerapkan prinsip yang luar biasa indah ini agar seluruh bagian proyek tugas akhirku dapat tuntas dengan hasil yang terbaik. Aku perlu melatih dan mendisiplin diriku lebih keras dan lebih tegas agar aku dapat benar-benar menyelesaikannya sesuai dengan tenggat waktu yang sudah aku tetapkan sendiri beberapa bulan yang lalu. Aku perlu belajar mengerjakan seluruh bagian proyek tugas akhir yang belum terselesaikan tersebut sedikit demi sedikit setiap hari, agar setiap hari pula aku selalu satu langkah lebih dekat terhadap penyelesaian proyek tersebut.
Dalam konteks atau lingkupku sebagai seorang mahasiswa, memang prinsip ini hanya dapat aku hubungkan dengan tugas akhir atau skripsi, sebab kebetulan aku sedang mengerjakan skripsi sebagai salah satu syarat agar dapat lulus kuliah. Namun, aku yakin prinsip ini dapat diterapkan oleh semua orang dalam segala macam konteks, ruang lingkup, pekerjaan, atau hal-hal yang lain. Prinsip ini berbicara juga mengenai mencicil segala sesuatu yang harus kita kerjakan sedikit demi sedikit setiap hari agar dapat selesai tepat waktu. Hal inilah yang akhirnya aku sadari setelah hampir lima bulan waktu pengerjaan tugas akhirku berlalu dan hasil yang aku raih masih jauh dari harapan. Maka, kini aku berusaha untuk melatih diriku agar menerapkan prinsip ini untuk benar-benar setiap hari selalu selangkah lebih dekat menuju impian, yaitu wisuda pada tahun 2010 ini. Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda akan mencoba menerapkannya juga untuk membantu Anda satu langkah lebih dekat kepada pencapaian impian-impian Anda ?
Semoga berguna !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger