Friday, 17 June 2011

Mengajar Komputer, Menarik Juga !

Saya tidak pernah terpikir atau bermimpi sekalipun bahwa saya akan mengajar komputer dan akhirnya memutuskan hal tersebut sebagai salah satu profesi yang saya jalani saat ini. Saya sendiri tidak begitu mengerti bagaimana hal tersebut bermula, namun sejauh yang saya ingat, saya pernah berkata kepada salah seorang kawan bahwa jika andai saya harus mengajar, maka saya akan lebih menyukai mengajar komputer. Saya memilih mengajar komputer karena saya berpikir bahwa dengan mengajar komputer, saya mau atau tidak akan dipaksa untuk tetap belajar hal-hal baru yang berhubungan dengan komputer. Selain itu, saya juga berpikir bahwa dengan mengajar komputer saya dapat berbagi apa yang saya ketahui dengan orang-orang lain yang belum tahu dan masih ingin tahu.
Sampai saat ini (saat tulisan ini dibuat) saya sudah hampir dua tahun mengajar, meskipun murid yang saya ajar juga belum terlalu banyak, sebab diawal menjalaninya saya kurang fokus dan tidak benar-benar serius menyisihkan waktu untuk menjalani profesi tersebut.

Thursday, 16 June 2011

Apa Saja yang Dapat Dilakukan Saat Online ?

Kita semua tahu bahwa Internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian besar manusia di bumi ini. Dapat dipastikan, setiap hari kita selalu terhubung ke Internet untuk beragam tujuan, baik sekedar browsing informasi, berkunjung ke situs social network, bermain game online, mengirim email, download file, dan sebagainya. Namun apakah hanya itu saja yang dapat kita lakukan saat online ? Ternyata tidak, masih terdapat banyak aktivitas lain yang dapat kita lakukan saat online.
Akhir-akhir ini, seperti mungkin sudah sebagian besar kita tahu, perusahaan maupun pengusaha mulai merambah dunia online. Perusahaan maupun pengusaha mulai memanfaatkan Internet sebagai salah satu media untuk memperbesar usahanya, baik hanya sekedar upaya untuk berhubungan dengan calon customer dan customer, pemasaran online, hingga benar-benar menciptakan produk yang hanya dapat diakses melalui Internet. Fenomena ini terus bertumbuh dan bertumbuh dengan semakin banyaknya perusahaan dan pengusaha yang mulai gencar menyerbu Internet untuk memperluas pasar serta memperoleh pelanggan yang lebih banyak. Fenomena tersebut juga telah menumbuhkan sejumlah peluang usaha baru, seperti situs iklan online, konsultan pemasaran online, situs pembayaran online, dan sebagainya. Intinya sekarang banyak aktivitas yang mulai dilakukan secara online.

Monday, 13 June 2011

Menghormati Tradisi, Tetapi Tidak Harus Selalu Hidup Sesuai Tradisi

Selama beberapa tahun terakhir ini, saya sering sekali menghadiri pesta pernikahan, baik pesta pernikahan keluarga maupun rekan dari orang tua saya dan juga rekan saya sendiri. Dari beberapa kali menghadiri pesta pernikahan tersebut, saya menyaksikan bahwa tradisi sangat berperan sekali dalam setiap pesta pernikahan yang saya hadiri. Saya menyaksikan apa yang saya sebut rutinitas sebuah pesta pernikahan, yang sebagian besar dipengaruhi oleh tradisi.
Saya banyak menyaksikan bahwa sebagian besar pesta pernikahan tersebut sangat dipengaruhi oleh tradisi yang dianut oleh keluarga dari kedua mempelai, meskipun saya juga pernah menemukan beberapa hal yang unik dari beberapa pesta pernikahan yang saya hadiri. Namun tetaplah sebagian besar acara dalam suatu pesta pernikahan sama antara satu pernikahan dengan pernikahan yang lain. Sekali lagi saya tegaskan, saya menghargai dan menghormati tradisi, namun saya juga telah belajar sejak awal saya masuk kuliah bahwa saya tidak harus selamanya hidup sesuai tradisi. Kita dapat tetap menghargai dan menghormati tradisi yang dianut oleh para pendahulu kita, namun kita juga dapat memilih untuk membuat sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda dibandingkan sebelumnya.

Tickerbar

KumpulBlogger