Friday, 28 October 2016

Fakta-Fakta Pesawat Terbang Yang Belum Kita Ketahui

Fakta-Fakta Pesawat Terbang Yang Belum Kita Ketahui
Fakta-Fakta Pesawat Terbang Yang Belum Kita Ketahui
(ilustrasi. sumber: www.google.com)
Pesawat terbang atau pesawat udara yang ditemukan pertama kali pada 17 Desember 1903 oleh dua orang bersaudara, Orville Wright dan Wilbur Wright, saat ini telah menjadi salah satu sarana transportasi yang banyak kita pakai untuk menunjang aneka ragam kegiatan atau aktivitas kita. Tapi saya tidak banyak dari kita yang tahu fakta-fakta yang sebenarnya tentang pesawat yang biasa kita tumpangi. Saya pun juga tidak tahu dan baru kali ini tahu. Semua yang ditulis di postingan ini bersumber dari www.kompas.com dengan penyesuaian kalimat atau bahasa. Semoga bermanfaat bagi kita.

Berikut fakta-fakta pesawat terbang yang belum kita ketahui:
-- Pesawat ternyata didesain anti petir
Saya yakin, kita semua tentu pernah dan mungkin selalu merasa was-was saat naik pesawat, khususnya kalau pesawat yang kita tumpangi melewati kumpulan awan yang hitam pekat atau ketika kita mendengar dari kru kokpit bahwa pesawat akan melewati awan hitam atau mendung. Tapi ternyata yang kita tidak tahu bahwa pesawat terbang didesain anti petir.

Berdasarkan statistik, setiap tahunnya ada satu pesawat yang tersambar petir. Satu jam diantara 1000 jam penerbangan juga terdapat pesawat yang tersambar petir. Walaupun begitu, sejak tahun 1963 sampai sekarang, belum pernah ada pesawat yang terjatuh karena tersambar petir. Hal ini dikarenakan adanya teknologi anti petir yang dipasangkan pada badan pesawat sehingga setiap petir menyambar energi listrik yang ada dalam petir dialirkan disekujur badan pesawat dan kemudian dilepaskan ke udara bebas tanpa menyebabkan sedikitpun kerusakan.

-- Tak ada kursi yang paling aman dalam pesawat
Menurut federasi penerbangan internasional (FAA), ternyata di dalam pesawat terbang tidak ada kursi atau posisi duduk yang paling aman. Setiap penumpang yang duduk di kursi manapun di dalam pesawat memiliki resiko yang sama apabila terjadi kecelakaan pesawat.

-- Beberapa pesawat memiliki kamar tidur kecil di dalamnya
Dalam kondisi penerbangan jarak jauh, setiap awak kabin bisa bekerja hingga 16 jam dalam sehari. Untuk menjaga agar awak kabin tidak sampai kelelahan, beberapa jenis pesawat terbang seperti Boeing 777 dan 787 Dreamliner memiliki kamar tidur kecil.

Kamar tidur kecil tersebut terdapat dalam suatu ruangan "rahasia" yang dapat diakses melalui tangga yang hanya diketahui oleh para awak kabin. Ruangan tersebut bisa memuat 6-10 kasur yang bisa dimanfaatkan awak kabin untuk beristirahat.

-- Ban pesawat terbang didesain anti pecah
Kita mungkin pernah mendengar atau melihat di media massa berita mengenai pesawat yang terperosok keluar landasan dengan alasan ban pesawat pecah atau rusak. Tapi ternyata yang kita tidak tahu adalah ban pesawat terbang didesain untuk anti pecah dan bahkan mampu menahan beban hingga 38 ton.

Thursday, 27 October 2016

Pernahkah Kita Membaca Ulang Posting Artikel di Blog Kita ?

Pernahkah Kita Membaca Ulang Posting Artikel di Blog Kita ?
Pernahkah Kita Membaca Ulang Posting Artikel di Blog Kita ?
(ilustrasi. Sumber: www.google.com)
Sebagai bagian dari "tugas" harian untuk mengisi artikel di blog yang justru banyak bolongnya, hari ini saya tulis artikel ringkas saja deh. Semoga bermanfaat bagi saya dan yang lain yang membacanya.

Blogging saat ini sudah bukan merupakan aktivitas atau kegiatan yang aneh lagi. Banyak orang telah melakukan aktivitas corat-coret di blog nya masing-masing. Bahkan ada pula yang menjadikannya sebagai profesi hingga mampu menghasilkan pundi-pundi alias pendapatan dari blog nya. Namun, hari ini, tiba-tiba saya tergelitik oleh satu pertanyaan yang awalnya saya tanyakan ke diri saya sendiri. Sebagai blogger, pernahkah kita membaca ulang seluruh atau minimal sebagian tulisan yang pernah kita posting di blog yang kita buat ? Hari ini tiba-tiba saja saya terpikir soal pertanyaan tersebut. Dan jawaban saya jika ditanya pertanyaan itu adalah hampir tidak pernah.

Ya, saya hampir tidak pernah membaca ulang tulisan-tulisan yang sudah saya posting di blog saya ini. Seolah saya hanya mempostingnya untuk dibaca oleh orang lain, tapi tidak untuk saya sendiri. Saya hanya membuat dan kemudian mempostingnya, selesai sampai disitu. Bahkan kadang saya hanya mensadur atau mengedit tulisan atau artikel atau berita yang terdapat di internet dan kemudian saya posting ulang di blog ini, walaupun tulisan yang saya posting ulang tersebut saya yakini layak saya posting di blog karena saya menemukan sesuatu yang bermanfaat disana dan orang lain kemungkinan juga akan menemukan manfaat yang sama. Namun saya hanya membacanya sekali, menuliskan ulang, mempostingnya selesai.

Jadi, pernahkan kita membaca ulang posting artikel di blog kita ? Jika saya seperti itu, jawaban saya adalah tidak dan ini justru jadi tantangan untuk membaca kembali setiap posting artikel yang pernah saya untuk mencari atau mendapatkan kembali inspirasi maupun hal-hal bermanfaat lain yang ada di setiap artikel yang telah saya posting. Sekian dan semoga bermanfaat postingan kali ini.

Doyan Makan Terong ? Berikut Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu !

Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Banyak dari kita mungkin doyan sekali makan terong, baik digunakan sebagai lalapan mentah atau setengah matang, dimasak sebagai sayur, maupun digoreng yang kerap kita jumpai di penjual nasi penyet atau nasi sambal. Namun mungkin pula tak banyak dari kita yang tahu manfaat dari sayuran yang umumnya berwarna ungu tua ini. Saya pun juga tak terlalu tahu manfaatnya. Jadi, mari kita pahami bersama manfaat terong yang mungkin belum kita tahu.

Menurut situs boldsky.com, terong atau terung memiliki beragam kandungan zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, antara lain asam caffeic, klorogenat, dan nasunin. Berikut manfaat dari ketiga zat yang terkandung dalam terong yang mungkin belum kita tahu.

1. Antioksidan
Antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Berbagai penelitian pernah dilakukan menunjukkan bahwa paparan radikal bebas yang terus-menerus dapat menjadi pemicu dari munculnya berbagai penyakit, antara lain kanker, jantung, dan kerusakan DNA.

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam terong juga dapat mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular. Itulah mengapa makan terong dapat mengurangi resiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung.

2. Nasunin
Kandungan nasunin yang bersifat antioksidan dalam terong memiliki fungsi untuk menyehatkan otak. Nasunin melindungi lipid atau lemak di membran otak dari ancaman radikal bebas.

3. Serat
Sayuran berwarna ungu ini ternyata juga mengandung banyak serat. Serat membantu menurunkan kolesterol dan membantu memperlancar aliran darah. Kandungan serat juga baik bagi jantung. Selain itu, serat juga turut memperbaiki sistem metabolisme tubuh manusia.

4. Vitamin B
Kandungan vitamin B yang terdapat dalam terong membantu meningkatkan energi tubuh, bermanfaat untuk sistem saraf, dan membantu menjaga keseimbangan hormon.

Itulah beberapa manfaat terong yang mungkin belum kita tahu. Semoga artikel ringkas ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kandungan nutrisi dan gizi dalam terong. Semoga bermanfaat pula untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Wednesday, 26 October 2016

Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ?

Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh
Ilustrasi: Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ?
Beberapa waktu lalu, saya menuliskan mengenai manfaat kafein yang belum pernah kita ketahui yang dapat dibaca disini. Sekarang saya akan kembali berbagi sesuatu yang masih berhubungan dengan kafein. Kenapa sekali lagi menulis mengenai kafein ? Pertama, karena sejak sekitar lima tahun yang lalu, saya mulai menyukai kafein terutama yang diperoleh dari kopi. Kedua, karena saya mengetahui manfaat kafein yang baik bagi tubuh manusia selama dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Semoga tulisan ini juga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kafein merupakan pembangkit energi yang sering kita konsumsi setiap hari, dalam berbagai macam bentuk, seperti kopi, teh, coklat, soda, maupun minuman berenergi. Saya yakin kita semua sudah tahu mengenai aneka macam minuman yang sebutkan tersebut. Namun mungkin tidak banyak diantara kita yang tahu dengan pasti berapa lama waktu yang diperlukan untuk kafein yang telah masuk ke dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal. Pertanyaannya, Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ? Ternyata, kafein akan mulai bereaksi atau bekerja secara optimal setelah kafein diserap masuk ke dalam darah dan jaringan. Proses kafein untuk dapat diserap oleh darah dan jaringan membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam sejak pertama kali dikonsumsi.

Kafein yang kita konsumsi mempengaruhi kinerja beberapa macam hormon atau saraf yang terdapat pada tubuh kita termasuk juga mempengaruhi kerja otak kita. Salah satu hormon atau saraf yang dipengaruhi oleh kafein adalah adenosin yang fungsinya kurang lebih seperti indikator baterai tubuh kita khususnya indikator dari kinerja otak. Kafein khususnya yang terdapat dalam kopi mampu memblok peringatan dari adenosin hanya dalam waktu sekitar 5 menit sejak dikonsumsi. Puncak dari kinerja kafein dimulai pada rentang waktu 15 menit sampai dua jam sejak dikonsumsi. Pada rentang masa tersebut, tubuh manusia akan mengalami peningkatan kewaspadaan sebagai akibat dari meningkatnya hormon adrenalin dan kortisol.

Jadi, secara ringkas dapat dikatakan bahwa kafein akan mulai mempengaruhi reaksi tubuh manusia dalam waktu 5 menit sejak pertama kali dikonsumsi dan akan mencapai puncaknya dalam rentang waktu 15 menit sampai dua jam setelah dikonsumsi. Itu pula sebabnya, saya pernah membaca sebuah artikel yang menganjurkan untuk kita beristirahat atau tidur segera setelah minum dan bangun sekitar satu jam kemudian supaya efek dari kopi dapat lebih maksimal. Demikian artikel ringkas mengenai Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh. Semoga bermanfaat.

Tickerbar