Monday, 15 August 2016

Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama

Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama
Leicester City Juara Premier League 2015/2016.
Selalu Akan Ada Kesempatan Untuk Yang Pertama
Masih belum terlalu lama berlalu dan barangkali masih teringat jelas dalam benak serta ingatan kita semua bagaimana kiprah Leicester City di Premier League Musim 2015/2016 yang begitu fenomenal. Mereka yang pada musim 2014/2015 hampir saja terdegradasi dan pada musim 2015/2016 hanya mencanangkan target untuk meraih minimal 40 poin agar terhindar dari degradasi, akan tetapi secara luar biasa dan mengejutkan mereka mampu tampil brilian serta konsisten di sepanjang musim yang pada akhirnya membawa mereka untuk pertama kali dalam sejarah mereka sebagai Juara Premier League Inggris. Kejutan Leicester City pada Premier League musim 2015/2016 benar-benar luar biasa dan bahkan mungkin tidak pernah ada atau jarang sekali pihak yang memprediksikan kalau mereka mampu juara. Namun ternyata mereka mampu menjadi juara.
Hari ini, setelah sering mengamati beberapa data dan fakta baik di olahraga sepak bola maupun bidang lain, saya menyadari bahwa dalam segala hal selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama. Bukan untuk menjadi yang pertama, melainkan untuk terjadi pertama kalinya. Contoh pada pertemuan dua tim pada sebuah pertandingan sepak bola, fakta atau sejarah yang ada mencatat bahwa salah satu tim belum pernah menang atas tim lainnya. Namun apakah akan selalu demikian ? Apakah pada pertandingan tersebut hasil akan memihak tim yang lebih unggul secara sejarah atau statistik ? Ternyata yang terjadi tidak selalu demikian. Tim yang belum pernah menang atas tim lainnya bisa saja menjadi pemenang pada laga tersebut. Bisa juga tim yang selalu menang atas tim lawannya justru untuk pertama kalinya gagal menang atau dengan kata lain pertandingan dapat berakhir imbang. Dari situ kemudian saya teringat bahwa saat kedua tim tersebut pertama kali bertemu dan ada salah satu diantaranya yang menang, bukankah saat itu juga ada yang pertama kalinya mencetak atau mencatatkan sejarah sebagai pemenang pada pertemuan kedua tim.

Hal yang sama dengan contoh kasus di atas juga bisa terjadi pada semua bidang lain dalam kehidupan. Selalu akan ada peluang untuk sesuatu terjadi untuk pertama kalinya. Sejarah boleh mengatakan bahwa sesuatu tidak akan dapat terjadi karena fakta yang ada sebelumnya menunjukkan kalau hal itu memang tidak akan mungkin terjadi, namun selalu ingat bahwa sebelum sederetan fakta atau sejarah itu ada, bukankah ada sejarah paling awal yang terbentuk. Selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama di dalam segala hal. Hanya saja agar kesempatan yang pertama itu datang dan muncul memang harus diperjuangkan dengan penuh kesungguhan dan tidak terlalu takut atau terfokus pada sejarah atau fakta yang sudah ada sebelumnya, sebab memang selalu akan ada kesempatan untuk yang pertama.

Tickerbar

KumpulBlogger