Tuesday, 17 November 2015

Oscar dos Santos Emboaba Junior: Sang Gelandang Serang Mungil Chelsea

Oscar diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea.
Satu tulisan lagi mengenai seorang pesepakbola hebat (menurut saya) dan seorang pemain Chelsea. Saya memang salah satu pendukung Chelsea, namun saya bukan tipe pendukung yang fanatik terhadap suatu klub tertentu. Sebab, saya selalu terinspirasi oleh tim-tim atau klub-klub besar maupun kecil yang bisa memberikan penampilan atau performa yang melebihi kondisi atau kemampuannya yang seharusnya. Namun kali ini memang nama Oscar lah yang terpikir untuk saya buat tulisan.
Oscar dos Santos Emboaba Junior
Oscar dos Santos Emboaba Junior
Oscar dos Santos Emboaba Junior atau yang lebih dikenal sebagai Oscar merupakans seorang pesepakbola profesional kelahiran Sao Paulo, Brazil, tanggal 9 September 1991. Pemain berumur 24 tahun tersebut kini bermain untuk klub Premier League Inggris Chelsea dan juga tim nasional Brazil. Posisi utama yang biasa ditempatinya adalah gelandang serang atau gelandang tengah, namun apabila dibutuhkan Oscar juga dapat bermain sebagai gelandang sayap. Oscar memulai karier sepak bola di akademi sepak bola UniĆ£o Barbarense, kemudian bergabung ke akademi sepak bola Sao Paulo hingga berhasil masuk tim utama. Pada tahun 2009, karena melihat dan merasakan adanya kejanggalan pada kontraknya, Oscar dan perwakilannya kemudian mengajukan perkara ke pengadilan. Agen Oscar mengklaim bahwa klub belum membayar gaji Oscar sesuai dengan perjanjian. Akibatnya, perwakilan Oscar berpendapat bahwa perjanjian kontrak tersebut telah secara otomatis batal demi hukum sehingga Oscar dapat bebas pindah ke klub manapun yang diinginkan. Namun Sao Paulo tetap ngotot bahwa Oscar masih merupakan pemain mereka dan mengajukan banding hukum yang melarang Oscar bermain untuk Internacional di ajang Copa Libertadores.
Oscar dos Santos Emboaba Junior: Sang Gelandang Serang Mungil Chelsea
Pada tahun 2010, Oscar memutuskan berpindah klub dan bergabung ke Internacional setelah sebelumnya sempat mengalami permasalahan terkait kontrak dengan Sao Paulo. Perselisihan yang telah ada sejak tahun 2009 tersebut akhirnya dapat diselesaikan antara Sao Paulo dengan Internacional pada 30 Mei 2012. Oscar bermain untuk Internacional selama dua tahun, sebelum akhirnya pindah ke klub Premier League Inggris, Chelsea pada tahun 2012.
Pada 16 Juli 2012, Chelsea dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan Internacional terkait biaya transfer Oscar. Pada 21 Juli 2012, Oscar menyatakan telah menjalani pemeriksaan medis dengan Chelsea, tetapi masih menunggu hingga berakhirnya Olimpiade London 2012 untuk menentukan nasibnya. Namun, pada 25 Juli 2012, sebelum Olimpiade berlangsung, Chelsea telah mengumumkan melalui situs resminya bahwa seluruh proses terkait transfer Oscar telah rampung. Biaya transfer dilaporkan sebesar £25 Juta (25 Juta Poundsterling) untuk kontrak selama 5 tahun.

Tickerbar