Friday, 30 April 2010

THERE’S NO BOUNDARIES, ONLY OURSELF !

Beberapa bulan yang lalu aku diberitahu oleh seorang teman mengenai salah satu judul lagu yang enak untuk didengar. Lagu tersebut mengandung makna untuk memotivasi atau menyemangati orang lain agar berani berbuat lebih dalam hidupnya. Lagu tersebut dinyanyikan oleh salah seorang kontestan American Idol, Kris Allen. Lagu tersebut berjudul No Boundaries. I very like that song !

Waktu itu aku berjanji pada teman yang memberitahu judul lagu ini bahwa aku akan membuat review secara tertulis tentang lalu tersebut dan akhirnya setelah beberapa bulan berlalu, akhirnya aku sempat juga membuatkan review secara tertulis untuk lagu tersebut. Review lagu tersebut aku buat dalam bentuk yang sedikit berbeda dibanding cara yang pernah aku pakai untuk mereview suatu lagu sebelumnya.

Setiap orang pasti ingin sukses. Setiap orang juga selalu menunggu saatnya untuk meraih kesuksesan, namun akan berapa lamakah kita terus menunggu untuk meraih sukses tersebut ? Apakah kita akan lewatkan begitu saja setiap momen dalam hidup kita dengan sia-sia, hanya untuk sekadar melakukan hal-hal yang tidak mendekatkan kita kepada impian ? Setiap momen, peristiwa, serta waktu yang ada dalam hidup kita akan terus berlalu dan akan selamanya hanya menjadi sesuatu yang sudah tertinggal kelak di masa depan jika kita tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Pertanyaannya, sudahkah setiap kita memanfaatkan setiap waktu yang ada dalam hidup dengan sebaik mungkin ? Aku sendiri merasa belum memanfaatkannya dengan maksimal.

Apakah kita akan terus menunggu hingga kesempatan itu datang ? Bagaimanakah jika ternyata selama kita menunggu tanpa kita sadari bahwa kesempatan itu telah hilang ? Mungkin saja selama perjalanan hidup kita untuk menjadi seorang bintang kehidupan, kita terkadang bisa saja salah dengan melewatkan kesempatan yang berharga dalam hidup kita. Tapi kita harus tetap punya keyakinan yang sangat tinggi dalam diri kita sendiri bahwa kita masih punya hari depan yang indah dan kita masih harus semangat untuk terus berjuang atau bertarung dalam kehidupan ini tanpa ada suatu alasan untuk menyerah atau lari dari setiap masalah yang ada dalam hidup.

Kita harus tetap melangkah, melangkah dan mendaki setiap gunung kesulitan dalam hidup. Memang, mungkin tampaknya dalam setiap tarikan nafas kita, tidak ada sesuatu yang mudah, tidak ada sesuatu yang tampaknya bisa dipercaya, tapi jika kita terus dan terus bertahan serta terus melangkah maju melalui setiap rasa sakit dan badai kehidupan, suatu saat kita pasti akan menemukan satu hal yang sangat berharga dalam hidup kita. Hal yang berharga bisa berwujud apapun, bisa berupa rasa bangga karena kita sudah berani berjuang begitu hebat melebihi apa yang seharusnya mampu kita lakukan meskipun hasil akhirnya kita tetap belum berhasil, kita bisa bangga bahwa kita sudah boleh berani menjawab tantangan yang mungkin sebagian besar orang disekeliling kita tidak berani menjawabnya, kita boleh bangga bahwa dengan perjuangan keras kita yang tanpa mengenal lelah serta dengan semangat kita yang tidak pernah padam kita dapat menginspirasi orang lain untuk juga berani berbuat lebih daripada apa yang dapat mereka lakukan.

Dalam perjuangan kita untuk meraih sesuatu yang luar biasa dalam hidup, terkadang kita pasti pernah berpikir bahwa jalan yang kita tempuh sejauh ini tampaknya tidak akan membawa kita kemana-mana atau bahkan kita mungkin berpikir bahwa kita sudah saatnya menyerah terhadap impian kita yang kelihatannya diluar jangkauan kemampuan kita meraihnya, namun justru pada saat-saat seperti itulah selalu akan ada orang-orang yang memiliki pemikiran yang begitu positif dan memiliki semangat yang luar biasa yang bersedia mendorong serta meyakinkan kita. Orang-orang yang penuh dengan semangat yang selalu berapi-api dalam hidupnya. Orang-orang yang percaya bahwa segala sesuatunya mungkin dicapai asalkan kita berjuang sesuai dengan apa yang menjadi passion atau impian kita tanpa kenal lelah. Orang-orang yang juga akan mencoba berkata kepada kita bahwa kita bisa. Orang-orang yang akan selalu mendorong dan meyakinkan kita bahwa tidak ada batas dalam hidup ini, kecuali diri kita sendiri dan impian kita.

Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menyerah. Tidak ada alasan bagi kita untuk berkata bahwa setiap impian yang kita miliki tidak mungkin untuk diraih. Kita harus tetap dan tetap berjuang sampai mencapai batas kemampuan kita dan bahkan jika perlu sampai kita sudah benar-benar mencurahkan semua yang kita punya serta kita sudah tidak mampu untuk berjuang lagi karena kehabisan tenaga. Jika kita sudah melakukan itu semua, meskipun kita masih gagal, kita boleh tetap bangga karena kita akan dikenang sebagai seseorang yang berani melampaui batas-batas dirinya sendiri.

Kita juga harus berusaha untuk tidak pernah menyerah dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan, meskipun orang-orang lain sudah menyerah. Biarkan yang ingin menyerah, menyerah. Namun kita harus tetap berjuang dan berjuang serta percaya bahwa kita mampu untuk naik lebih tinggi dan lebih tinggi lagi dalam kehidupan. Kita juga harus meyakinkan diri kita sendiri bahwa tidak ada batas apapun disekeliling kita, tidak ada batas diatas kita, dibawah kita, di kiri dan kanan kita. Ya tidak ada batas apapun yang bisa mencegah kita untuk meraih impian kita. Kita harus berusaha mematahkan setiap aturan-aturan yang ada yang selalu mengatakan bahwa kita tidak akan pernah berhasil, sebab kita tahu dengan pasti bahwa tidak ada batas antara diri kita dan impian kita. Yeah, there’s no boundaries ! There are no boundaries !

Tuesday, 27 April 2010

PELAJARAN #1 DARI PEKAN KAMPUS 2009: DELEGATES YOUR JOBS


Pelajaran pertama yang kudapat dari Pekan Kampus 2009, bagaimana cara untuk mendelegasikan tugas. Sungguh ini pelajaran yang berharga serta penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang memiliki posisi manajerial atau kepemimpinan. Mendelegasikan itu penting untuk dipelajari oleh setiap orang yang menduduki posisi tersebut, sebab itulah gunanya memiliki partner yang bekerja bersama kita.

Mendelegasikan tugas juga penting agar setiap manajer atau pemimpin tidak sibuk sendiri mengerjakan semua tugas atau pekerjaan. Tugas seorang manajer atau pemimpin hanyalah mengarahkan atau membimbing setiap orang-orangnya bukan untuk mengerjakan semuanya sendiri. Jika seorang manajer atau pemimpin sibuk mengerjakan sendiri sebagian besar tugas-tugas atau pekerjaan-pekerjaan yang ada, untuk ada dia memiliki partner atau orang-orang yang bekerja bersama dia. Pelajaran sederhana namun bermakna itu, yang ternyata justru merupakan pelajaran yang kurang aku pelajari selama persiapan menjadi seorang Ketua Pekan Kampus 2009. Aku lebih banyak belajar tentang prinsip-prinsip kepemimpinan, tapi kurang belajar mengenai cara membagi tugas atau pekerjaan dengan orang-orangku. Beruntung aku memiliki leader diatasku serta beberapa partner yang mengingatkanku mengenai hal ini, sehingga aku dapat memperoleh suatu pelajaran baru yang berharga. Seorang manajer atau pemimpin perlu tahu pekerjaan apa yang boleh atau dapat didelegasikan serta pekerjaan apa yang tidak boleh atau tidak dapat didelegasikan ke para bawahannya. Umumnya pekerjaan yang tidak boleh didelegasikan adalah pekerjaan yang menyangkut pengambilan keputusan yang penting yang menyangkut jalannya organisasi yang mereka pimpin.

Ke depan, aku akan selalu mengingat-ingat pelajaran yang tampak sederhana namun sangat berharga ini, agar aku dapat menjadi seorang pemimpin organisasi apapun yang lebih baik. Sebab kepemimpinan adalah hal yang menarik perhatianku sekitar dua tahun terakhir, dan aku akan terus belajar agar dapat menjadi seorang pemimpin dalam bidang apapun yang lebih baik dan lebih baik dari hari ke hari. Aku harus belajar untuk mengalahkan diriku sendiri yang kemarin untuk dapat menjadi lebih baik lagi hari ini. Sekian pelajaran singkat kali ini. Jangan lupa, delegates your jobs !

Tickerbar