Sunday, 9 March 2008

Renungan Delapan Tahun Millenium Ketiga

Tahun berlalu semakin cepat. Rasanya baru saja tahun 2000 datang, eh tidak disangka sudah mencapai tahun 2008. Delapan tahun sejak millenium ketiga mulai bergulir. Saya ingat dan benar-benar ingat saat menjelang pergantian dari tahun 1999 ke tahun 2000 ada isu yang bisa dibilang cukup heboh yaitu mengenai 'millenium bug', suatu isu yang menggemparkan yang mengatakan bahwa sistem komputer akan kacau begitu memasuki tahun 2000. Sebab tahun 2000 memiliki 2 digit yang sama dengan tahun 1900 yaitu '00'. Dan hal ini dikhawatirkan akan membuat semua uang yang ada di semua rekening bank menjadi hangus karena komputer diperkirakan tidak akan mampu bekerja dengan benar, sebab komputer berpikir bahwa saat itu adalah tahun 1900 bukan tahun 2000 dan tentu saja semua uang di rekening bank-bank yang ditabung setelah tahun 1900 dianggap tidak ada. Tetapi ternyata berita atau isu tersebut tidak tepat atau tidak benar adanya. Nyatanya sampai saat ini semua sistem komputer tetap bekerja dengan baik dan bahkan telah mengendalikan hampir seluruh aspek kehidupan manusia.
Namun komputer bisa memilik kinerja seperti sekarang bukan datang dengan tiba-tiba, melainkan hasil dari kerja keras para ilmuwan komputer yang ada di seluruh dunia. Selain itu setelah saya terjun sendiri ke bidang komputer saya baru mengetahui bahwa komputer tidak diciptakan secara sembarangan atau sebodoh itu oleh para penemu awalnya. Ternyata sistem bilangan biner yang dipakai atau dikenali oleh komputer mampu membedakan serta mengenali berbagai macam karakter (termasuk huruf dan angka yang menjadi penyusun angka-angka tahun). Sebab setiap angka atau huruf serta karakter-karakter lainnya memiliki representasi dalam kode biner yang berbeda-beda. Pada tahun sebagai contoh. Tahun 1900 memiliki kode biner 00000111 01000100. Sedangkan tahun 2000 memiliki kode biner 00000111 11010000. Dari kedua kode tersebut kita bisa melihat bahwa kedua tahun memiliki representasi kode biner yang berbeda dan tentu saja komputer dapat mengenalinya dengan cara yang berbeda pula. Begitulah penjelasan singkat yang dapat saya berikan, sekiranya penjelasan ini dapat menjawab bahwa rumor 'millenium bug' itu tidak mungkin terjadi. Karena sistem komputer yang ada memiliki cara atau kode yang berbeda untuk setiap angka atau karakter lainnya yang berbeda.
Sekian dulu renungan delapan tahun millenium ketiga ini. Satu hal yang saya sayangkan yaitu saya terlambat mengetahui teknik yang digunakan komputer dalam mengenali setiap karakter maupun bilangan, andaikan sejak dari dulu-dulu saya mengetahuinya setidaknya saya dapat membuat orang-orang disekitar saya tidak khawatir mengenai masalah tersebut atau ya minimal membuat orang tua saya sendiri tidak ikut-ikutan bingung mendengar rumor yang tidak jelas asal-usulnya tersebut.
Sekali lagi terima kasih untuk yang sudah membaca tulisan ini.

Ditulis Rabu 13 Februari 2008, namun baru sempat dipublikasikan sekarang.

Tickerbar