Friday, 26 August 2016

Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit.

Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit
Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit.
Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari sebuah artikel di www.kompas.com yang menyebutkan bahwa salah satu kue tradisional Indonesia meraih penghargaan serta diakui sebagai salah satu kue terlezat di dunia. Sebagai bentuk apresiasi tersebut dan sebagai tambahan pengetahuan bagi diri saya sendiri serta semua pengunjung blog ini, maka saya akan coba menuliskan ulang dengan gaya serta pemahaman saya sendiri mengenai asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, Lapis Legit. Semoga bermanfaat bagi kita.

Belum terlalu lama ini, CNN, yang merupakan salah satu situs berita ternama dunia "menobatkan" Lapis Legit khas Indonesia sebagai salah satu kue tradisional terlezat di dunia. Tapi tak banyak dari kita yang tahu bahwa ternyata makanan manis ini memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan sebelum negara kita merdeka. Seperti apa sejarahnya ? Saya sendiri belum dan mari kita simak saja bersama sebentar lagi.

Lapis Legit dikenal sebagai kue dengan rasa yang manis dan bahkan sangat manis menurut saya. Menurut resepnya, kue ini mengandung banyak sekali telur dan roombuter. Kue manis ini ternyata juga memiliki kaitan sejarah dengan bangsa Belanda yang waktu itu menjajah Indonesia. Kita umumnya hanya tahu bahwa Belanda menjajah Indonesia selama ratusan tahun, tapi ternyata tak banyak dari kita yang tahu bahwa ternyata Belanda juga meninggalkan begitu banyak warisan kuliner yang kini menjadi bagian dari kuliner nusantara. Beberapa diantaranya adalah klappertaart, bluder, brut goreng, serta aneka macam cookies. Tentu saja tidak ketinggalan adalah lapis legit.

Asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, lapis legit ini bermula ketika ada seorang Belanda yang tinggal di negara kita pada masa penjajahan yang membuat sebuah kue ini untuk kali pertama. Kue ini bisa muncul di Indonesia karena menggunakan bahan baku berupa rempah-rempah asli Indonesia yang salah satunya adalah kayu manis. Sebelum disebut dengan nama lapis legit, kue ini sering disebut sebagai spekkoek yang diambil dari kosakata bahasa Belanda.

Kata "spekkoek" terdiri dari dua sub kata yaitu spek dan koek. Spek artinya minyak babi yang terlihat berlapis-lapis. Sedangkan koek artinya adalah bolu. Sehingga jika digabungkan, dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan sebagai bolu lapis yang kemudian berubah lagi menjadi Lapis Legit. Itulah secara ringkas asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, Lapis Legit. Sekali lagi semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita semua.

NB: gambar diambil dari www.kompas.com. Isi ditulis dengan gaya bahasa sendiri bersumber dari web yang sama.

Monday, 22 August 2016

Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata

Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata
Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata
(sumber: www.google.com)
Banyak orang sering menyamakan dan mengukur kecerdasan dengan kemampuan seseorang belajar atau menyerap pelajaran di sekolah, padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat. Nilai-nilai dan peringkat di sekolah tak selalu bisa menunjukkan dengan tepat seberapa tinggi kecerdasan seseorang.

Kita semua mungkin pernah mendengar bahwa Einstein yang merupakan salah satu ilmuwan ternama dan paling berbakat di abad ke-20 ternyata mengalami kesulitan belajar di sekolah dan sempat dianggap sebagai anak bodoh. Thomas Alva Edison yang memiliki banyak sekali paten atas beragam penemuannya juga sempat diperlakukan dan dianggap sama seperti Einstein. Selain mereka berdua, banyak orang berbakat dan sukses lain yang memiliki kisah yang hampir sama.

Nah, agar tidak salah lagi dalam menilai atau memperlakukan seseorang, tidak ada salahnya kita pahami bersama tanda-tanda kita punya kecerdasan diatas rata-rata.

Gangguan Mental
Walaupun masih dianggap kontroversial, namun kaitan antara gangguan mental dan kecerdasan seseorang tak ada salahnya diperhatikan sebagai salah satu ciri atau tanda orang cerdas. Banyak orang berbakat di bidang sastra ternyata ternyata mengidap penyakit gangguan psikologi bipolar, diantaranya Emily Dickinson, Ernest Hemingway, dan Vincent Van Gogh.

Walaupun belum jelas kaitannya, namun ada satu teori yang menyebutkan bahwa protein spesifik yang berkaitan dengan memori dan rasa ingin tahu di otak tikus, ternyata juga terkait dengan gangguan bipolar dan skizofrenia pada manusia. Selain itu, kemampuan yang diperlukan untuk menyelesaikan soal matematika dan memproses informasi dengan cepat bisa membuat seseorang beresiko mengalami mania (kondisi fokus tinggi dan beraktivitas tanpa lelah yang sering dialami orang bipolar).

Bahasa Kurang Sopan
Orang umumnya beranggapan bahwa bahasa yang kotor dan tidak sopan cenderung menunjukkan tingkat pendidikan seseorang. Tetapi penelitian yang ada menunjukkan orang yang sering mengumpat ternyata cerdas. Mereka cenderung memiliki kosakata yang lebih banyak.

Berani Mengambil Resiko
Menurut penelitian pada tahun 2015 di Finlandia, seseorang yang terbuka pada tantangan baru dan tidak takut mengambil resiko cenderung punya kecerdasan lebih tinggi.

Sunday, 21 August 2016

8Share, Yuk Berbagi Informasi Sambil Mencari Pendapatan Secara Online

Saya mengetahui secara tidak sengaja website ini dan agak lupa dari mana saya mengetahuinya. Karena menarik dan unik, akhirnya saya putuskan untuk menjadi member atau anggotanya. Setelah bergabung baru saya tahu keunikan serta manfaat website ini. Apa keunikan serta manfaat webste ini. Yuk kita simak bersama !
8Share, Yuk Berbagi Informasi Sambil Mencari Pendapatan Secara Online
8Share, Yuk Berbagi Informasi Sambil Mencari Pendapatan Secara Online

1. Memperoleh serta berbagi informasi bermanfaat.
Walaupun harus saya akui bahwa terkadang ada informasi yang tidak menarik bagi saya, tapi secara umum saya menemukan bahwa informasi yang disediakan sangat bermanfaat. Nah, tidak ada salahnya juga jika kita menemukan suatu informasi yang bermanfaat dan kemudian membaginya kepada rekan-rekan kita baik secara langsung maupun melalui media online.

2. Kandungan informasi yang positif.
Pada beberapa website atau media online tertentu, cukup banyak informasi negatif yang terkadang dibagikan dengan beragam tujuan. Nah, daripada sekedar membaca atau menikmati konten-konten negatif, akan lebih baik jika kita membiasakan diri mengkonsumsi konten positif. 8Share menyediakan cukup banyak informasi bermanfaat.

3. Hanya baca informasi yang sesuai dengan kita.
Seperti telah saya sampaikan sebelumnya bahwa tak semua informasi yang ada di 8Share itu menarik bagi kita. Oleh karena itu, pilih saja informasi yang benar-benar menarik minat kita dari berbagai pilihan informasi yang tersedia.

4. Pendapatan online.
Nah ini yang bisa dianggap dan saya yakini paling seru yaitu pendapatan online. 8Share memungkinkan kita berbagi informasi bermanfaat sambil mencari pendapatan secara online. Setiap informasi yang kita bagikan akan diberi "nilai" oleh mereka baik berupa bonus point (BP) maupun uang. Nah lumayan bukan ?

8Share Blog Competition
8Share Blog Competition
Nah itulah sekilas sharing saya mengenai 8Share, yuk berbagi informasi sambil mencari pendapatan secara online. Sebagai tambahan pula, 8Share memungkinkan untuk menambah atau memperbesar manfaat yang kita bagikan serta meningkatkan pendapatan dengan cara memberitahu teman-teman kita untuk bergabung bersama dalam berbagi informasi yang bermanfaat. Terkadang pula, 8Share juga mengadakan kompetisi blog yang berhadiah menarik. Jadi tidak ada salahnya bergabung di 8Share sehingga demikian kita bisa berbagi informasi bermanfaat dan menambah pendapatan. Untuk bergabung serta mulai dapat berbagi informasi bermanfaat silakan kunjungi 8Share.

Tickerbar

KumpulBlogger