Saturday, 5 February 2011

Timur Tengah Bergejolak, Akankah Harga Minyak Terus Naik ?

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenai peristiwa atau kejadian yang sedang hangat ini ? Ya, setelah Tunisia bergejolak yang dipicu oleh amuk seorang mahasiswa yang sekaligus berprofesi sebagai tukang sayur. Dia mengamuk lantaran pick-up yang dia gunakan untuk mengangkut dagangannya dirampas oleh aparat karena dianggap melanggar aturan. Peristiwa tersebut terjadi akhir Desember 2010 lalu, tepatnya 27 Desember 2010.
Tukang sayur tersebut tidak terima dengan perlakuan yang diterimanya dari aparat dan berencana mengadu ke Dewan Kota. Namun dia merasakan bahwa upayanya untuk mengadu tersebut juga dihambat, sehingga akhirnya dia memutuskan untuk melakukan aksi nekad, yaitu membakar diri di depan gedung Dewan Kota. Tindakan nekadnya tersebut yang pada akhirnya memicu aksi massa besar-besaran dari rakyat Tunisia yang sudah bosan dengan pemerintahan diktator presiden berkuasa, yaitu Presiden Ben Ali. 10 Hari setelah peristiwa bakar diri tersebut, kekuasaan Presiden Ben Ali pun tumbang dan presiden melarikan diri ke luar negeri.

Friday, 4 February 2011

Pink !!! Bukan Banci

Sore ini, saya mendadak teringat akan slogan yang terpampang di pin kelompok yang saya bimbing beberapa tahun yang lalu. Regu tersebut merupakan yang unik dipandangan saya. Regu kedua yang kedua sekaligus terakhir yang saya bimbing dalam pengalaman saya sebagai panitia ospek atau yang di kampus saya lebih dikenal sebagai Pekan Kampus. Regu tersebut memang bukanlah regu yang menjadi juara, tetapi regu tersebut berhasil menciptakan sebuah keunikan tersendiri. Seingat saya, regu tersebut dipimpin oleh seorang cewek yang ‘setengah cowok’. Dia disebut ‘setengah cowok’ karena model rambutnya.
Kembali lagi ke judul tulisan ini. Slogan yang terpampang di pin regu yang saya bimbing tersebut sama seperti judul tulisan ini, Pink !!! Bukan Banci. Slogan yang menarik juga. Saya rasa mereka memutuskan memasang slogan tersebut karena mereka percaya tim atau regu bukanlah terdiri dari orang-orang yang ‘banci’ atau bermental pengecut. Mereka memang tidak pernah menjadi juara satu, tapi mereka bukanlah para pengecut. Mereka tetap berani menghadapi kenyataan yang ada.

Batal !

Batal ? Apanya yang batal ? Mungkin pertanyaan itu yang mengisi benak kalian mengenai judul posting ini. Apa yang saya maksudkan dengan batal pada tulisan kali ini ada hubungannya dengan beberapa posting sebelum posting yang ini, yaitu posting tentang platform Wordpress. Pada posting tersebut, saya menyebutkan bahwa saya mulai menjajal platform Wordpress yang merupakan salah satu dan bahkan merupakan platform blogging paling terkenal di jagat raya bumi kita ini. Saya mulai membangun blog saya disana beberapa minggu yang lalu dan sudah menghadirkan dua buah tulisan pendek disana.
Awalnya saya berencana untuk memindah semua posting mengenai teknologi informasi yang ada di blog ini ke blog baru saya, namun pada akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan tindakan saya tersebut. Sebaliknya saya justru memutuskan untuk memposting semua tulisan mengenai teknologi informasi di kedua blog saya, yaitu di blog ini dan di TECHNOSGEEK. Itu saja isi posting singkat saya kali ini, yaitu pemberitahuan bahwa saya batal alias tidak jadi memindahkan isi tulisan mengenai topik teknologi informasi yang ada di blog ini ke blog baru saya di Wordpress. Semoga informasi ini berguna !

TaskMgr ?

TaskMgr atau Windows Task Manager, siapa yang tidak kenal atau tidak pernah mendengar nama ini ? Para pengguna komputer, baik laptop maupun PC, pasti pernah mendengar nama tool asli bawaan Windows ini. Tool ini ada di hampir semua versi Windows (setau saya sih, kalau salah mohon diingatkan hehehe…) dan pasti sebagian besar dari kita pernah atau bahkan sangat sering menggunakannya untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari (ya kebutuhan kita sudah bertambah bukan lagi sandang, pangan, dan papan saja, tapi juga kebutuhan untuk menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas kita).
TaskMgr memang merupakan tool bawaan asli Windows, namun tidak seperti software atau tool bawaan Windows lainnya, misal Notepad, Media Player, atau Paint yang mungkin saja tidak terlalu diperlukan, TaskMgr ini mutlak diperlukan oleh semua pengguna Windows, khususnya mereka yang sudah berpengalaman(tapi bukan berarti yang tidak berpengalaman tidak membutuhkan lho…). Dengan menggunakan tool ini, kita dapat ‘mematikan’ (sadis banget ya kesannya ?) proses-proses yang ada di dalam komputer kita yang sedang tidak kita inginkan untuk berjalan pada waktu-waktu tertentu. Kita dapat ‘mematikan’ proses-proses yang memakan resource atau sumber daya yang besar yang dapat mengganggu kestabilan jalannya sistem. Kita dapat pula mematikan proses-proses yang benar-benar tidak kita inginkan, khususnya proses-proses yang membahayakan keamanan sistem kita seperti virus, worm, dan trojan.

Tickerbar

KumpulBlogger