Wednesday, 5 October 2016

Manfaat Lain Kafein Yang Mungkin Tak Pernah Kita Sadari

Manfaat Lain Kafein Yang Mungkin Tak Pernah Kita Sadari
Manfaat Lain Kafein Yang Mungkin Tak Pernah Kita Sadari
(sumber: www.google.com)
Saya sebelumnya sudah pernah menulis tentang manfaat kopi bagi diri kita yang bisa dibaca disini. Nah sekarang saya akan coba menulis dan berbagi tentang manfaat salah satu zat yang terkandung di dalam kopi yaitu kafein. Umumnya, sebagian besar dari kita cuma tahu kalau kafein yang biasa terdapat pada kopi itu berguna untuk menghilangkan kantuk. Banyak dari kita yang begitu mengantuk akan segera mencari kopi untuk mencegah, menunda, atau menghilangkan kantuk. Apalagi kalau kita lagi banyak kerjaan dan harus lembur.

Tapi mungkin jarang dari kita yang tahu kalau kafein yang biasa terdapat pada kopi juga punya manfaat lain. Saya akan coba berbagi beberapa manfaat lain kafein yang mungkin tak pernah kita sadari. Semoga berguna bagi kita semua.

Secara umum kafein itu bekerja menghambat reseptor A2A yang memegang komando terhadap rasa ngantuk kita. Jadi kalau kerja sang komandan dihambat maka dia pun akan lalai akan kewajibannya untuk memunculkan pasukan rasa ngantuk. Itulah salah satu manfaat kafein yang sering kita tahu. Bagaimana dengan manfaat-manfaat lainnya ? Mari kita cek daftar manfaat lain kafein yang mungkin tak pernah kita sadari di bawah ini.

1. Pasukan Pembasmi Lemak
Nah, ini kabar bahagia bagi yang sedang ingin diet atau lebih langsing. Daripada minum atau konsumsi obat pelangsing yang tidak jelas dan bisa jadi berbahaya, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kafein, baik lewat kopi atau teh. Ada dua cara yang kafein lakukan sebagai pasukan pembasmi lemak. Yang pertama, kafein memiliki efek panas, maksudnya kafein membantu meningkatkan panas tubuh. Nah jika panas tubuh meningkat maka lemak tubuh akan meleleh karenanya dan akhirnya hilang. Cara kedua, kafein punya efek lipolitik, maksudnya kafein akan memancing agar asam lemak dilepaskan dan digunakan sebagai bahan bakar oleh tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi "Kecerdasan"
Dengan konsumsi kafein atau kopi, seolah kita merasa bahwa kita bisa lebih konsentrasi dan pikiran kadang terasa lebih cemerlang serta gampang dalam memahami sesuatu. Dalam hal ini, kafein akan memicu produksi dalam jumlah lebih besar adrenalin dan dopamine. Dua zat yang bantu tubuh kita terasa rileks dan otak lebih jernih. Itulah juga kenapa banyak dari kita yang sering mencari kopi ketika lagi butuh konsentrasi dalam selesaikan tugas atau pekerjaan.

3. Mendongkrak Stamina Tubuh
Benar sekali, kafein adalah salah satu zat yang bisa mendongkrak stamina. Maka dari itu kafein juga bisa jadi alternatif bagi yang sedang butuh kerja keras dalam segala bentuk. Kafein memicu peningkatan tenaga dan kekuatan ketika sedang beraktivitas secara fisik, seperti olahraga. Kafein juga berfungsi menormalkan kembali kondisi tubuh setelah kita beraktivitas berat.

Itulah beberapa manfaat lain kafein yang mungkin tak pernah kita sadari sebelumnya. Saya juga baru tahu beberapa manfaat tersebut. Cukup sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tickerbar