Sunday, 5 June 2016

Mari Jadi Wisatawan Yang Cerdas

Ilustrasi Wisatawan
Ilustrasi Wisatawan (sumber gambar: www.google.com)
Saya yakin, sebagian besar atau bahkan mungkin semua dari kita senang berwisata dan jalan-jalan, baik di dalam maupun luar negeri. Tujuan kita berwisata atau jalan-jalan, khususnya ketika liburan, adalah ingin bahagia. Namun kita tidak bisa begitu saja datang dan kemudian bersenang-senang di suatu tempat tanpa mempedulikan kondisi lingkungan sekitar. Kita harus bisa menjadi seorang pelancong atau wisatawan yang cerdas supaya saat nanti kita kembali ke rumah kita bisa benar-benar bahagia. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat yang disadur dari www.kompas.com.

Cari Tahu Lebih Lanjut Seputar Lokasi Tujuan Anda
Terkadang memang ada hal-hal yang terjadi di luar apa yang telah kita rencanakan. Namun tidak ada salahnya pula untuk tetap membuat perencanaan supaya kita tahu apa yang harus dilakukan di obyek wisata tujuan kita. Perencanaan yang baik juga akan turut menghemat anggaran yang dibutuhkan selama berwisata. Untuk itu dibutuhkan informasi yang memadai agar kita dapat membuat perencanaan yang baik.

Pandai Cari Alternatif
Dalam sebagian besar perjalanan wisata, selalu ada beberapa pilihan yang dapat diambil seperti pilihan transportasi yang hendak digunakan, pilihan tempat yang hendak dikunjungi, atau penawaran harga ketika berbelanja. Setiap wisatawan yang cerdas harus memanfaatkan setiap alternatif pilihan yang ada.

Selalu Waspada
Kemana pun kita bepergian, kita harus tetap selalu waspada dan berhati-hati. Wisatawan yang mampu untuk tetap waspada dan berhati-hati artinya memiliki tingkat kesadaran lingkungan yang baik. Berbaur dengan masyarakat setempat saat sedang berwisata dan berpenampilan yang tidak terlalu mencolok dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti pencurian.
Contoh Bentuk Tidak Penghargaan Terhadap Lingkungan Sekitar
Taati Peraturan dan Hargai Penduduk serta Lingkungan Sekitar
Dua hal yang sebenarnya penting ini memang cukup sering diremehkan atau luput dari perhatian para wisatawan. Beberapa contoh kurang penghargaan terhadap peraturan atau lingkungan sekitar diantaranya adalah membuang sampah sembarangan, mencorat-coret sembarangan obyek pada lokasi wisata, pakaian yang tidak sesuai dengan momen, acara, atau tempat tertentu.

Itulah beberapa hal diperhatikan agar setiap kita yang berwisata dapat menjadi seorang wisatawan yang cerdas. Jadi kita bukan hanya sekedar berwisata atau berkunjung ke suatu tempat begitu saja, melainkan juga turut memperhatikan terhadap lingkungan maupun terhadap diri kita sendiri agar semua hal dapat berjalan dengan aman, baik, lancar, dan tidak menimbulkan keresahan maupun kerugian bagi diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat.

Tickerbar