Sunday, 5 June 2016

Cara Sederhana Mengatur Uang Ala Miliarder

Ilustrasi Pengelolaan Keuangan
Ilustrasi Pengelolaan Keuangan (sumber gambar: www.google.com)
Saya yakin sebagian besar orang ingin jadi miliarder, namun untuk sampai kesana tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan, upaya, kerja keras, dan kegigihan. Namun ternyata itu semua juga masih belum cukup, kita juga membutuhkan pola pikir yang terarah untuk meraih sukses, kekayaan, dan kelimpahan uang seperti yang kita inginkan. Orang-orang yang kini telah menjadi miliarder dulu juga menginginkan hal yang sama. Selain itu mereka yang kini telah bergelimang harta juga merupakan orang yang sangat berhati-hati dalam mengeluarkan maupun menggunakan uangnya.

Para miliarder dunia seperti Bill Gates, Warren Buffett, Carlos Slim Helu, dkk. meyakini  bahwa cara terbaik mempertahankan kekayaan adalah kemampuan yang baik dalam menabung dan menginvestasikannya kembali. Uang memang selalu berpihak pada mereka yang bertalenta kuat serta mau bekerja keras. Namun ternyata para miliarder dunia juga memiliki cara lain untuk mengatur keuangannya serta menumbuhkan kekayaan yang mereka miliki. Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang mungkin dapat ditiru untuk menjadikan diri kita semakin kaya dari waktu ke waktu.

Bayangkan Anda Jadi Orang Kaya
Tony Robbins seorang miliarder yang berhasil mengumpulkan harta hingga USD 480 Juta mengatakan bahwa kesuksesannya secara finansial adalah karena dirinya hanya melihat satu tujuan di depan matanya. Ketika dia masih muda, dia selalu menggunakan uang yang dimilikinya dengan target menjadi orang kaya. Hal itu membuat dia mengelola uang dengan lebih baik dan berani mengambil resiko untuk meningkatkan bisnis yang dimilikinya.

Jangan Buang-Buang Uang Anda
Gunakan uang Anda hanya untuk hal-hal yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan habiskan uang hanya untuk menikmati hidup sementara. Tony Robbins pernah berhenti makan malam selama seminggu dengan tujuan menghemat uang sebesar USD 2.000 per tahun. Saya sendiri masih belum berhasil untuk urusan satu ini dan masih perlu banyak belajar.

Pandai Memilah
Orang terkaya dunia saat ini, Bill Gates, selalu membandingkan berbagai pilihan sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uangnya. Menurut dia hal ini merupakan kemampuan penting dalam mengelola uang. Sebelum melakukan pembelian, carilah barang yang paling efektif dan efisien untuk anggaran Anda.

Demikian sederhana dan ringkas mengenai cara mengatur keuangan pribadi kita dan semoga semua tips yang ada dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih kaya. Begitu pula untuk saya. Semoga bermanfaat.

Tickerbar