Friday, 19 August 2016

Ternyata Singapura Juga Memiliki Tempat Keramat

Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat
Makam Sharifah Rogayah. Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat.
Saya pernah berkunjung ke Singapura dua kali untuk berwisata disana. Selama dua kali kunjungan tersebut saya ke negara tersebut yang saya rasakan adalah modernitas dan ketertiban (kedisiplinan) negara serta penduduknya. Gedung-gedung bertingkat nan menjulang ke angkasa banyak terdapat dimana-mana. Namun siapa sangka dibalik modernitas tersebut ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat. Tulisan ini disadur dari detik.com dan ditambahkan juga dari berbagai situs lain di internet. Semoga bermanfaat.

Dibalik modernitas yang dimilikinya, ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat yang dapat dijumpai di Duxton Plain Park. Tempat keramat yang berupa makam tersebut telah menjadi mitos tersendiri yang dipercayai banyak orang. Tempat keramat tersebut berupa sebuah bangunan makam yang dipercayai sebagai makam Sharifah Rogayah yang merupakan cucu dari ulama bernama Habib Noh yang menyebarkan agama Islam di Singapura pada abad ke-19. Diyakini, Sharifah masih memiliki garis keturunan dari Nabi Muhammad SAW.

Disekeliling makam tersebut sebenarnya telah berubah menjadi pemukiman warga yang terletak atau menjadi bagian dari kawasan China Town. Nah disinilah kisah keramat tersebut bermula. Konon katanya, suatu hari ada seorang pemuda yang didatangi dalam mimpi oleh Habib Noh. Dalam mimpinya tersebut, sang pemuda diperintahkan untuk mencari keberadaan makam Sharifah untuk dirawat. Dalam pencariannya, sampailah pemuda tersebut di lokasi dimana makam tersebut sekarang berada.

Pemuda yang diketahui bernama Mohamed Ridhwan tersebut akhirnya membersihkan, merapikan, menata, dan lalu membangun makam tersebut hingga menjadi bentuknya yang sekarang. Makam Sharifah terletak di belakang pemukiman warga Tanjong Pagar dan dinaungi pepohonan yang rindang. Pada makam tersebut tertulis "Shrine of Sharifah Rogayah, 1891".

Namun kisah ajaib atau mistis yang ada bukan hanya sampai disitu. Ada ksiah lain mengapa makam Sharifah Rogayah masih dapat bertahan ditengah padatnya pemukiman penduduk dan gedung-gedung tinggi. Konon ceritanya, dahulu makam tersebut sudah sempat akan digusur, namun makam tersebut ternyata tidak dapat disentuh manusia. Setiap kali akan dilakukan penggusuran, kejadian aneh selalu terjadi, yakni tanah disekitar makam secara tiba-tiba longsor dengan sendirinya. Kejadian longsornya tanah tersebut terjadi beberapa kali hingga akhirnya diputuskan untuk tidak menggusur makam tersebut dan terus merawatnya hingga sekarang.

Itulah kisah ringkas dari suatu tempat keramat yang ada di Singapura, negara yang terkenal akan modernitas dan gedung-gedung bertingkat nan menjulang. Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat modernitas dan pembangunan gedung-gedung megah yang terus berlangsung hingga sekarang.

Thursday, 18 August 2016

Mustika Rasa, Buku Kuliner Legendaris Warisan Presiden Pertama RI Soekarno

Mustika Rasa, Buku Kuliner Legendaris Warisan Presiden Pertama RI Soekarno
Mustika Rasa, Buku Kuliner Legendaris Warisan Presiden Pertama RI Soekarno
Masih dalam edisi memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-71, posting kali ini membahas secara ringkas salah satu buku legendaris yang ada di negara kita selain Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia yang telah sedikit saya tulis pada posting sebelum ini. Jika pada posting sebelum ini membahas mengenai buku legendaris yang bersifat terlalu serius, maka kali ini buku legendaris yang ditulis terkesan lebih santai, namun tetap serius. Buku kali ini adalah tentang kuliner. Selamat membaca bersama-sama.

Jujur saja, saya juga baru mengetahui hari ini bahwa ada suatu buku yang pernah "diwariskan" oleh pemimpin pertama negara kita Soekarno mengenai kuliner nusantara. Selama ini yang saya tahu beliau selalu menulis mengenai pandangan-pandangan politiknya. Buku "warisan" tersebut diberi judul Mustika Rasa Resep Masakan Indonesia. Buku tersebut ternyata merupakan salah satu warisan lain dari Presiden Soekarno selain warisan-warisan yang selama ini umum kita ketahui bersama seperti monumen, patung, dan lukisan.

Mustika Rasa, buku kuliner legendaris warisan Presiden Pertama RI Soekarno tersebut disusun oleh Hartini istri keempat Bung Karno pada tahun 1964 dan diterbitkan pertama kali pada tahun 1967 sesaat sebelum Bung Karno lengser. Diyakini bahwa buku ini disusun atas kesadaran Soekarno sebagai Presiden untuk mengampanyekan kesatuan dalam kebhinnekaan setelah Indonesia merdeka dan salah satu cara yang ditempuh adalah melalui kuliner atau makanan.

Sebelum adanya buku Mustika Rasa, buku kuliner legendaris warisan Presiden Pertama RI Soekarno, dokumentasi kuliner nusantara justru dilakukan pada masa penjajahan Belanda. Pada masa itu pemerintah Hindia-Belanda buku yang berjudul Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek karya JMJ Catenius van der Meyden yang terbit pada tahun 1902. Buku terbitan Pemerintah Hindia-Belanda tersebut memuat 1300 kuliner di Hindia-Belanda.

Dalam menyusun buku Mustika Rasa, buku kuliner legendaris warisan Presiden Pertama RI Soekarno, beliau mengumpulkan pamong praja tiap desa, ahli kuliner, hingga ahli gizi untuk membantu mengumpulkan serta menyusun resep kuliner tradisional nusantara. Penyusunan buku tersebut sempat terhambat akibat adanya Gerakan 30 September 1965. Namun akhirnya buku tersebut tuntas dan diterbitkan juga, walaupun secara terburu-buru sebelum Bung Karno lengser dari jabatannya sebagai Presiden.

Nah, karena diterbitkan secara terburu-buru itu pula, buku dengan jumlah halaman 1.123 tersebut dianggap belum sempurna. Namun disitu pula terletak keunikan buku tersebut. buku Mustika Rasa, buku kuliner legendaris warisan Presiden Pertama RI Soekarno tidak hanya membahas mengenai makanan, melainkan juga tata dapur yang baik, gizi, makanan hiburan atau jajanan, cara melipat ketupat yang baik, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan ringkas mengenai salah satu buku legendaris dan "kitab suci" kuliner pertama di Indonesia. Semoga sejarah mengenai buku tersebut menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi kita bersama. Jayalah Terus Indonesia ! Merdeka !!!

Wednesday, 17 August 2016

Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia

Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia
Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia
Setiap orang atau pihak tertentu kemungkinan besar selalu memiliki informasi yang harus dirahasiakan atau hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan saja sehingga informasi yang penting tersebut tidak sampai bocor. Informasi tersebut dapat berupa rahasia pribadi, strategi bisnis, maupun beragam informasi penting nan rahasia lainnya. Hal yang sama juga berlaku untuk suatu negara, terlebih ketika sedang masa darurat atau perang. Nah bicara masa darurat atau perang dan berhubung sekarang sedang memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tahun, maka tak ada salahnya kita mengetahui salah satu bagian dari sejarah negara kita Indonesia. Yuk disimak bersama karena saya juga baru tahu mengenai hal ini.

Pada 17 Agustus 1945 negara Indonesia memang telah secara resmi menyatakan kemerdekaannya. Namun seperti yang telah kita ketahui situasi saat itu belum sepenuhnya kondusif. Situasi negara masih kacau, selain disebabkan karena negara yang baru terbentuk dan pemerintahan yang belum secara sempurna ada, juga disebabkan oleh upaya Belanda untuk tetap dapat menguasai negara kita. Pada masa-masa genting seperti itu, tentu saja dibutuhkan agar informasi negara tetap terjaga dengan baik kerahasiaannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu bentuk penyandian khusus yang diciptakan agar informasi rahasia yang ada dapat tetap terjaga rahasianya. Pada kondisi genting itulah, akhirnya tercipta Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia.

Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia tercipta atas dorongan atau prakarsa dari Menteri Pertahanan pada waktu itu yaitu Amir Syarifoeddin yang meminta Dr. Roebiono Kertopati untuk membuat sistem persandian khusus yang nantinya akan digunakan secara meluas pada semua lembaga pemerintahan yang membutuhkan. Dr. Roebiono dipilih karena beliau dianggap telah memiliki pengalaman di bidang intelijen. Kecanggihan otaknya sudah tidak diragukan lagi. Beliau menguasai empat bahasa dan mampu menulis menggunakan dua tangan sekaligus. Atas kerja keras beliau terciptalah Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia.

Buku Kode C berisi 10.000 kata termasuk tanda baca, awalan, serta akhiran dan penamaan serta bentuk lain yang dijumpai dalam teks berita. Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia ditulis sebagai acuan dalam membaca sandi-sandi yang terdapat dalam informasi yang dikirimkan pada waktu itu. Buku Kode C sendiri akhirnya dibuat sebanyak 6 eksemplar yang digunakan sebagai standar acuan dalam pembuatan dan pembacaan sandi yang dibuat pada waktu itu. Itulah sekilas cerita sejarah mengenai Buku Kode C Buku Sandi Pertama di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan akhir kata, Dirgahayu Indonesiaku yang ke-71. Merdeka !!!

Tuesday, 16 August 2016

Harimau Selamatkan Nyawa Manusia

Harimau Selamatkan Nyawa Manusia
Harimau Selamatkan Nyawa Manusia
Kita sering atau lazim mendengar atau melihat hewan lain menyelamatkan nyawa manusia yang umumnya atau sering kita ketahui adalah lumba-lumba. Namun kali ini ada sesuatu yang tidak biasa terjadi atau bahkan belum pernah kita dengar. Harimau selamatkan nyama manusia.

Di suatu kebun binatang di Mexico City, Meksiko, seorang petugas kebun binatang yang bernama Eduardo Serio sedang asyik bercengkerama dengan sekumpula singa putih yang dirawatnya. Akan tetapi, tanpa dia sadari ada seekor macan tutul yang sedang mengintai di belakangnya. Di kejauhan tampak bahwa hewan tersebut mondar-mandir dan tak lama kemudian tampak mengarahkan dirnya menuju ke arah Serio yang masih asyik bercengkerama. Sekonyong-konyong hewan tersebut berlari kencang ke arah sang petugas kebun binatang. Beruntungnya di belakang sang petugas juga terdapat seekor harimau yang sedang duduk santai. Dengan sigap harimau yang bernama Aztlan tersebut menyergap si macan tutul yang dikenal dengan nama Dharma.

Sergapan sang harimau membuat macan tutul terjatuh ke tanah dan akhirnya kedua hewan tersebut sempat bergulat sejenak sebelum akhirnya sang macan tutul mengakui keunggulan si harimau. Dengan sergapan itu pula, selamatlah nyama Eduardo Serio. Harus diakui pula bahwa Serio cukup beruntung karena sang harimau berada disana sehingga barangkali utnuk pertama kalinya ada Harimau Selamatkan Nyawa Manusia. Sekian dan semoga bermanfaat.

Arcandra Tahar, Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat.

Arcandra Tahar Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat
Arcandra Tahar Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat
Beberapa hari ini banyak berita heboh mengenai sesosok menteri yang baru saja beberapa hari diangkat oleh Presiden Jokowi. Sosok menteri yang secara usia masih tergolong muda ini membuat kehebohan di berbagai situs berita maupun media sosial. Siapakah dia dan ada apakah gerangan ? Mari kita coba lihat melalui tulisan ini.

Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2016 mengangkat sejumlah orang atau tokoh untuk menduduki sejumlah posisi dalam kementerian pada kabinet yang beliau pimpin. Salah satunya adalah Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). Arcandra Tahar dipilih untuk menggantikan Menteri ESDM lama Sudirman Said. Kemunculan tokoh ini sebagai menteri baru tergolong cukup mengejutkan karena ternyata tidak banyak yang mengenalnya dan sosok ini sudah lama sekali tidak tinggal serta menetap di Indonesia. Tokoh kelahiran Padang 10 Oktober 1970 itu telah menetap serta berkarir di Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir dan ternyata baru diketahui belakangan kalau dia juga memiliki paspor Amerika Serikat yang artinya dia juga adalah warga negara Amerika Serikat.

Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri adalah seorang ahli kilang lepas pantai atau offshore yang menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering di Houston. Jabatan tersebut telah dipegangnya sejak tahun 2013. Arcandra merupakan lulusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kemudian melanjutkan kuliah S2 dan S3 di A&M University Texas Amerika jurusan Ocean Engineering. Sosok ayah dari dua anak tersebut diketahui memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan rekayasa lepas pantai. Arcandra telah bekerja di berbagai perusahaan migas baik sebagai pengembang maupun produksi seperti Spar, TLP, Compliant Tower, Buoyant Tower, dan Multi Colum Floater.

Arcandra juga diketahui memiliki tiga hak paten pada bidang pengembangan migas lepas pantai. Latar belakang serta keahlian di bidang migas itulah yang akhirnya membuat Presiden Jokowi terpukau dan akhirnya membuat Arcandra Tahar menjabat sebagai Menteri ESDM pada reshuffle jilid 2 beberapa waktu lalu. Arcandra juga merupakan sosok yang dianggap berjasa dalam upaya menarik kembali Blok Masela agar dapat dikuasai serta dikelola Indonesia.

Arcandra Tahar kembali ke Indonesia atas permintaan khusus Presiden Jokowi yang memberinya kedudukan sebagai Menteri ESDM. Diharapkan kehadirannya kembali di Indonesia mampu membantu membenahi sektor energi di negeri ini. Namun apa daya, dikarenakan berbagai terpaan isu seputar kewarganegaraan ganda yang dimilikinya, akhirnya Arcandra Tahar resmi dilengserkan oleh Presiden Joko Widodo dari posisi Menteri ESDM. Dan resmi pula Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri dengan masa jabatan tersingkat yang pernah ada di negeri ini. Posisinya untuk sementara ditempati oleh Luhur Binsar Panjaitan sebagai pejabat menteri sampai menteri baru terpilih.

Itulah sekilas mengenai sosok Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri. Masa jabatan yang sangat singkat yang membuatnya belum sempat memberikan dampak berarti melalui jabatan yang diembannya. Semoga bermanfaat.

Monday, 15 August 2016

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Ignition Phase

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Tulisan ini merupakan bagian dari tugas atau kewajiban yang harus saya tuntaskan berkaitan dengan keikutsertaan saya dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Sebelum saya membahas atau menjelaskan lebih lanjut mengenai tahap awal atau pertama dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, ada baiknya apabila kita semua mengenal lebih dekat terlebih dahulu mengenai gerakan tersebut.

Perlu kita ketahui bersama, di Indonesia terdapat sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna telepon pintar (smart phone). Namun sayangnya, banyaknya pengguna internet dan smart phone tersebut belum diimbangi dengan banyaknya produk-produk digital asli karya anak bangsa Indonesia. Padahal jika kita bisa memanfaatkan dengan baik, kondisi atau fakta tersebut dapat menjadi modal besar bagi negara kita Indonesia untuk dapat mengembangkan e-commerce maupun bisnis aplikasi teknologi digital di tanah air. Banyak kalangan juga memprediksi bahwa dalam beberapa tahun ke depan besaran bisnis e-commerce dan digital di Indonesia dapat mencapai angka 130 Miliar Dollar dengan pertumbuhan rata-rata setiap tahun di angka 50 persen. Besar sekali bukan ?

Pada pertengahan bulan Februari 2016, Presiden Jokowi telah mencanangkan untuk menjadikan Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia” di Silicon Valley Amerika Serikat. Untuk mendukung visi tersebut, pemerintah khususnya melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan KIBAR membentuk suatu gerakan yang bernama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi negara kita. Gerakan tersebut ditargetkan dapat menciptakan 1000 perusahaan digital baru di tanah air dengan total valuasi bisnis 10 Miliar Dollar pada tahun 2020. Target yang tentu saja tidak mudah untuk diwujudkan. Perlu tercipta rangkaian gerak yang runut, tertata, serta jelas tujuan serta manfaatnya agar 1000 perusahaan rintisan digital dapat benar-benar terwujud dan terbentuk pada waktu yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung visi tersebut, KIBAR selaku inisiator dan pelaksana utama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada tahun 2016 ini telah memulai roadshow serta pendaftaran kandidat atau calon dari perusahaan rintisan digital di 10 kota dengan infrastruktur serta fondasi digital yang sudah berakar secara kuat. Salah satu kota yang dikunjungi oleh gerakan ini adalah kota Surabaya. Sekitar dua minggu lalu digelar suatu acara roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya di suatu lokasi di Surabaya Barat dengan jumlah peserta mencapai ratusan yang dijaring dan diseleksi melalui pendaftaran secara online.

Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama

Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama
Leicester City Juara Premier League 2015/2016.
Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama
Masih belum terlalu lama berlalu dan barangkali masih teringat jelas dalam benak serta ingatan kita semua bagaimana kiprah Leicester City di Premier League Musim 2015/2016 yang begitu fenomenal. Mereka yang pada musim 2014/2015 hampir saja terdegradasi dan pada musim 2015/2016 hanya mencanangkan target untuk meraih minimal 40 poin agar terhindar dari degradasi, akan tetapi secara luar biasa dan mengejutkan mereka mampu tampil brilian serta konsisten di sepanjang musim yang pada akhirnya membawa mereka untuk pertama kali dalam sejarah mereka sebagai Juara Premier League Inggris. Kejutan Leicester City pada Premier League musim 2015/2016 benar-benar luar biasa dan bahkan mungkin tidak pernah ada atau jarang sekali pihak yang memprediksikan kalau mereka mampu juara. Namun ternyata mereka mampu menjadi juara.
Hari ini, setelah sering mengamati beberapa data dan fakta baik di olahraga sepak bola maupun bidang lain, saya menyadari bahwa dalam segala hal selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama. Bukan untuk menjadi yang pertama, melainkan untuk terjadi pertama kalinya. Contoh pada pertemuan dua tim pada sebuah pertandingan sepak bola, fakta atau sejarah yang ada mencatat bahwa salah satu tim belum pernah menang atas tim lainnya. Namun apakah akan selalu demikian ? Apakah pada pertandingan tersebut hasil akan memihak tim yang lebih unggul secara sejarah atau statistik ? Ternyata yang terjadi tidak selalu demikian. Tim yang belum pernah menang atas tim lainnya bisa saja menjadi pemenang pada laga tersebut. Bisa juga tim yang selalu menang atas tim lawannya justru untuk pertama kalinya gagal menang atau dengan kata lain pertandingan dapat berakhir imbang. Dari situ kemudian saya teringat bahwa saat kedua tim tersebut pertama kali bertemu dan ada salah satu diantaranya yang menang, bukankah saat itu juga ada yang pertama kalinya mencetak atau mencatatkan sejarah sebagai pemenang pada pertemuan kedua tim.

Hal yang sama dengan contoh kasus di atas juga bisa terjadi pada semua bidang lain dalam kehidupan. Selalu akan ada peluang untuk sesuatu terjadi untuk pertama kalinya. Sejarah boleh mengatakan bahwa sesuatu tidak akan dapat terjadi karena fakta yang ada sebelumnya menunjukkan kalau hal itu memang tidak akan mungkin terjadi, namun selalu ingat bahwa sebelum sederetan fakta atau sejarah itu ada, bukankah ada sejarah paling awal yang terbentuk. Selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama di dalam segala hal. Hanya saja agar kesempatan yang pertama itu datang dan muncul memang harus diperjuangkan dengan penuh kesungguhan dan tidak terlalu takut atau terfokus pada sejarah atau fakta yang sudah ada sebelumnya, sebab memang selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama.

Tickerbar

KumpulBlogger