Sunday, 26 September 2010

BEBERAPA FILM YANG MENGINSPIRASI DAN MEMOTIVASI

Beberapa waktu terakhir ini, tepatnya sejak sekitar tahun 2008, aku mulai kembali gemar menonton film baik di bioskop maupun melalui komputer (sebenarnya dulu juga tidak terlalu suka menonton film sih hehehe...). Film yang untuk pertama kalinya aku tonton setelah sekian lama vakum menonton film adalah Laskar Pelangi, dan semenjak itu aku mulai tertarik untuk menonton film kembali, khususnya film yang dapat memberikan inspirasi serta motivasi. Berikut adalah beberapa film yang sudah aku tonton dan dapat memberikan inspirasi serta motivasi bagi diriku dan semoga juga bagi orang-orang lain yang telah menontonnya. Urutan penampilan filmnya didasarkan pada waktu aku menontonnya, yang lebih dahulu aku tonton terletak di urutan teratas.


Film Laskar Pelangi ini begitu inspiratif dan mengajariku banyak hal. Beberapa pelajaran yang berhasil aku dapatkan dari film ini antara lain kegigihan dan rasa percaya diri dari para guru untuk memperjuangkan agar sekolah tempat mereka mengajar tidak sampai ditutup karena kekurangan murid, semangat yang begitu luar biasa dari para murid untuk terus belajar meskipun kondisi sekolah mereka tidak nyaman untuk belajar, setiap orang telah diberi bakat-bakat yang unik dalam dirinya, orang-orang dari kalangan ekonomi bawah pun berhak untuk memperoleh pendidikan demi masa depannya, jika kita ingin menjadi orang yang pintar maka kita harus belajar dengan rajin (ditunjukkan oleh adegan saat tokoh Flo dan Mahar mendapat surat dari Tuk Bayan Tula), apapun kondisi kita tidak boleh membuat kita minder saat berhadapan dengan orang lain.


Film Meraih Mimpi ini bercerita tentang keberanian seorang gadis bernama Dana untuk mewujudkan impiannya meraih pendidikan yang lebih tinggi. Diceritakan Dana hidup di suatu kampung ditengah hutan yang masyarakatnya masih memegang tradisi bahwa anak gadis tidak perlu sekolah terlalu tinggi sebab pada akhirnya mereka akan dinikahkan dan menjadi ibu rumah tangga. Berbeda dengan tradisi di kampungnya, Dana memiliki impian yang besar untuk dapat sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Guna mewujudkan impiannya tersebut, Dana menghadapi banyak rintangan khususnya dari ayahnya yang melarang dia untuk sekolah lebih tinggi lagi dan akan menikahkan dia dengan anak seorang tuan tanah di kampung tersebut. Dana menolak keinginan ayahnya dan dia berjuang dengan keras untuk membuktikan pada ayahnya bahwa dia juga layak untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Dia berjuang keras dan belajar dengan baik agar dapat meraih beasiswa dengan harapan beasiswa yang dia peroleh dapat meluluhkan hati ayahnya agar mengijinkan dia untuk menempuh pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
Namun apa daya setelah upayanya terwujud sekalipun, ayahnya tetap tidak mengijinkan dia untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan justru berupaya agar beasiswa tersebut dapat dialihkan ke adik laki-lakinya. Dana masih belum menyerah dia tetap berjuang sekuat tenaganya dan percaya bahwa suatu saat impiannya dapat terwujud. Satu permasalahan belum selesai, permasalahan lain harus dia pecahkan. Kampungnya terancam digusur dan rumah-rumah yang ada disana akan dirobohkan oleh tuan tanah yang mengaku sebagai ahli waris dari leluhur kampung tersebut. Si tuan tanah bermaksud menjadikan kampung tersebut sebagai resort wisata dan pusat perjudian yang besar. Secara tidak sengaja Dana mengetahui suatu rahasia bahwa sebenarnya surat wasiat yang dimiliki oleh si tuan tanah itu palsu. Surat wasiat yang asli terletak di suatu lokasi yang tersembunyi di tengah hutan yang letaknya cukup terpencil dan jauh dari kampungnya. Dana mengetahui rahasia tersebut dari saudara si tuan tanah dan dia mempercayainya serta bertekad untuk menemukan surat wasiat yang asli. Awalnya dia mencoba mengajak adiknya untuk ikut serta dan membantunya, namun adiknya menolak. Dana tidak menyerah dan dia memutuskan untuk berjuang sendirian mewujudkan impiannya yang lain yaitu menemukan surat wasiat yang asli agar kampungnya tidak dihancurkan oleh si tuan tanah yang serakah.
Berbekal tekad yang kuat dia berhasil menemukan surat wasiat yang asli dan dia berhasil menyelamatkan kampungnya. Selain itu juga berhasil memperoleh beasiswa dan melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Pelajarannya adalah kita harus memiliki impian dan berani berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan impian tersebut tanpa peduli sekuat atau sebesar apapun rintangan yang menghadang. Kita harus terus berani maju dan tanpa rasa takut untuk memperjuangkan sesuatu yang lebih baik di masa depan. Seperti yang Gita Gutawa nyanyikan dalam lagu yang menjadi soundtrack film ini, mimpi kita akan menjadi nyata asalkan kita tetap percaya.


Film India pertama diantara semua film India yang pernah aku tonton yang berbeda dari biasanya. Film ini tidak banyak memiliki adegan menari dan bernyanyi khas film India. Selain itu film ini juga begitu inspiratif. Beberapa inspirasi atau pelajaran yang berhasil aku dapatkan dari film ini antara lain manusia itu tidak dibedakan berdasarkan ras, kebangsaan, agama, melainkan hanya dibedakan berdasarkan dua hal baik dan jahat. Film ini juga mengajarkan tentang kejujuran serta totalitas dalam menjalani profesi kita apapun itu. Hal tersebut ditunjukkan oleh tokoh Khan yang mempelajari dengan seksama dan bahkan mencoba sendiri semua produk kecantikan yang akan dia jual. Selain itu tokoh Khan juga berusaha mengatakan dengan jujur bahwa salah satu produk kecantikan yang dia jual tidak akan membuat kulit orang yang memakainya, melainkan hanya akan menjadikannya lebih cerah dan berseri saja.
Film ini juga menunjukkan betapa besarnya perjuangan yang dilakukan oleh seorang pria untuk meyakinkan wanita yang dicintainya agar mau menikah dengannya. Dia terus berusaha tanpa kenal menyerah untuk menemukan tempat yang indah yang belum pernah dilihat oleh si wanita. Beberapa kali dia gagal, sampai akhirnya suatu kali perjuangannya terbayar. Dia berhasil menemukan tempat yang begitu indah yang belum dilihat oleh si wanita dan akhirnya mereka berdua menikah. Kehidupan pernikahan mereka begitu bahagia, sampai akhirnya suatu masalah menghampiri mereka berdua. Anak mereka meninggal karena dianiaya di tempatnya berlatih sepakbola. Hal tersebut mengakibatkan hubungan pernikahan mereka pecah dan istrinya mengusir dia dari rumah dan berkata bahwa si istri tidak mau melihatnya lagi sebelum dia berhasil bertemu Presiden Amerika serta mengatakan bahwa dia bukan teroris.
Untuk membuktikan cintanya dan kasihnya kepada sang istri, maka dengan setia Khan berjuang agar dapat bertemu Presiden. Dalam perjalanannya menemui Presiden dia menghadapi banyak masalah, namun dia tidak menyerah. Dalam satu upaya agar bertemu Presiden, dia bahkan menyumbangkan dengan sukarela sejumlah besar uang yang berhasil dia kumpulkan untuk kegiatan amal dimana Presiden akan datang. Seharusnya dengan uang yang dia berikan dia berhak hadir dan memiliki kemungkinan untuk bertemu Presiden, namun dia memutuskan untuk memberikannya uangnya tanpa hadir. Film ini juga mengajarkan bahwa perbedaan agama tidak bisa menghalangi setiap orang untuk tetap saling membantu dan menguatkan satu sama lain. Selain itu film ini juga mengajarkan bahwa kebersamaan akan membuat kita kuat, dengan kebersamaan kita akan mampu mengatasi hal-hal yang tidak mampu kita atasi sendirian. Di salah satu adegan juga ditunjukkan bahwa antara orang yang berbeda agama pun dapat hidup berdampingan dengan rukun dan bahkan saling membantu.


Pelajaran utama dari film ini adalah kejujuran dalam berusaha, percayakan semuanya kepada Tuhan sebab Dia akan memberikan yang terbaik pada waktu-Nya, serta hubungan yang baik antar sesama anggota keluarga. Diceritakan bahwa tokoh utama pria dalam film ini memiliki suatu showroom mobil bekas. Awalnya dalam menjalankan usahanya dia bertindak tidak jujur. Dia selalu menjual setiap mobil bekas yang ada dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga normal. Dia melakukannya dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Dia juga mengajari dua orang karyawan bagian penjualannya agar tidak jujur. Selain itu karena terlalu terobsesi pada usaha yang dijalaninya, dia sampai melupakan tanggung jawabnya sebagai suami dan ayah.
Namun suatu saat secara tidak sengaja dia menonton televisi yang kebetulan menyiarkan khotbah dari salah seorang pendeta. Dari khotbah yang disaksikannya tersebut hidupnya diubahkan. Dia merubah caranya menjalankan usaha, dari yang awalnya tidak jujur menjadi jujur. Namun upayanya tersebut tidak didukung oleh dua orang karyawan bagian penjualannya. Mereka berdua tidak mendukung dengan alasan mereka takut bahwa jika jujur mereka akan mendapatkan penghasilan dari komisi yang lebih sedikit. Akhirnya dua orang karyawan tersebut memutuskan untuk keluar dan tidak lagi bekerja padanya.
Tidak mendapatkan dukungan dari dua orang karyawannya tidak membuat upayanya menyerah untuk tetap berbisnis dengan jujur. Dia pindahkan jabatan dari salah seorang di bagian lain ke bagian penjualan untuk membantunya menjual mobil bekas. Dia juga mengembalikan semua uang hasil penjualan tidak jujur yang pernah dia lakukan ke semua orang yang pernah membeli mobil darinya. Di suatu kesempatan dia bahkan membiarkan salah seorang pelanggan yang tidak mampu membayar sisa cicilan pembelian mobil untuk tetap memiliki mobil yang sudah dibelinya.
Semua upaya yang dilakukannya untuk berbisnis dengan jujur tidaklah sia-sia. Usahanya diberkati luar biasa dan bahkan dia mampu melunasi semua hutang yang dia gunakan untuk membuka usaha. Pelajarannya adalah ketika kita jujur dalam berusaha dan tidak menyalahi apa yang Tuhan katakan, maka usaha kita akan diberkati luar biasa dan bahkan seluruh aspek kehidupan kita akan dipulihkan.

Film India kedua yang lain dari biasanya. Film ini bercerita tentang kehidupan kuliah dari para mahasiswa di suatu universitas teknik terkemuka di India. Film ini banyak memberiku inspirasi tentang kehidupan, baik kehidupan kuliah maupun diluar kuliah. Berikut beberapa pelajaran yang berhasil aku dapat: belajarlah karena kita mencintainya bukan karena terpaksa maka kita akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal, ikuti kata hatimu dan lakukan semua yang menjadi hasrat terbesarmu agar kamu tidak menyesal ketika tua kelak, jujurlah dalam setiap hal yang kita lakukan, dalam belajar jangan hanya menghafal semua yang ada di buku tapi cobalah untuk memahami apa yang buku ajarkan, ketika semua keadaan tampaknya berjalan diluar kendali katakan pada hati kita bahwa semuanya akan baik-baik saja, setiap orang berhak untuk memiliki kesempatan untuk kembali mencoba meskipun dia pernah gagal, tidak selamanya persaingan itu baik, dengan memiliki sahabat kita dapat saling berbagi dan saling menguatkan satu sama lain, kita harus menentukan prioritas dalam hidup (hal ini dicontohkan oleh ucapan yang Rancho katakan, 'kita hanya punya satu ayah dalam hidup ini, sementara kita masih punya banyak ujian yang dapat kita jalani selama kuliah'), jangan pernah mengejar sukses tapi cobalah untuk melakukan yang terbaik di semua bidang yang kita bisa maka sukses yang akan mengejar kita.

Itulah sebagian film yang sudah aku tonton yang dapat memberikan inspirasi, pelajaran, serta motivasi bagi diriku. Aku percaya masih banyak film inspiratif lain yang belum sempat aku tonton atau belum aku ketahui. Nanti jika aku sudah menontonnya, aku berjanji akan membagi inspirasi yang berhasil aku dapatkan dari film-film tersebut. Bagaimana dengan kalian, apakah kalian juga berhasil mendapatkan inspirasi dari film yang kalian tonton ? Jika ada film yang menurut kalian inspiratif, memberikan pelajaran serta motivasi, harap beritahukan judulnya. Terima kasih sebelumnya.

Tickerbar

KumpulBlogger