Saturday, 4 December 2010

Bagaimana Struktur DNA Bakteri Arsenik?

Pengetahuan yang terdapat pada informasi di bawah ini termasuk salah satu pengetahuan yang menarik perhatian saya. Semoga bermanfaat.
 
Pada bulan April 1953, James Dewey Watson dan Francis Harry Compton Crick mempublikasikan salah satu temuan paling berharga di abad XX. Mereka mendeskripsikan tentang struktur DNA yang dikatakan sebagai double helix.

Penemuan itu membimbing ilmuwan lain untuk mendeskripsikan mekanisme repilkasi DNA, dan bagaimana informasi genetik diturunkan. Penemuan itu juga menjadikan keduanya sebagai pemenang Nobel Kedokteran pada tahun 1962.

Struktur DNA dalam pandangan Watson dan Crick bisa dikatakan seperti dua lembar pita. Dalam untaian pita itu, terdapat molekul-molekul gula deoksi-ribosa yang terikat satu sama lain dengan ikatan fosfat.

Di antara dua pita DNA, juga terdapat basa nitrogen yang saling berpasang-pasangan, terikat dengan ikatan hidrogen. Basa nitrogen Sitosin berpasangan dengan Guanin, sementara Adenin berpasangan dengan Timin.

Selama bertahun-tahun, struktur seperti yang dideskripsikan Watson dan Crick dipercaya sebagai satu-satunya struktur DNA yang mendukung kehidupan, hingga akhirnya para ilmuwan menemukan bakteri arsenik. Maka, munculah struktur lain sebagai alternatif.

English Is A Must !


English is a must !, begitulah kata-kata yang pernah saya jadikan status di akun Facebook saya beberapa waktu yang lalu. Kata-kata tersebut artinya adalah Bahasa Inggris adalah suatu keharusan ! Saya mengungkapkan hal tersebut dengan didasari suatu kenyataan bahwa kondisi saat ini menunjukkan semakin mengglobalnya persaingan antar tiap individu maupun organisasi atau perusahaan.
Dengan semakin canggihnya teknologi komputer dan komunikasi, seolah dunia sudah menjadi tidak berbatas lagi. Jarak antar wilayah satu dengan wilayah lain seolah-olah tidak ada, sebab setiap orang yang berada di wilayah yang berbeda dapat saling terhubung setiap saat tanpa peduli jarak yang memisahkan mereka. Hal ini juga berlaku untuk jarak antar setiap negara yang ada di dunia ini. Setiap negara memang memiliki batas-batas wilayah yang memisahkan setiap negara, namun batas ini hanya berlaku di dunia fisik atau nyata, hal tersebut seolah tidak berlaku lagi di Internet yang mampu menghubungkan setiap orang dari negara yang berbeda seoalah-olah mereka berada di satu negara yang sama.

Phillips Teliti Cahaya Biru Pencegah Kantuk

ADA teknologi baru yang bisa membangunkan siswa mengantuk dan menambah konsentrasi mereka yakni dengan paparan cahaya biru.

Waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB sore hari, Roni, 16, yang tengah berada di dalam kelas mulai merasa bosan dengan celotehan guru kimianya. Rasa kantuk pun mulai mendera, terlebih dengan semilir angin yang masuk menyusup dari jendela ruang kelas itu.

Namun, rasa kantuknya pun hilang dalam sekejap ketika tiba-tiba ia mendengar namanya dipanggil dengan keras. Ternyata si guru tak tahan melihat kelakuan Roni dan siswa kelas dua SMA itu pun terpaksa berdiri di depan kelas hingga pelajaran usai.

Hal yang dialami Roni tentu juga dialami banyak siswa lain. Selain menganggu, rasa kantuk tentunya akan mengurangi tingkat konsentrasi siswa saat memerhatikan pelajaran.

Uji coba
Teknologi yang disponsori oleh Phillips ini memberikan empat warna cahaya. Setiap warnanya memiliki khasiat tersendiri bagi para murid. Sistem ini telah diujicobakan di sekolah menengah atas Epsom dan Ewell High Inggris, menurut laporan The Daily Mail.

JANGAN TUNGGU SAYA !


Tulisan kali ini sepertinya akan menjadi tulisan paling singkat yang pernah saya buat dan posting di blog saya ini. Semoga saja tulisan ini benar-benar singkat, sebab sejauh pengalaman saya dalam menciptakan tulisan, saya hanya mengawalinya dari gagasan sepanjang satu kalimat namun saat prosesnya sudah mulai berjalan, saya mampu memperluas kalimat tersebut menjadi berparagraf-paragraf tulisan.
Tulisan kali ini saya tujukan untuk memicu motivasi atau semangat saya sendiri dan juga rekan-rekan saya. Saya akan dorong diri saya sekaligus mendorong seluruh rekan-rekan saya. Berikut ini isinya.
Hai kawan-kawanku semuanya, berlarilah dengan kecepatan secepat yang kalian miliki, jangan pernah mencoba menunggu saya, biarlah saya juga berlari menyusul kalian dengan menggunakan kecepatan secepat yang saya miliki, sebab saya percaya suatu saat kita semua akan berada di posisi yang setara di puncak dari segala puncak. Selama kalian semua tetap terus berlari, kita semua akan tetap terus bersama-sama di puncak itu.

Friday, 3 December 2010

Idola Adalah Pesaing Kita

Saya tanpa sengaja menemukan artikel bagus ini saat sedang melakukan penelitian sederhana untuk proyek saya. Artikel ini memang ditulis oleh seorang remaja dan ditujukan untuk para remaja, tapi saya rasa artikel ini juga dapat berguna untuk mereka yang sudah dewasa sekalipun. Selamat membaca.

Melihat perilaku remaja belakangan ini - di kota maupun daerah - tampak nyata bahwa mereka adalah kelompok yang memiliki karakter spesial. Cara mereka dandan, bersikap, komunikasi, bahkan gaya hidup, sebagian besar remaja seperti tak jauh dari tipikal idola yang memenuhi obsesi mereka. Masalahnya, perilaku remaja yang cenderung "mbebekisme" ini aman atau tidak bagi eksistensinya? Bagaimana pula seharusnya remaja menempatkan idola ini dalam kerangka obsesinya?

Secara umum, idola sering dikenal sebagai sosok yang dikagumi, yang dianggap hebat, yang dalam skala tertentu bisa "memperkosa" inspirasi seseorang untuk menjadi sama dengan tokoh yang diidolakan. Seorang remaja misalnya, dia mengidolakan Harry Potter, karena menganggap tokoh Harry Potter sebagai hero pembasmi kejahatan dengan cara magisnya yang unik. Dia terkagum - kagum, dia terpaku dengan sosok Harry Potter, yang pada ujung - ujungnya bisa jadi dia meniru Harry Potter lengkap dengan gaya dan atributnya.

Anti Trust

Sudah sangat lama saya tidak pernah menulis atau membahas tentang film di tulisan yang saya posting di blog ini. Hari ini, saya memutuskan untuk membuat suatu tulisan mengenai suatu film yang baru saja saya tonton kemarin. Satu diantara banyak film yang berada di daftar antrian film-film yang ingin saya tonton.
Anti Trust begitu judul film tersebut. Film ini sebenarnya bukanlah film baru, sebab film ini sudah beredar sejak tahun 2001 lalu, namun saya baru menemukan judul film tersebut tiga hari yang lalu melalui sebuah website tentang dunia komputer, khususnya keamanan komputer dan hacking. Film tersebut secara garis besar bercerita tentang dunia pemrograman komputer serta bisnis terkait dengan perangkat lunak komputer. Dalam film tersebut diceritakan persaingan antara para programmer komputer independen dengan perusahaan-perusahaan teknologi papan atas yang juga mengembangkan software-software komputer untuk dipasarkan secara komersial. Para programmer komputer independen memiliki gagasan bahwa kode program itu harus terbuka dan dapat diketahui serta dipergunakan dengan bebas oleh semua orang. Mereka berpendapat bahwa ilmu pengetahuan itu dikembangkan oleh orang banyak, maka juga harus dikembalikan untuk pemakaian bagi banyak orang. Gagasan atau pendapat yang sebaliknya diusung oleh para perusahaan teknologi papan atas. Mereka berpendapat bahwa setiap program atau perangkat lunak yang dibuat itu merupakan suatu karya intelektual seseorang, jadi setiap pembuat program berhak untuk memperoleh uang atau hasil dari setiap karya yang mereka buat.

Thursday, 2 December 2010

Jatuh Untuk Bangkit


Dalam setiap langkah di perjalanan hidup kita, ada kalanya kita pernah terjatuh. Ada suatu masa di dalam hidup kita dimana kita tidak selalu berada di atas, dimana kita tidak selalu meraih yang terbaik, dimana kita tidak selalu berhasil, itulah dinamika kehidupan. Namun ketika kita mengalami itu semua, kita tidak cuma boleh berdiam diri saja disana, di dalam kejatuhan kita, kegagalan kita, keterpurukan kita, kita harus bangkit.
Saya sendiri sempat merasakan kejatuhan tersebut dalam kehidupan pribadi saya. Saya yang biasanya dikenal sebagai orang dengan kinerja yang baik dalam setiap pekerjaan atau tanggung jawab apapun yang diberikan, beberapa waktu yang lalu sempat menurun. Namun, akhirnya saya sadar bahwa saya tidak boleh terus-menerus berada pada kondisi atau situasi tersebut, saya harus segera bangkit. Untuk membantu diri saya sendiri agar dapat segera bangkit, saya kumpulkan seluruh energi saya, saya kumpulkan kembali serpihan-serpihan semangat, ketekunan, serta kegigihan saya, saya mencari seluruh sumber bacaan yang bagus untuk membantu saya kembali ke kondisi terbaik saya. Selain itu, saya juga membiasakan diri saya untuk terus beraktivitas dan mulai kembali bergerak mengerjakan sesuatu yang saya mulai dari hal-hal yang kecil atau sepele.

Wednesday, 1 December 2010

Jutaan Mobil Bakal Ber-Bluetooth

Kepolisian Lalu Lintas tak segan menilang pengemudi mobil yang ketahuan sedang bertelepon genggam saat menyetir. Aturan ini sebenarnya juga sudah berlaku di banyak negara. Bahkan sekalipun menggunakan perangkat Bluetooth.
Meski demikian perusahaan mobil tetap menyiapkan perangkat ini untuk kebutuhan berhalo-halo tersebut. Lembaga riset IMS menyebutkan bahwa di tahun 2009 saja sebanyak sembilan juta mobil sudah dilengkapi Bluetooth. Bahkan diperkirakan pada tahun 2017, jumlah mobil ber-Bluetooth akan meningkat dan mencapai 25 juta unit.
Di sisi lain, tampaknya perusahaan mobil tak puas hanya memasang sebuah Bluetooth untuk keperluan komunikasi semata. Padahal ada permintaan konsumen untuk memanfaatkan Bluetooth sebagai media untuk men-streaming audio dengan kapabilitas A2DP (Advanced Audio Distribution Profile). Namun jika dibandingkan dengan permintaan untuk kebutuhan telepon memang belum terlalu banyak.

Alam Semesta Sudah Ada Sebelum Big Bang

Gambar supernova 1987A yang direkam Hubble.
Kebanyakan ilmuwan percaya bahwa alam semesta tercipta lewat proses Big Bang yang terjadi pada 13,7 miliar tahun yang lalu. Bintang dan galaksi tercipta lebih kurang 300 tahun setelah Big Bang. Sementara itu, Matahari tercipta 3,7 miliar tahun yang lalu.

Namun, Profesor Roger Penrose dari Oxford University dan Professor Vahe Gurzadyan dari Yerevan State University di Armenia memiliki pendapat lain. Mereka berpendapat bahwa alam semesta sudah ada sebelum peristiwa Big Bang.

Mereka mengatakan, alam semesta sebenarnya tercipta lewat proses yang disebut siklus aeon, yang berarti masa atau kehidupan. Dalam siklus tersebut, terjadi peristiwa-peristiwa alam yang akan berujung pada berakhirnya sebuah aeon dan dimulainya aeon baru.

Pendapat tersebut dilontarkan setelah kedua ilmuwan melihat citra yang ditampilkan Wilkinson Microwave Anisotophy Probe di CMB. Para ilmuwan menemukan 12 contoh lingkaran konsentris yang memiliki lima "cincin" yang bisa menjadi petunjuk adanya lima peristiwa masif dalam sejarah.

Sunday, 28 November 2010

Kobra, Motor Yang Bisa Beradaptasi dengan Pengendara

Tenaga listrik dinilai sebagai tenaga masa depan bagi kendaraan. Belum banyak motor yang mengaplikasi teknologi listrik di dapur pacunya, tapi MotoCzysz Kobra ini adalah sebuah pengecualian.

Sebab motor yang dirancang oleh Cristiano Giuggioli ini selain menawarkantampang yang enak dipandang ternyata juga memiliki banyak keunggulan dari sektor teknologi dan diklaim menyediakan semua yang dibutuhkan oleh pengendaranya.

Lihat saja fitur ergonomic form yang ada pada suspensi MotoCzysz Kobra. Dengan fitur ini suspensi secara otomatis akan menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan pengendaranya baik dalam hal berat badan maupun tinggi badannya. Ini artinya motor bisa disesuaikan untuk kebutuhan touring, sport maupun motor perkotaan.

Lamborghini Gallardo Bicolore Special Edition Hanya 250 Unit

Produsen mobil Italia, Lamborghini sudah sangat berhasil menghadirkan mobil super cepat ke dunia. Dari versi Lamborghini Gallardo SE, Nera, Gallardo Spyder, Superleggera, LP 560-4 dan masih beberapa tipe lagi yang kemampuannya patut diacungi jempol.

Namun sepertinya produsen supercar itu tidak cukup puas dan terus berkarya untuk memuaskan pecinta mobil sport. Salah satunya dengan menghadirkan Lamborghini Gallardo Bicolore Special Edition.

Supercar edisi spesial itu seperti dilansir Autoevolution, Sabtu (27/11/2010) akan melucur ke pasar otomotif pada 2011. Debut awal Lamborghini Gallardo Bicolore direncanakan pada Detroit Auto Show Januari 2011. Dan kemudian mulai dipasarkan pada Februari 2011.

Saking spesialnya, mobil tersebut hanya tersedia 250 unit saja di dunia. Gallardo Bicolore Special Edition akan mengadopsi basis supercar Lamborghini LP 560-4 termasuk mesinnya.

Tangkal Pemalsuan, Paspor Ditanamkan Chip

Ilustrasi Paspor
Banyak cara dilakukan untuk menghadang peredaran paspor palsu. Salah satunya adalah dengan mengandalkan chip yang bakal ditanamkan di dokumen untuk lintas negara tersebut.

Cara inovatif ini sendiri bakal segera diimplementasikan di China. Juru Bicara Menteri Luar Negeri China, Huang Ping mengatakan, langkah ini bakal menempatkan China sebagai pionir dalam menghadirkan dokumen perjalanan di masa depan.

Chip di dalam paspor tersebut nantinya bakal menyimpan data-data personal dari si pemilik. Seperti nama, nomor identitas, tempat paspor itu dibuat, status kewarganegaraan dan lainnya.

Sebagai langkah awal, paspor ber-chip ini akan dijajal dulu untuk karyawan pemerintahan. Harapannya, mereka akan dipermudah ketika tengah menjalani tugas lintas negara.

Dikutip detikINET dari Tg Daily, Minggu (28/11/2010), dokumen perjalanan generasi baru di China ini nantinya bakal dicetak oleh Shanghai Banknote dan Shanghai Mite. (sumber: www.detik.com).

"Telur Ceplok" yang Bisa Berenang

Ubur-ubur Mediterania yang baru dilahirkan di penangkaran ini mirip telur ceplok.
Jangan sampai mengira bahwa gambar di atas adalah telur ceplok yang bisa dijadikan santapan bersama nasi goreng. Gambar di atas adalah spesies ubur-ubur yang baru saja dilahirkan di penangkaran.

Fotografer Torben Webber buru-buru mengambil kamera dan berhasil memotretnya ketika mengetahui makhluk unik ini dilahirkan. Secara alami, ubur-ubur tersebut hidup di wilayah perairan Mediterania. Mereka membutuhkan sinar matahari dalam jumlah besar untuk bertahan hidup.

Hewan ini ditangkarkan Kebun Binatang Basel di Swiss, padahal sebenarnya spesies ini sangat sulit untuk berkembangbiak. Salah seorang staf mengatakan, "Berkembangbiak benar-benar merupakan tantangan bagi spesies ini. Mereka hanya ditemukan di wilayah lepas pantai yang jauh dan transportasi menuju kesana tergolong sulit."

Lindungi Otak dengan Kopi

Ternyata, kopi tidak selamanya buruk untuk tubuh. Penelitian mengenai dampak kopi bagi kesehatan sudah cukup banyak. Yang terbaru menyebutkan, kopi bisa melindungi otak Anda dari risiko kanker.

Manfaat kopi yang luar biasa itu terungkap setelah para peneliti mengikuti kesehatan 500.000 orang Eropa selama delapan tahun. Mereka yang minum satu setengah cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena kanker otak 34 persen lebih rendah.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kopi sebenarnya kaya akan antioksidan. Seperti diketahui, sudah banyak fakta-fakta yang menunjukkan manfaat antioksidan untuk pencegahan penyakit.

Tickerbar