Thursday, 9 June 2016

10 Tips Bermanfaat Agar Puasa Ramadhan Dapat Berjalan Lancar

Pada bulan Suci Ramadhan berpuasa merupakan suatu kewajiban bagi seluruh Umat Muslim dimanapun berada di dunia ini. Namun menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan tidak selalu mudah sebab seringkali ada godaan demi godaan yang datang. Godaan yang paling utama tentu saja adalah rasa lapar dan haus, sebab selama berpuasa kita semua dilarang makan dan minum dalam bentuk apapun. Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba berbagi tips yang mungkin bermanfaat selama berpuasa. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

Akhirkan Waktu Sahur
Tips klasik ini selalu disarankan karena memang terbukti bermanfaat. Dengan mengakhirkan sahur, maka makanan yang kita makan dapat bertahan sedikit lebih lama dibandingkan jika kita makan terlalu cepat.

Variasikan Menu Sahur
Membuat variasi makanan sahur akan memberikan kita lebih banyak karbohidrat kompleks yang dicerna lebih lama dibandingkan karbohidrat di dapat dari nasi putih. Manfaatnya, kita dapat merasa kenyang dan bertenaga lebih lama. Karbohidrat kompleks ini dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, dan kacang-kacangan.

Perhatikan Kandungan Gizi Dalam Makanan
Kita memang dianjurkan untuk membuat variasi makanan, namun bukan sekedar variasi yang terkesan sembarangan, tetapi perlu diperhatikan kandungan gizi dari setiap makanan yang kita makan. Terlalu banyak menyantap gorengan tidak baik dan akan membuat kita bertambah gemuk. Kurangi pula makanan yang bersifat asam atau pedas, khususnya apabila kita menderita sakit maag.

Konsumsi Cukup Protein
Karbohidrat memang dibutuhkan dan dianjurkan, namun protein juga penting untuk tetap dapat menjaga massa otot tubuh kita.

Minum Cukup Air Putih
Pada saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Untuk menghindari kekurangan cairan yang akan berakibat pada tubuh lemas, maka konsumsilah cukup air putih selama sahur dan berbuka puasa.

Kurangi Konsumsi Garam
Sayur tanpa garam memang tidak enak dan kurang sedap disantap. Namun mengkonsumsi garam berlebih terutama saat berpuasa akan mempercepat proses dehidrasi tubuh yang pada akhirnya akan berdampak pada munculnya rasa cepat lapar dan haus.

Hindari Teh, Rokok, Kopi
Usahakan minum jus, air putih, susu untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa. Hindari teh, kopi, dan rokok sebab akan berbahaya bagi dinding lambung.

Segerakan Berbuka
Satu tips klasik lain yang juga terbukti bermanfaat. Segeralah berbuka ketika waktunya tiba supaya waktu yang ada setelah berbuka dapat kita manfaatkan untuk hal-hal lain seperti Salat Maghrib, Salat Isya, dan kemudian bersiap menjalankan Salat Tarawih.

Makan Secukupnya
Satu kelemahan dan kesalahan yang seringkali kita lakukan saat berpuasa, khususnya ketika waktu berbuka tiba, adalah kalap dalam menyantap setiap menu makanan yang tersedia. Mulailah dengan menu atau makanan yang ringan seperti sup, salad, buah, atau makanan manis baru setelah itu dilanjutkan dengan makanan yang lebih berat.

Penuhi Kebutuhan Serat
Jangan lupakan serat, baik dalam bentuk sayur maupun buah, saat berbuka puasa maupun sahur agar pencernaan dapat tetap lancar.

Demikian 10 Tips Bermanfaat Agar Puasa Ramadhan Dapat Berjalan Lancar. Semoga bermanfaat. Untuk memperoleh tips atau informasi bermanfaat lain silakan cek disini.

Tickerbar

KumpulBlogger