Saturday, 18 June 2016

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

Foto sebelum donor darah
Foto sebelum donor darah
Sebelum tahun 2009, saya sama sekali tidak pernah mendonorkan darah. Benar, tahun 2009 adalah tahun pertama saya melakukan donor darah untuk pertama kali. Waktu itu, kampus di tempat saya kuliah sedang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah bersama. Saya yang waktu itu sedang menjabat sebagai ketua salah satu kegiatan mahasiswa di kampus merasa tergerak dan sekaligus sedikit terpaksa untuk donor darah. Dikatakan sedikit terpaksa karena memang saya belum pernah donor sama sekali dan di dalam imajinasi saya donor darah itu menyakitkan serta mengerikan karena darah diambil dalam jumlah yang cukup banyak serta menggunakan jarum yang ukurannya termasuk besar.
Foto setelah donor darah
Foto setelah donor darah


Namun sejak tahun 2009, terlebih lagi sejak tahun 2015, saya menjadi semakin senang berdonor darah. Saya senang dan antusias untuk rutin donor darah setelah mengetahui manfaat yang dapat saya terima sebagai pendonor. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita terima sebagai pendonor darah:

  • Melindungi jantung. Pendonor darah aktif memiliki resiko hingga 88% lebih rendah untuk terkena penyakit atau serangan jantung.
  • Menurunkan resiko terkena kanker. Kemungkinan terkena kanker cenderung semakin menurun seiring konsistensi seseorang dalam mendonorkan darah. Beberapa penyakit kanker yang dapat dihindari seperti kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.
  • Membantu menurunkan kadar zat besi dalam darah. Menurunnya kadar zat besi dalam tubuh mengurangi resiko terkena serangan jantung, sebab zat besi mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh yang dapat berdampak tidak baik bagi arteri.
  • Sel darah diperbarui secara rutin. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi dalam 48 jam pasca donor darah. Dengan adanya sel darah baru tubuh akan tampak lebih segar dan menjadi lebih sehat.
  • Pemeriksaan kesehatan serta analis darah secara gratis. Ketika kita mendonorkan darah, sebelum darah yang telah kita donorkan benar-benar diterima, Palang Merah Indonesia akan memeriksa sampel darah kita yang turut diambil saat donor untuk memastikan darah kita memenuhi syarat sebagai darah donor. Otomatis kita akan tahu pula kondisi kesehatan tubah kita.
  • Mendapatkan kesempatan untuk bertemu serta memperoleh penghargaan dari kepala daerah hingga kepala negara jika kita telah mencapai jumlah donor tertentu. Ini pula yang saya incar serta menjadi salah satu motivasi saya untuk rutin donor darah.
Itulah beberapa manfaat donor darah yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan kita semua. Selamat berdonor darah.

Dikutip dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi.

Pelajaran dan Pengalaman Dari Batam – Singapore Trip 2015 (Bagian XI)


Rangkaian cerita panjang sejak dari seri pertama kisah Pelajaran dan Pengalaman Dari Batam – Singapore Trip 2015 yang kemudian terus berlanjut hingga pada seri kesembilan dan seri kesepuluh. Niat awalnya, pada seri kesepuluh yang lalu saya hendak mengakhiri rangkaian cerita dan kisah perjalanan liburan ini, tetapi sekali lagi saya masih belum dapat untuk mengakhirinya, sehingga akhirnya muncullah lanjutannya pada seri kesebelas ini. Namun kali ini saya akhirnya benar-benar meniatkan serta memutuskan bahwa seri ini harus jadi yang terakhir walaupun mungkin seri ini akan sangat panjang. Selamat membaca.
Kami sampai kembali di Vivo City Mall sekitar pukul 13.00. Hari sudah siang dan mall sudah semakin ramai oleh pengunjung, baik pengunjung lokal maupun wisatawan asing seperti kami. Waktu kami berikutnya lebih banyak kami habiskan untuk melihat-lihat di dalam mall. Ibu dan kedua adik saya melihat-lihat pakaian di beberapa tenant yang terdapat di dalam mall serta kalau tidak salah ingat mereka akhirnya membeli beberapa potong pakaian dengan harga yang cukup murah. Beberapa tenant disana sepertinya sadar bahwa akhir tahun merupakan waktu dimana banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang berkunjung kesana sehingga mereka memutuskan memberikan diskon yang cukup lumayan untuk menarik pembeli dan mendongkrak penjualan, sebuah strategi yang sebenarnya sudah cukup sering digunakan oleh pedagang, khususnya tenant di dalam mall, seperti halnya pula umum dijumpai di Indonesia. Saya sendiri awalnya mencoba untuk membeli suatu jenis makanan yang membuat saya penasaran sejak dari Indonesia yaitu Burger King. Sebenarnya makanan tersebut juga sudah ada di Indonesia, namun tidak ada di Surabaya (dulu sempat ada, tetapi mungkin karena kurang laris, akhirnya ditutup), melainkan hanya ada di Jakarta. Saya sempat melihat harganya dan ternyata cukup mahal, kalau tidak salah untuk satu potong burger sekitar S$ 10 atau sekitar IDR 100.000. Mahal bukan ?
Setelah puas berjalan-jalan serta melihat-lihat di dalam mall dan karena hari sudah semakin siang (mendekati pukul 2 siang), kami akhirnya memutuskan untuk menuju ke lokasi makan semacam food court untuk membeli makan siang kami sebelum kami akan kembali ke Indonesia menggunakan ferry. Kami segera menuju kesana agar supaya dapat mengejar ferry dengan jam keberangkatan sekitar pukul 16.00. Kami hanya memiliki waktu sisa sekitar dua jam untuk santap siang serta menukarkan tiket dan kemudian menunggu jadwal check-in di ruang tunggu keberangkatan. Kami mengejar jam keberangkatan itu agar ketika sampai kembali di Indonesia hari masih belum larut malam, sebab kami juga masih harus singgah ke pusat perbelanjaan untuk belanja oleh-oleh untuk beberapa kerabat serta teman dari kedua orang tua saya yang ada di Tuban.
Makan Siang Terakhir Di Singapore
Makan Siang Terakhir Di Singapore (sumber: dok. pribadi)
Ketika kami sampai disana, keadaan food court tersebut ternyata sangat ramai sekali. Banyak sekali orang yang berada disana untuk makan. Bahkan karena terlalu banyaknya orang, cukup banyak pula orang yang belum mendapat tempat duduk, begitu juga dengan kami. Kami harus menunggu beberapa saat sebelum akhirnya kami memperoleh tempat duduk, itupun kami tidak bisa duduk semeja, sebab jumlah kursi yang ada tidak memadai. Sambil menunggu adanya meja dan kursi yang dapat ditempati, beberapa dari kami memutuskan untuk berkeliling dulu untuk melihat-lihat jenis makanan apa saja yang dijual disana. Saya sendiri berkeliling serta melihat-lihat dulu berbagai macam kedai penjual makanan untuk mengetahui makanan apa saja yang ada disana. Saya mencari makanan yang terlihat enak dan unik yang kemungkinan belum ada di Indonesia.

Thursday, 16 June 2016

Apa Salah Satu Hal Yang Paling Kita Ingat Ketika Ramadhan Tiba ?

Menanti THR ? Mending Diperjuangkan Sendiri (sumber: google).

Bulan Ramadhan selalu penuh dengan kesan dan keberkahan bagi setiap kita, khususnya bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ketika bulan ini tiba banyak hal yang akan masuk ke dalam benak kita serta selalu kita kenang, salah satunya adalah THR (Tunjangan Hari Raya), khuusnya ketika menjelang Lebaran nanti.
Lebaran atau Hari Raya umat agama merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di dalam hidup setiap orang yang telah bekerja. Apa pasal ? Sebab pada masa atau waktu tersebut setiap kita yang telah bekerja akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati keberkahan tambahan berupa tunjangan sangat spesial yang bernama Tunjangan Hari Raya (THR). Setiap perusahaan atau tempat kita bekerja diwajibkan oleh pemerintah untuk memberikan tunjangan hari raya kepada setiap pegawainya.
Nah, apa jadinya apabila yang paling ditunggu-tunggu atau diharapkan dapat menjadi berkah di akhir bulan Ramadhan tak kunjung datang atau bahkan tak datang sama sekali ? Akankah kita hanya duduk diam dan menunggu saja ataukah kita akan mengupayakan untuk diri kita sendiri agar tetap dapat menikmati THR ? Apabila pilihan adalah untuk mengupayakan agar diri kita tetap dapat memperoleh THR tanpa harus menunggu atau mengandalkan dari tempat kerja kita untuk memberikan, maka tidak ada salahnya untuk mendaftar di website ini dan mulai mengumpulkan THR kita sendiri.
Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua. Yuk, kita mulai mengumpulkan THR untuk diri kita sendiri selagi masih ada kesempatan sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini tiba.

Wednesday, 15 June 2016

Akhir Riwayat Yahoo! Messenger

Logo Aplikasi Pesan Instan Yahoo! Messenger
Logo Aplikasi Pesan Instan Yahoo! Messenger (sumber: google)

Yahoo! Messenger ? Siapa yang tak tahu layanan aplikasi pesan instan yang sangat populer dari Yahoo! ini. Sebagian besar dari kita mungkin pernah dan masih menggunakannya untuk beragam kebutuhan atau keperluan. Layanan pesan instan ini memang masih sangat populer ditengah serbuan dan gempuran dari berbagai macam aplikasi pesan instan lainnya. Yahoo! Messenger memang termasuk pesan instan aplikasi ‘senior’ yang sudah ada sejak tahun 1998 atau sekitar 18 tahun yang lalu.
Aplikasi Yahoo! Messenger pertama kali dirilis pada 9 Maret 1998 dengan nama Yahoo! Pager. Yahoo! Messenger (YM) merupakan layanan pesan instan pertama yang memperkenalkan fitur “Buzzing” dan status musik. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan YM adalah Yahoo! Chat yang merupakan sebuah ruang chatting online gratis khusus bagi pengguna layanan tersebut. Kemunculan Yahoo! Chat diumumkan pada 7 Januari 1997. Adapun Yahoo! Chat pada akhirnya dijadikan sebagai salah satu fitur yang terdapat pada Yahoo! Pager pada saat diluncurkan. Seiring dengan perjalanan waktu, Yahoo! melengkapi layanan tersebut dengan beragam fitur baru seperti call, voicemail, berbagi file, plugin, hingga webcam. Layanan ini juga terus berevolusi seiring perjalanan waktu dengan fitur-fitur yang semakin bagus dan lengkap.
Evolusi terbaru dan mungkin sangat mengejutkan adalah keputusan yang dikeluarkan Yahoo! baru-baru ini untuk menutup salah satu layanan paling populernya tersebut. Ya, benar, Yahoo! telah membuat pengumuman secara resmi untuk menutup layanan YM dan menggantinya dengan layanan baru yang diklaim lebih menarik serta hadir dengan beragam fitur dan tampilan yang lebih baik. Sebagai bagian dari upaya untuk menutup layanan YM, Yahoo! menghimbau seluruh pengguna YM yang masih aktif untuk segera beralih ke layanan messenger terbaru mereka paling lambat pada tanggal 5 Agustus 2016, sebab pada tanggal itu YM akan resmi ditutup. Sejak tanggal itu pula, seluruh layanan YM, baik yang digunakan secara langsung melalui aplikasi ataupun melalui third party tidak akan bisa diakses.
Sebagai ganti dari layanan YM yang ditutup, Yahoo! merilis suatu aplikasi messenger baru dengan fitur yang lebih menarik dan komplit. Layanan tersebut dilaporkan akan memiliki tampilan yang lebih smooth, fitur unggah foto resolusi tinggi, serta dapat menarik pesan yang telah terkirim dan hadir pula fitur ‘likes’ serta unggah gambar GIF. Layanan baru tersebut sudah tersedia mulai sekarang dan bisa di download di toko aplikasi Google Play Store atau App Store atau bisa pula diakses melalui browser di alamat messenger.yahoo.com.
Ditutupnya layanan aplikasi YM oleh Yahoo! juga pada akhirnya membuat kita sadar bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Bahkan layanan yang amat populer bisa ditutup atau dimatikan untuk digantikan dengan layanan baru yang dianggap lebih baik. Persaingan yang ketat dengan beragam penyedia layanan pesan instan lain diyakini yang membuat Yahoo! akhirnya memutuskan untuk menutup YM serta mengembangkan suatu pengganti yang lebih baru dan lebih baik agar tetap dapat bersaing di pasar. Akhir kata, Selamat Tinggal Yahoo! Messenger.

Jangan Remehkan Recehan


Ilustrasi Recehan
Ilustrasi Recehan (sumber: google).
Mayoritas dari kita pasti ingin memperoleh serta memiliki lebih banyak uang. Benar demikian bukan ? Namun walaupun demikian, kita terkadang atau meremehkan hal-hal kecil, seperti “uang recehan”. Ya benar, “uang recehan”, baik dalam arti sebenarnya maupun arti kiasan seringkali kita remehkan atau anggap sepele. Padahal kita semua telah tahu bahwa hal-hal kecil yang diremehkan suatu bisa menjadi bencana atau bahaya yang besar dalam hidup kita. Contoh sederhana kita lupa menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara rutin berolahraga setiap hari. Hal kecil atau sederhana seperti berolahraga dapat menjadi cara yang teramat sangat mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti pernah saya baca di salah satu situs berita, “manusia rata-rata hanya butuh 45 menit setiap hari untuk berolahraga.” Waktu yang sangat pendek bukan ? Ya, hanya 45 menit saja setiap hari dan hal itu akan membantu mempertahankan dan bahkan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh kita. 45 menit setiap hari sudah cukup, kecuali apabila kita seorang atlet profesional.
“Recehan” yang sama juga berlaku dalam pendapatan dari setiap pekerjaan yang kita jalankan. Kita terkadang atau bahkan sering meremehkan arti penting “recehan” dalam setiap pekerjaan kita. Padahal “recehan” jika terus dan terus dikumpulkan, bukan tidak mungkin suatu saat juga akan menjadi milyaran. Nah, momen mendekati lebaran adalah saat yang tepat untuk mulai mengumpulkan “recehan” tersebut. Siapa tahu saja nanti tepat pada waktu lebaran tiba jumlahnya sudah terkumpul sesuai dengan yang kita butuhkan. Jadi, mari kita bersama-sama mengumpulkan recehan demi recehan, yang suatu saat nanti akan terkumpul dalam jumlah yang memadai atau bahkan secara luar biasanya menjadi sangat besar diluar apa yang pernah kita bayangkan. Selamat mengumpulkan “recehan” mulai dari sekarang.
Jangan ditunda lagi. Seperti halnya kebiasaan untuk berolahraga setiap hari selama 45 menit saja yang nantinya secara akumulatif akan membangun kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk mengunjungi link ini. Semoga bermanfaat dan semoga Ramadhan tahun ini menjadi awal yang lebih baik bagi kehidupan kita semua.

Tuesday, 14 June 2016

10 Jenis Buah Kurma Paling Populer Sedunia

Bulan Puasa identik dengan sesuatu yang manis-manis, khususnya sebagai bagian dari sajian berbuka puasa. Kurma adalah satu buah yang sangat terkenal pada bulan puasa dan sering dijadikan sebagai bagian dari takjil. Seperti halnya buah pada umumnya, kurma pun memiliki banyak varian yang jumlahnya dapat mencapai ratusan varian atau macam. Dari ratusan varian tersebut, ternyata ada 10 varian yang paling digemari oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia. Mari kita simak bersama-sama.

Thoory
Biasa disebut pula sebagai Thuri, kurma ini merupakan varian kurma yang terkenal di Aljazair. Kurma Thoory dikenal sebagai varian kurma yang kering serta memiliki warna cokelat kemerahan dan apabila diawetkan warnanya akan berubah menjadi kebiruan. Buah ini memiliki kulit yang sangat keriput. Memiliki daging buah yang cukup keras dan rasa yang manis serta ada sentuhan rasa kacang. Buah ini cukup tahan lama untuk disimpan serta banyak dijumpai di Indonesia.

Khidri
Jenis kurma ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diisi dengan beragam isian seperti coklat, almond, dan sebagainya. Memiliki warna merah tua dan bertekstur kering serta kenyal. Rasanya tidak begitu manis jadi cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki beragam cita rasa.
Kurma Amer Hajj
Kurma Amer Hajj (sumber: detik.com)
Amer Hajj
Varian kurma ini dikenal di Irak. Memiliki daging tebal dan tekstur lembut serta kulit tipis. Kurma ini biasanya disebut pula sebagai “the visitor’s date” karena kerap disajikan oleh masyarakat Irak untuk para tamu yang datang ke rumah mereka.

Ajwa
Sering disebut-sebut sebagai kurma nabi. Berwarna hitam gelap, kurma ini hanya tumbuh di Madinah. Kurma ini memiliki tekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.


Kurma Zaghloul
Kurma Zaghloul (sumber: detik.c)

Zaghloul
Kurma ini memiliki warna merah tua dan bentuknya panjang menyerupai melinjo. Biasa disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Ciri khas tersebut menjadikan kurma ini sangat eksklusif di Mesir dan oleh karena itu harganya tergolong mahal.

Sekkeri
Berwarna cokelat gelap, memiliki daging buah yang lembut dan rasa manis yang khas. Ciri khas tersebut membuat kurma yang memiliki bentuk hampir bulat ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lain.

Bisakah Spanyol Juara Piala Eropa 2016 ?

Skuad Spanyol EURO 2016
Skuad Spanyol EURO 2016 (sumber: google).

Beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis prediksi ringan saya mengenai peluang Spanyol Juara Piala Dunia 2010. Waktu itu saya memberi judul tulisan saya “Akankah Juara Eropa Juga Juara Dunia ?”. Ya, kala itu Spanyol memang merupakan Juara Piala Eropa 2008. Spanyol memiliki permainan yang begitu menawan sehingga seolah dapat dengan mudah menghempaskan lawan-lawannya siapapun mereka. Spanyol memang akhirnya menjadi Juara Piala Dunia 2010. Prestasi yang kala itu dianggap begitu fenomenal dan menyamai prestasi yang dibuat oleh Prancis (hanya berbeda urutan saja, Prancis Juara Piala Dunia 1998 baru kemudian Juara Piala Eropa 2000).

Prestasi fenomenal tersebut masih terus berlanjut hingga tahun 2012, dimana Spanyol menjadi timnas yang mampu menjuarai Piala Eropa secara berurutan. Namun prestasi fenomenal tersebut terhenti di Piala Dunia 2014 dimana Jerman berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Argentina di final dengan skor 1-0. Walaupun demikian tidak berarti kemampuan atau permainan Spanyol menurun. Spanyol tetaplah Spanyol dengan permainan khasnya, tiki taka.

Menjelang bergulirnya Piala Eropa 2016 beberapa waktu lalu, banyak pihak telah membicarakan serta memprediksikan peluang Spanyol untuk kembali tampil sebagai juara. Sesuatu yang sebenarnya tidaklah salah, sebab memang Spanyol masih berstatus sebagai juara bertahan dan permainan Spanyol masih tetap indah seperti biasanya. Hal tersebut ditunjang pula oleh tampilnya tiga tim Spanyol di babak semifinal Liga Champions 2015/2016. Fakta tersebut semakin memperkuat bukti bahwa Spanyol masih merupakan negara yang layak dijagokan untuk kembali menjuarai turnamen terbesar di benua Eropa tersebut.

Monday, 13 June 2016

Gratisan ?


Saya percaya setiap dari kita akan sangat bersemangat dan senang saat mendengar kata ini, Gratisan. Sekaya atau sebanyak apapun uang yang dimiliki seseorang, saya tetap yakin bahwa naluri alamiah diri kita amat menyenangi mendapatkan sesuatu yang sifatnya gratis. Benar demikian bukan ?

Nah, di bulan yang penuh berkah ini, salah satu maskapai penerbangan yang elemen atau simbol warnanya mengandung unsur warna yang sama dengan bendera negara kita, AirAsia sekali lagi mengumbar gratisan. Gratisan yang dibagikan tentu saja bukan gratisan takjil, sebab AirAsia memang tidak berdagang makanan. Gratisan yang hendak diberikan tentu saja adalah gratis kursi pesawat (maksudnya tiket penerbangan, kalau cuma kursi mah juga tidak terlalu penting, hahahhaa...). Nah, bagi yang sedang ada rencana jalan-jalan, khususnya ke tujuan berikut ini: Malaysia, Thailand, Singapura, Jepang, Korea, China, Australia, maka tidak ada salahnya untuk segera mengecek dan berburu tiket gratis AirAsia. Buruan sebelum Anda kehabisan !

Sunday, 12 June 2016

Keren, Di DKI Jakarta Pesan Makam Bisa Seperti Pesan Bioskop

TPU Karet Bivak Salah Satu Lokasi Pemakaman di DKI Jakarta
TPU Karet Bivak Salah Satu Lokasi Pemakaman di DKI Jakarta
(sumber: www.kompas.com)
Satu lagi “inovasi” yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta terkait dengan pelayanan publik yaitu pemesanan makam secara online. Saya sendiri karena bukan warga ibukota tentu saja tidak bisa atau tidak perlu melakukan uji coba terhadap kecanggihan inovasi yang disediakan pemerintah DKI Jakarta. Namun inovasi satu ini perlu diapresiasi dan dihargai.
Pemerintah DKI Jakarta membuat suatu sistem pemesanan makam secara online ini dengan tujuan utama menghilangkan atau meminimalkan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh  pihak-pihak yang tidak semestinya terhadap pihak yang melakukan pemesanan lahan makam dan mungkin tentu saja untuk menghilangkan “potential income” dari pemerintah DKI Jakarta.
Sistem pemesanan secara online ini sudah berlaku atau menjangkau seluruh tempat pemakaman umum (TPU) yang terdapat di Jakarta. Adapun menurut info yang diperoleh dari website kompas.com, proses pemesanan diawali dengan mendatangi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang terdapat di kantor kelurahan yang menjadi lokasi makam. Petugas yang ada disana nantinya akan membuka data lokasi pemakaman sehingga dapat terlihat lokasi mana saja yang masih kosong. Setelah itu warga dapat menentukan lokasi yang diinginkan dari lokasi yang tersedia dan kemudian melakukan pembayaran retribusi sebesar Rp. 40.000,00 sampai Rp. 100.000,00 tergantung pada lokasi yang dipilih melalui Bank DKI.
Surat bukti pembayaran yang diperoleh nantinya dibawa serta ditunjukkan ke petugas PTSP dan kemudian warga akan memperoleh Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD). SKRD tersebut ditunjukkan kepada petugas TPU dan nanti lahan akan disiapkan tanpa ada pungutan tambahan lagi.
Menarik sekali konsep dan semoga konsep tersebut dapat benar-benar dijalankan dengan baik dan semoga kedepannya juga akan diterapkan oleh kota-kota lain diseluruh Indonesia sehingga seluruh proses administrasi pelayanan publik dapat dilakukan secara lebih transparan.

5 Pesepakbola Tercepat di Piala Eropa 2016

Bulan Ramadhan yang penuh berkah pada tahun ini dibarengi dengan berlangsungnya dua event akbar sepak bola yaitu Piala Eropa 2016 dan Copa America Centenario. Pada setiap kejuaraan sepak bola dimanapun diselenggarakannya, selalu ada pesepakbola dengan ciri atau kemampuan khusus, begitu pula pada Piala Eropa 2016. Artikel kali ini akan mengulas lima pesepakbola dengan kecepatan lari diatas rata-rata yang tampil di ajang Piala Eropa 2016. Siapa saja mereka ? Yuk, mari kita simak daftarnya dibawah ini.

Gareth Bale dengan kostum timnas Wales
Gareth Bale dengan kostum timnas Wales (sumber: google)
Gareth Bale (Wales)
Sudah jamak diketahui bahwa pesepakbola asal klub Real Madrid ini memiliki kecepatan lari diatas rata-rata pemain lain. Barangkali kita masih ingat pada tahun 2010 silam ketika Bale berhasil Maicon kelabakan pada pertandingan Liga Champion 2010 di San Siro. Walaupun klub yang dibelanya pada saat itu, Tottenham Hotspur, dikalahkan oleh Inter Milan, tetapi terdapat tontonan istimewa dimana Bale berhasil membuat Maicon kerepotan oleh kecepatan lari bintang Wales ini.
Bertahun-tahun setelah itu, Maicon dapat menjadi lebih tenang, sebab ternyata bukan hanya dia yang berhasil dibuat kelabakan oleh kecepatan lari Bale. Bale kini tergolong sebagai salah satu pesepakbola dengan kecepatan lari diatas rata-rata. Salah satu aksi sensasional Bale dengan kecepatannya adalah kala dia membuat kelabakan bek Barcelona Marc Bartra di ajang Copa del Rey 2014. Kecepatan lari Bale tercatat 34,7 km/jam.

Hector Bellerin dengan kostum Spanyol
Hector Bellerin dengan kostum Spanyol (sumber: google)
Hector Bellerin (Spanyol)
Usia bek Arsenal ini masih muda, 21 tahun. Namun demikian, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini telah berhasil memecahkan rekor waktu 40 meter milik rekan setimnya Theo Walcott. Mengingat Walcott dianggap sebagai salah satu pesepakbola dengan kecepatan lari yang juga tinggi, maka bisa dibayangkan seberapa cepat Bellerin mampu berlari. Bellerin memiliki kecepatan lari yang sama dengan Bale yaitu 34,7 km/jam.

Piala Eropa 2016 (UEFA Euro 2016)

Logo UEFA EURO 2016
Logo UEFA EURO 2016 (sumber: www.wikimedia.org)

Bulan Ramadhan kali ini cukup menyenangkan dan penuh berkah bagi umat Muslim. Selain karena dapat berjumpa sekali lagi dengan bulan suci ini, pada bulan Ramadhan tahun ini berbarengan pula dengan dilangsungkannya dua event sepak bola besar, salah satunya adalah Piala Eropa 2016 (UEFA Euro 2016). Hal ini tentu sangat menggairahkan, khususnya bagi penggemar berat sepak bola.

Setelah sebelumnya saya sudah menulis mengenai Prediksi Juara Piala Eropa versi Cristiano Ronaldo, maka agar lebih komplit (sebenarnya karena saya terlupa) kali ini saya akan menulis sedikit mengenai Piala Eropa 2016. Mari disimak dan semoga bermanfaat.

Kejuaraan Sepak Bola Piala Eropa 2016 atau dikenal pula dengan UEFA EURO 2016 adalah penyelenggaraan ke-15 dari kejuaraan EURO. UEFA EURO merupakan turnamen sepak bola utama pria yang diselenggarakan oleh UEFA setiap empat tahun sekali. Turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 1960 dan terus berlangsung hingga saat ini. Penyelenggaraan turnamen ini selalu pada tahun genap diantara dua turnamen Piala Dunia. Nama awal turnamen ini adalah Piala Negara-Negara Eropa (UEFA European Nations Cup). Nama turnamen yang digunakan saat ini mulai digunakan pada tahun 1968. Sejak tahun 1996, nama turnamen ini secara resmi selalu disertai dengan tahun penyelenggaraannya, seperti EUFA EURO 1996.

Sebelum dapat berlaga pada babak utama turnamen, setiap tim atau negara diharuskan melalui babak kualifikasi, kecuali tim tuan rumah atau penyelenggara turnamen. Pemenang atau juara dari turnamen diberi kesempatan untuk berlaga pada kejuaraan Piala Konfederasi FIFA (FIFA Confederations Cup), namun tidak diwajibkan untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Sebelum kejuaraan tahun ini, 14 turnamen Piala Eropa sebelumnya telah dimenangkan oleh sembilan negara berbeda yakni: Jerman dan Spanyol yang masing-masing memenangkan sebanyak tiga kali, Prancis sebanyak dua kali, serta Uni Soviet, Italia, Rep. Ceko, Belanda, Denmark, dan Yunani masing-masing sekali. Hingga saat ini pula, Spanyol adalah satu-satunya negara yang dapat memenangkan kejuaraan ini dua kali berturut-turut yaitu pada tahun 2008 dan 2012.

Penyelenggaraan turnamen EURO ke-15 pada tahun ini diadakan di Prancis mulai tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2016. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1996, pada penyelenggaraan tahun ini jumlah peserta turnamen ditambah menjadi 24 tim dari sebelumnya yang hanya 16 tim. Dengan menggunakan format baru ini, secara otomatis jumlah grup yang ada babak grup juga ikut bertambah menjadi enam grup dari sebelumna empat grup, dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim atau negara. Adapun penentuan tim atau negara yang berhak tampil pada babak utama kejuaraan adalah sebagai berikut: 19 tim yang terdiri dari 18 tim dengan peringkat dua teratas pada sembilan grup yang terdapat pada babak kualifikasi serta satu tim peringkat tiga terbaik akan secara otomatis lolos ke babak utama dan bergabung dengan Prancis sebagai tuan rumah, empat tim sisanya akan diperebutkan oleh delapan tim peringkat dari masing-masing grup kualifikasi dengan sistem play-off.

Tuan rumah turnamen, Prancis, terpilih secara resmi sebagai tuan rumah pada 28 Mei 2010 setelah melalui proses penyaringan yang juga diikuti oleh Italia dan Turki. Seluruh pertandingan yang digelar pada babak utama turnamen Euro 2016 akan dilangsungkan di sepuluh kota yaitu Bordeaux, Lens, Lille, Lyon, Marseille, Nice, Paris, Saint-Denis, Saint-Etienne, dan Toulouse. Prancis sebagai tuan rumah turnamen pada tahun ini telah terpilih sebanyak tiga kali sebagai tuan rumah turnamen yaitu pada tahun 1960 yang merupakan turnamen pertama dan pada tahun 1984. Prancis telah memenangkan turnamen ini sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1984 dan 2000. Tim atau negara yang berhasil memenangkan kejuaraan pada tahun ini diberi hak untuk tampil pada turnamen Piala Konfederasi FIFA 2017 yang diselenggarakan di Rusia.

Adapun seluruh tim atau negara yang lolos ke babak utama turnamen pada penyelenggaraan kali ini adalah sebagai berikut: Prancis (tuan rumah), Albania (pertama kali dalam sejarah lolos ke babak utama turnamen), Austria, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Inggris, Jerman, Hungaria, Islandia (pertama kali lolos), Italia, Irlandia Utara, Polandia, Portugal, Republik Irlandia, Rumania, Rusia, Slowakia / Slovakia (pertama kali lolos), Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Wales (pertama kali lolos). Adapun tiga tim atau negara yang secara mengejutkan gagal lolos adalah Belanda (juara tahun 1988), Denmark (juara tahun 1992), dan Yunani (juara tahun 2004).


Demikianlah sekilas artikel mengenai Kejuaraan Sepak Bola Piala Eropa 2016. Mari kita simak serta nikmati kejuaraan pada tahun ini sambil menyimak pula kejutan-kejutan yang biasa ada dalam setiap turnamen dan pertandingan sepak bola. Menarik pula untuk menanti apakah tim-tim debutan pada turnamen kali ini juga dapat memberikan pertunjukkan serta kejutan yang menarik. Selamat menyaksikan.

Tickerbar