Wednesday, 16 November 2016

Hal-Hal Unik Tentang Spaghetti Bolognese

Hal-Hal Unik Tentang Spaghetti Bolognese
Hal-Hal Unik Tentang Spaghetti Bolognese
(sumber: www.kompas.com)
Banyak dari kita pasti sudah pernah tahu secara langsung dan mencicipi kuliner satu ini atau kalau belum sekalipun minimal pernah mendengar namanya diucapkan atau mengetahuinya dari informasi di surat kabar, majalah, dan sebagainya. Spaghetti Bolognese merupakan salah satu kuliner dari Italia yang ada dan cukup terkenal di Indonesia. Kuliner ini menurut kompas.com merupakan salah satu kuliner dengan bahan dasar pasta favorit di dunia. Tapi ada hal-hal unik tentang Spaghetti Bolognese yang mungkin tak semua dari kita tahu, termasuk kita yang pernah mencicipi hidangan ini. Apa saja hal-hal unik tersebut ? Mari kita simak.

Tidak disajikan dengan Spaghetti
Ragu alla Bolognese merupakan nama saus daging dan tomat yang jadi sajian khas dari Italia. Nah, ternyata saus tersebut biasa disajikan dengan tagliatelle yang merupakan pasta sejenis fettucine, bukan dengan spaghetti.
Tagliatelle adalah pasta yang berasal dari wilayah Emilia-Romagna dan Marche. Tagliatelle berbentuk pita pipih mirip fettucine dengan lebar 6,5 mm – 10 mm.

Tagliatelle biasa disajikan dengan Saus Bolognese
(sumber: www.kompas.com)
Buat yang masih bingung membayangkan seperti apa bentuk tagliatelle, kuliner berbahan tepung dan telur ini secara bentuk mirip dengan kwetiau yang sudah cukup terkenal di negara kita hanya tampaknya berbeda bahan dasar saja. Foto dan rupa tagliatelle dapat dilihat di atas.

Monday, 14 November 2016

Lumpia Kuliner Tradisional Khas Kota Semarang

Lumpia Kuliner Tradisional Khas Kota Semarang
Lumpia Kuliner Tradisional Khas Kota Semarang
(sumber: www.google.com)

Negara kita Indonesia terkenal sebagai negara dengan aneka ragam budaya, tradisi, adat istiadat, dan tentu saja kuliner atau makanan. Dapat dipastikan setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Salah satu kota di propinsi Jawa Tengah yaitu kota Semarang juga memiliki kuliner khas asal kota tersebut yang kini sudah tersebar ke berbagai kota lainnya minimal di pulau Jawa.

Kuliner apakah yang menjadi kuliner khas kota Semarang tersebut ? Tentu saja, tidak lain dan tidak bukan adalah Lumpia atau Loenpia. Lumpia Semarang atau Loenpia Semarang adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa Lumpia Semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang lewat pesta olahraga GANEFO yang diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Kita dapat dianggap belum mengunjungi kota Semarang jika belum menikmati atau mencicipi kuliner yang satu ini. Sebab Lumpia telah menjadi ikon dari kota Semarang dan kunjungan kita ke kota Semarang belum lengkap jika belum pernah mencicipi langsung rasa Lumpia di kota asalnya.

Prediksi Premier League 2016/2017

Prediksi Premier League 2016/2017
Prediksi Premier League 2016/2017
(sumber: www.google.com)
Saya merupakan penggemar olahraga. Salah satu olahraga yang saya gemari baik untuk dimainkan maupun ditonton adalah sepak bola. Sepak bola telah menjadi olahraga yang juga digemari oleh miliaran penduduk bumi. Sepak bola juga telah dianggap sebagai salah satu olahraga yang mampu mempersatukan orang-orang yang memiliki beragam perbedaan menjadi satu. Namun kali ini saya tidak akan menulis mengenai sepak bola secara filosofi maupun manfaatnya dalam beragam bidang. Saya justru akan menulis mengenai salah satu liga sepak bola paling populer di kolong langit. Liga Inggris atau yang lebih dikenal English Premier League.

Sebenarnya tulisan ini sudah saya buat sekitar dua bulan lalu saat Premier League masih baru mulai bergulir, namun baru kali ini saya memutuskan untuk melanjutkan serta menuntaskan tulisan kali ini. Semoga tulisan pada posting kali ini bermanfaat dan menarik untuk disimak.

Liga Primer Inggris atau lebih dikenal dengan English Premier League merupakan salah satu liga paling bergengsi di Eropa dan di kolong langit. Selain itu, Premier League juga dikenal sebagai liga paling kompetitif di seantero jagat. Liga yang paling sulit diprediksi siapakah yang akan menjadi pemenang dari setiap laga yang dihelat. Premier League sangat berbeda dengan Liga Primer Spanyol atau La Liga yang cenderung lebih mudah diprediksi hasil pertandingannya, apabila Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, maupun klub besar lainnya bertanding hampir dapat dipastikan mereka akan tampil atau keluar sebagai pemenang laga. Hanya pada musim ini saja terdapat sedikit pengecualian dimana Barcelona pernah kalah melawan klub yang lebih kecil. Hasil-hasil pertandingan berikut dapat menjadi bukti bahwa Premier League merupakan yang sangat kompetitif dan sangat sulit diprediksi dari setiap laganya: Hull City mampu mengalahkan juara bertahan Leicester City 2-1 pada pekan pertama, Liverpool takluk atas Burnley di kandang lawan dengan skor 2-0 pada pekan kedua, Liverpool membantai Leicester 4-1 di kandang pada pekan keempat, Swansea menahan imbang Chelsea 2-2 pada pekan yang sama, pada pekan kelima Leicester City membantai Burnley 3-0 di kandang padahal sebelumnya Leicester kalah dari Liverpool dan Burnley mampu mengalahkan Liverpool, pekan kesembilan Manchester City hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Everton di kandang sendiri. Itulah hasil-hasil pertandingan yang setidaknya dapat menjadi bukti bahwa Premier League merupakan liga yang amat kompetitif dan sulit diprediksi hasil dari setiap pertandingannya karena bahkan klub yang kecil sekalipun dan pernah dibantai oleh klub lain pada suatu laga, di laga lainnya mampu secara mengejutkan mengalahkan klub yang lebih besar.

Tickerbar