Tuesday, 13 June 2017

Apakah Human Papilloma Virus Itu ?

Apakah Human Papilloma Virus Itu ?
Apakah Human Papilloma Virus Itu ? Ilustrasi human papilloma virus
(sumber: www.google.com)
Belum lama ini salah satu artis dan penyanyi dangdut terkenal di negeri ini, Julia Perez, meninggal dunia akibat penyakit kanker serviks stadium empat yang sudah dideritanya sejak sekitar tahun 2014. Saya juga telah membahas mengenai penyakit tersebut pada tulisan saya sebelum ini Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita. Penyakit kanker serviks pada wanita disebabkan oleh suatu virus yang bernama human papilloma virus (HPV). Apakah human papilloma virus itu ? Tulisan kali ini akan berbagi sedikit informasi yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat.

Human papilloma virus atau HPV merupakan jenis virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh. Virus ini dapat tumbuh di berbagai permukaan kulit dan memiliki lebih dari 100 varian. Diketahui ada sekitar 60 varian HPV yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil yang biasanya menginfeksi bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, sementara sekitar 40 sisanya diketahui menjadi penyebab munculnya kutil kelamin.

HPV memang dapat menjadi penyebab penyakit kanker, khususnya kanker serviks pada wanita, tetapi tidak semua varian virus ini menjadi penyebab kanker. Terdapat beberapa varian HPV yang berbahaya, seperti HPV 16 dan 18, yang diketahui merupakan penyebab penyakit kanker serviks pada wanita. WHO (World Health Organization) memperkirakan 70 persen dari penyakit kanker serviks pada wanita disebabkan oleh kedua varian HPV tersebut.

Untungnya, saat ini telah tersedia vaksin HPV yang telah terdistribusi ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Vaksin jenis bivalen dan kuadrivalen tersebut telah terbukti secara efektif mencegah infeksi HPV, termasuk mencegah terjadinya penyakit kanker serviks pada wanita. Oleh karena itu, vaksinasi HPV sangat disarankan untuk kelompok wanita usia remaja terutama usia 9-14 tahun.

Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita

Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita
Penyakit Kanker Serviks Pada Wanita
Belum lama ini, dua artis ternama di negeri ini meninggal dunia karena penyakit kanker. Salah satu penyakit kanker yang menyebabkan meninggalnya salah satu artis tersebut adalah penyakit kanker serviks yang diderita oleh artis dan sekaligus penyanyi dangdut Julia Perez. Julia Perez diketahui meninggal akibat penyakit kanker serviks stadium empat yang diderita sejak sekitar tahun 2014 dan semakin parah menjelang akhir tahun 2016 yang lalu sehingga membuat dia harus terbaring selama hampir lima bulan di rumah sakit.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai penyakit kanker serviks pada wanita. Tulisan ini hanya bersifat informasi yang saya sarikan dari berbagai sumber dan tidak untuk menggantikan deteksi penyakit oleh dokter maupun tujuan lainnya. Semoga bermanfaat.

Penyakit kanker serviks pada wanita adalah penyakit kanker yang muncul atau menyerang leher rahim wanita. Leher rahim (serviks) merupakan jalan masuk atau pintu masuk menuju rahim dari vagina. Penyakit ini umumnya menyerang wanita yang aktif secara seksual. Namun pada dasarnya semua wanita dari berbagai usia tetap berpotensi terserang penyakit mematikan ini.

Pada tahap awal, penyakit kanker serviks pada wanita tidak memiliki gejala yang mencolok. Gejala penyakit kanker serviks pada wanita yang paling umum diketahui adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seksual, dimana pendarahan tersebut terjadi di luar masa menstruasi atau setelah menopause. Akan tetapi, tidak semua pendarahan yang terjadi juga merupakan gejala bahwa seorang wanita terserang penyakit kanker serviks. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti apa yang dialaminya. Untuk itu, jika memang gejala awal tersebut muncul, tidak ada salahnya setiap wanita menemui dokter untuk mengetahui apakah memang dia terserang penyakit kanker serviks atau bukan.

Tickerbar