Wednesday, 12 November 2008

Exploring Our Talents !

Maaf-maaf semuanya kemarin saya tidak sempat membuat dan mengupload tulisan (yang pernah kunjungi blog saya di friendster mungkin tahu, alamat blognya http://peterblogs.blog.friendster.com/). Kemarin seharian sebagian besar saya habiskan untuk mengerjakan tugas kuliah saya yang memang batas waktu pengumpulannya sudah mendesak yaitu hari ini. Tugas itu tetap harus dikerjakan dengan sebaik mungkin yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikannya. Tugas itu juga bukan semata-mata masalah nilai mata kuliah saja, tetapi lebih mengarah ke tanggung jawab kita. Tanggung jawab dalam menyelesaikan apa yang telah diberikan kepada kita sebaik mungkin. Kali ini saya ingin menulis tentang mengeksplorasi talenta kita.
Setiap orang pasti memiliki suatu talenta atau bakat terpendam dalam dirinya. Talenta tersebut sudah kita miliki semenjak kita lahir dan melihat pertama kali dunia ini. Namun tidak semata-mata talenta yang kita miliki langsung begitu luar biasanya seperti sekarang, talenta-talenta tersebut tetap perlu diasah terus-menerus dari saat kita masih kecil sampai kapanpun selama kita masih hidup. Ada orang yang hanya memiliki satu talenta, ada orang yang memiliki dua talenta, ada orang yang memiliki tiga talenta, dan bahkan ada orang yang memiliki lebih banyak talenta lagi dalam dirinya. Tetapi pada dasarnya, selama kita semua masih hidup kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk dapat terus menemukan dan mengembangkan talenta-talenta baru dalam diri kita. Selama kita mau berusaha mengembangkannya.
Sebagai contoh, orang yang memiliki talenta dalam hal musik dan ingin memiliki kemampuan untuk menulis, maka dia akan dapat memiliki kemampuan tersebut jika dia mau mulai berusaha belajar untuk membuat tulisan. Contoh lain, orang yang sebelumnya sudah cukup mahir bermain alat-alat musik, namun memiliki kualitas vokal yang tidak begitu baik dan ingin mengembangkannya maka dia dapat belajar pada orang-orang yang sudah memiliki kualitas vokal yang bagus. Sebenarnya masih banyak contoh lain mengenai menemukan dan mengembangkan talenta dalam diri kita. Kita hanya memerlukan kemauan yang keras untuk terus belajar dan mengembangkan talenta-talenta baru dalam diri kita. Dimana tentu saja proses belajar tersebut tidak berlangsung dalam waktu yang singkat, perlu waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum talenta tersebut dapat sepenuhnya kita kuasai atau miliki. Misal saja Einstein yang merupakan salah satu manusia cerdas abad 20, juga melakukan hal yang sama. Berdasarkan cerita yang sering saya dengar dan baca, pada masa kecilnya Einstein tidak begitu pandai dan cerdas seperti saat dia sudah dewasa. Namun dia memiliki semangat untuk terus belajar dengan caranya sendiri sampai akhirnya dia dapat menjadi seorang fisikawan terkemuka sekaligus juga memiliki kemampuan dalam bidang permainan musik. Einstein dapat begitu luar biasa dalam bidang fisika dan matematika karena pada awalnya dia mendapatkan beberapa buku tentang matematika dari pamannya, dan dia akhirnya terus mempelajari buku tersebut sampai mahir.
Jadi menurut saya masalah utamanya bukanlah seberapa banyak keahlian atau talenta yang kita miliki, melainkan seberapa banyak keahlian atau talenta baru yang ingin kita kembangkan. Saat ini saya juga sedang mengembangkan beberapa kemampuan baru dalam diri saya. Salah satunya adalah kemampuan untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu saya juga sedang berusaha untuk mengembangkan kualitas vokal saya dan juga sedang mulai berusaha untuk mengembangkan kemampuan dalam dunia tari modern.
Saya cuma ingin berkata kepada semua orang yang membaca tulisan saya ini: temukan hal-hal yang kamu sukai dan kembangkanlah keahlian yang terbaik dibidang tersebut. Sampai suatu saat kamu benar-benar boleh dipandang sebagai salah seorang ahli dalam bidang yang sebelumnya kamu dianggap tidak bisa apa-apa. Selama kita semua hidup jangan pernah berhenti belajar, belajar untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Selamat menemukan keahlian-keahlian baru dalam dirimu dan mengembangkannya sampai pada tingkat yang tertinggi. Selamat berjuang !

Tickerbar