Sunday, 12 June 2016

Piala Eropa 2016 (UEFA Euro 2016)

Logo UEFA EURO 2016
Logo UEFA EURO 2016 (sumber: www.wikimedia.org)

Bulan Ramadhan kali ini cukup menyenangkan dan penuh berkah bagi umat Muslim. Selain karena dapat berjumpa sekali lagi dengan bulan suci ini, pada bulan Ramadhan tahun ini berbarengan pula dengan dilangsungkannya dua event sepak bola besar, salah satunya adalah Piala Eropa 2016 (UEFA Euro 2016). Hal ini tentu sangat menggairahkan, khususnya bagi penggemar berat sepak bola.

Setelah sebelumnya saya sudah menulis mengenai Prediksi Juara Piala Eropa versi Cristiano Ronaldo, maka agar lebih komplit (sebenarnya karena saya terlupa) kali ini saya akan menulis sedikit mengenai Piala Eropa 2016. Mari disimak dan semoga bermanfaat.

Kejuaraan Sepak Bola Piala Eropa 2016 atau dikenal pula dengan UEFA EURO 2016 adalah penyelenggaraan ke-15 dari kejuaraan EURO. UEFA EURO merupakan turnamen sepak bola utama pria yang diselenggarakan oleh UEFA setiap empat tahun sekali. Turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 1960 dan terus berlangsung hingga saat ini. Penyelenggaraan turnamen ini selalu pada tahun genap diantara dua turnamen Piala Dunia. Nama awal turnamen ini adalah Piala Negara-Negara Eropa (UEFA European Nations Cup). Nama turnamen yang digunakan saat ini mulai digunakan pada tahun 1968. Sejak tahun 1996, nama turnamen ini secara resmi selalu disertai dengan tahun penyelenggaraannya, seperti EUFA EURO 1996.

Sebelum dapat berlaga pada babak utama turnamen, setiap tim atau negara diharuskan melalui babak kualifikasi, kecuali tim tuan rumah atau penyelenggara turnamen. Pemenang atau juara dari turnamen diberi kesempatan untuk berlaga pada kejuaraan Piala Konfederasi FIFA (FIFA Confederations Cup), namun tidak diwajibkan untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Sebelum kejuaraan tahun ini, 14 turnamen Piala Eropa sebelumnya telah dimenangkan oleh sembilan negara berbeda yakni: Jerman dan Spanyol yang masing-masing memenangkan sebanyak tiga kali, Prancis sebanyak dua kali, serta Uni Soviet, Italia, Rep. Ceko, Belanda, Denmark, dan Yunani masing-masing sekali. Hingga saat ini pula, Spanyol adalah satu-satunya negara yang dapat memenangkan kejuaraan ini dua kali berturut-turut yaitu pada tahun 2008 dan 2012.

Penyelenggaraan turnamen EURO ke-15 pada tahun ini diadakan di Prancis mulai tanggal 10 Juni hingga 10 Juli 2016. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1996, pada penyelenggaraan tahun ini jumlah peserta turnamen ditambah menjadi 24 tim dari sebelumnya yang hanya 16 tim. Dengan menggunakan format baru ini, secara otomatis jumlah grup yang ada babak grup juga ikut bertambah menjadi enam grup dari sebelumna empat grup, dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim atau negara. Adapun penentuan tim atau negara yang berhak tampil pada babak utama kejuaraan adalah sebagai berikut: 19 tim yang terdiri dari 18 tim dengan peringkat dua teratas pada sembilan grup yang terdapat pada babak kualifikasi serta satu tim peringkat tiga terbaik akan secara otomatis lolos ke babak utama dan bergabung dengan Prancis sebagai tuan rumah, empat tim sisanya akan diperebutkan oleh delapan tim peringkat dari masing-masing grup kualifikasi dengan sistem play-off.

Tuan rumah turnamen, Prancis, terpilih secara resmi sebagai tuan rumah pada 28 Mei 2010 setelah melalui proses penyaringan yang juga diikuti oleh Italia dan Turki. Seluruh pertandingan yang digelar pada babak utama turnamen Euro 2016 akan dilangsungkan di sepuluh kota yaitu Bordeaux, Lens, Lille, Lyon, Marseille, Nice, Paris, Saint-Denis, Saint-Etienne, dan Toulouse. Prancis sebagai tuan rumah turnamen pada tahun ini telah terpilih sebanyak tiga kali sebagai tuan rumah turnamen yaitu pada tahun 1960 yang merupakan turnamen pertama dan pada tahun 1984. Prancis telah memenangkan turnamen ini sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1984 dan 2000. Tim atau negara yang berhasil memenangkan kejuaraan pada tahun ini diberi hak untuk tampil pada turnamen Piala Konfederasi FIFA 2017 yang diselenggarakan di Rusia.

Adapun seluruh tim atau negara yang lolos ke babak utama turnamen pada penyelenggaraan kali ini adalah sebagai berikut: Prancis (tuan rumah), Albania (pertama kali dalam sejarah lolos ke babak utama turnamen), Austria, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Inggris, Jerman, Hungaria, Islandia (pertama kali lolos), Italia, Irlandia Utara, Polandia, Portugal, Republik Irlandia, Rumania, Rusia, Slowakia / Slovakia (pertama kali lolos), Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Wales (pertama kali lolos). Adapun tiga tim atau negara yang secara mengejutkan gagal lolos adalah Belanda (juara tahun 1988), Denmark (juara tahun 1992), dan Yunani (juara tahun 2004).


Demikianlah sekilas artikel mengenai Kejuaraan Sepak Bola Piala Eropa 2016. Mari kita simak serta nikmati kejuaraan pada tahun ini sambil menyimak pula kejutan-kejutan yang biasa ada dalam setiap turnamen dan pertandingan sepak bola. Menarik pula untuk menanti apakah tim-tim debutan pada turnamen kali ini juga dapat memberikan pertunjukkan serta kejutan yang menarik. Selamat menyaksikan.

Tickerbar

KumpulBlogger