Friday, 18 February 2011

Internet sebagai Kebutuhan Hidup

Selama ini, kita sebagai manusia memiliki tiga macam kebutuhan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Ketiga kebutuhan tersebut (khususnya dua kebutuhan pertama) telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sebagai manusia. Ketiga tersebut pula yang selama ini selalu diajarkan oleh para guru-guru kita di sekolah. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin maju, khususnya teknologi komputer dan internet, suatu kebutuhan baru lagi muncul dalam kehidupan kita sebagai manusia. Kebutuhan baru tersebut adalah kebutuhan akan adanya akses terhadap teknologi terkini yang dapat mendukung kegiatan atau aktivitas kita sehari-hari. Kebutuhan akan teknologi terkini juga termasuk kebutuhan akan pemakaian internet untuk membantu memenuhi sebagian besar kebutuhan hidup kita.
Internet sebagai suatu teknologi pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 oleh ARPA (Advanced Research Project Agency). Saat itu internet pertama kali dikenal dengan nama ARPAnet dan hanya digunakan secara terbatas sebagai sarana komunikasi untuk mendukung kegiatan penelitian para ilmuwan Amerika Serikat. Setelah selama beberapa waktu teknologi internet hanya dapat dinikmati oleh para ilmuwan Amerika, sekitar tahun 1970 pemakaian internet mulai meluas ke universitas-universitas di Amerika dan terus berkembang hingga saat ini. Sejak saat itu pemakaian terus meluas hingga akhirnya orang-orang dari seluruh dunia juga dapat turut memanfaatkannya untuk memenuhi beragam kebutuhannya.

Thursday, 17 February 2011

Investasi Terbesar dan Terbaik Kita

Investasi, saya rasa banyak dari kita yang pernah mendengar kata tersebut, meskipun mungkin tidak semua paham betul apa maknanya. Mungkin pula sebagian dari mereka yang mengetahui dan paham makna dari kata investasi akan menyadari betapa penting dan bermanfaatnya berinvestasi atau memiliki investasi. Saya sendiri sering menemukan bahwa banyak para pelatih sukses, para pakar keuangan, dan para motivator sebagian mengajarkan bahwa salah satu cara terbaik untuk menjadi kaya atau makmur adalah dengan berinvestasi pada hal-hal atau bidang-bidang yang mampu menghasilkan keuntungan bagi diri kita. Mereka, yaitu para pelatih sukses, pakar keuangan, dan motivator cenderung menganjurkan investasi pada sesuatu yang mampu menghasilkan keuntungan dalam bentuk harta, khususnya uang. Mereka tidaklah salah dan saya justru beranggapan bahwa apa yang mereka ajarkan atau sarankan sangatlah baik untuk kita ketahui serta terapkan, namun selain hal-hal yang mereka ajarkan ada satu lagi investasi yang tidak kalah pentingnya dari jenis investasi yang mereka ajarkan. Investasi tersebut bahkan boleh dikatakan sebagai bentuk investasi terbesar dan terbaik yang harus kita lakukan dalam kehidupan kita.

Wednesday, 16 February 2011

Komitmen untuk Sukses

Sukses, siapa orang yang tidak ingin meraihnya ? Saya percaya dan yakin bahwa sebagian besar dari kita pasti ingin meraih kesuksesan dan menjadi orang sukses. Benar begitu ?
Sukses menjadi impian sebagian besar dan bahkan mungkin semua dari kita yang ada di dunia ini. Bayangan kita mengenai segala kenikmatan, keindahan, ketenaran, kekayaan, serta segala sesuatu yang lain yang menyertai kesuksesan kemungkinannya menjadi salah satu dan bahkan mungkin motivasi utama untuk meraih kesuksesan. Tapi, pernahkah kita membayangkan bahwa sukses atau segala pencapaian hebat membutuhkan proses yang panjang dan kemungkinan besar tidak mudah ?
Saya secara pribadi awalnya tidak menyadari bahwa sukses atau pencapaian hebat yang saya inginkan memerlukan proses yang panjang dan tidak mudah. Namun seiring dengan perjalanan waktu dan seiring dengan kesadaran demi kesadaran serta pelajaran demi pelajaran yang saya dapatkan, saya tersadar dan akhirnya memahami bahwa segala yang hebat yang kita inginkan pasti memerlukan pengorbanan di awal. Berjalannya waktu akhirnya juga memberi saya satu kesadaran baru lagi yang berharga, bahwa sukses ataupun segala hal hebat lain yang ingin kita raih tidak hanya memerlukan pengorbanan, tetapi juga memerlukan komitmen untuk dapat benar-benar meraih atau mewujudkannya.

Monday, 14 February 2011

Kerinduan yang Berbeda

Dari sejumlah pengalaman pribadi saya serta dari sejumlah penelusuran saya terhadap kehidupan orang-orang disekitar saya, baik itu kawan-kawan dekat saya maupun keluarga saya, serta dari kehidupan orang-orang lain diseluruh dunia yang secara kebetulan saya amati, saya mendapatkan suatu kesimpulan yang luar biasa. Kesimpulan yang membuka pikiran saya dan selalu saya coba ingatkan terhadap diri saya sendiri. Saya disadarkan bahwa setiap orang memiliki panggilan yang berbeda-beda. Setiap orang diberikan kerinduan terbesar di dalam hatinya, yang antara individu satu dengan individu yang lain tidaklah sama.
Kesadaran saya tersebut berawal dari penemuan saya bahwa sejumlah orang dapat “menyimpang”, dalam arti terdapat perbedaan antara jalur pendidikan yang ditempuh selama kuliah dengan jenis pekerjaan yang pada akhirnya mereka tekuni. Saya menemukan ada orang yang jurusan kuliahnya adalah bisnis, namun pada akhirnya berprofesi sebagai pendeta. Saya menemukan ada orang yang berkuliah di jurusan arsitektur, namun pada akhirnya berprofesi sebagai seniman atau musisi. Saya menemukan ada orang yang kuliah jurusan Teknik Elektro, namun pada akhirnya berprofesi di bidang marketing. Saya menemukan ada orang yang berkuliah di jurusan hukum, namun dia lebih memilih untuk berprofesi di bidang komputer. Ya, akhir-akhir ini saya menemukan cukup banyak hal yang awalnya mengejutkan saya, namun setelah saya renungkan dengan seksama saya mendapatkan suatu pelajaran serta kesimpulan yang luar biasa. Saya sadar bahwa setiap orang memiliki panggilan tertinggi atau kerinduan terbesar yang berbeda-beda.

Cuma Sementara

Hari Minggu, 13 Februari 2011, saya mengikuti sebuah seminar dengan topik Business Building Seminar. Seminar tersebut tidak bisa dikatakan istimewa, namun tetaplah bermanfaat bagi saya, sebab melalui seminar tersebut segala prinsip-prinsip hebat yang selama ini sudah saya ketahui semakin diteguhkan kembali dan saya semakin yakin bahwa prinsip-prinsip tersebut benar adanya. Saya berbagi sedikit cerita mengenai salah satu prinsip yang diteguhkan kembali tersebut.
Kerja keras, pasti kita sering mendengar kata-kata tersebut bukan ? Kita sering mendengar bahwa untuk sukses atau berhasil meraih apapun yang kita inginkan, kita perlu bekerja keras. Untuk berhasil dalam segala hal atau aspek hidup kita, kita perlu bekerja keras. Selain istiliah kerja keras, kita pasti juga pernah mendengar istilah kerja cerdas bukan ? Kerja cerdas sedikit berbeda dengan kerja keras. Sejauh yang saya tahu, kerja cerdas adalah kerja keras dengan suatu sistem atau cara-cara tertentu dimana kita tidak perlu menangani atau mengurusi sendiri segala macam pekerjaan. Kerja cerdas lebih berbicara mengenai kerja keras di bidang-bidang yang menjadi fokus kita atau dapat dikatakan juga bahwa kerja cerdas adalah kerja keras di bidang-bidang yang menjadi keahlian utama kita. Jadi kita tidak sembarang bekerja keras, melainkan bekerja keras dengan cara-cara yang cerdas. Saya secara pribadi lebih suka menyebut istilah kerja cerdas dengan kerja keras yang cerdas, jadi bukan sekedar cerdas tapi juga keras, sebab sejauh yang saya tahu kerja keras itu berguna dan pasti dibutuhkan oleh siapapun yang ingin meraih impian-impiannya.

Sunday, 13 February 2011

Yang Terpenting Di Atas Semuanya, Knowing Our Purpose in Life

Sukses, setiap orang pasti ingin memperolehnya dan setiap orang dapat memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Ada orang yang mendefinisikan sukses sebagai berhasil meraih atau mewujudkan suatu impian tertentu, ada pula orang yang mendefinisikan sukses ketika dia berhasil menjadi kaya, ada pula orang yang mengatakan bahwa dia telah sukses ketika dia berhasil menduduki suatu posisi atau jabatan tertentu di tempatnya bekerja, ada orang yang mendefinisikan sukses dengan berhasil mendidik anak-anaknya dari kecil hingga menjadi dewasa dan sampai lulus perguruan tinggi, serta masih banyak lagi cara orang-orang mendefinisikan sukses. Apakah definisi sukses menurut Anda ?
Beberapa bulan yang lalu, saya secara tidak sengaja mencoba mencari video-video dari pengajaran atau seminar yang dibawakan oleh John C. Maxwell di Youtube. Dari proses pencarian tersebut, saya menemukan sejumlah video pengembangan diri dan kepemimpinan yang begitu luar biasa dari Maxwell. Dari sejumlah video itu, terdapat satu video yang isinya membahas mengenai sukses dan isi dari video tersebut membuka pandangan saya mengenai suatu definisi lain dari sukses. Dalam video tersebut Maxwell memberikan satu definisi yang unik mengenai sukses, dia menjelaskan bahwa, “success is knowing our purpose in life”. Sukses adalah mengetahui tujuan kita dalam kehidupan. Sebuah definisi sukses yang unik dan merangsang pemikiran bukan ?

Tickerbar