Tuesday, 16 August 2016

Arcandra Tahar, Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat.

Arcandra Tahar Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat
Arcandra Tahar Menteri ESDM Yang Hanya 20 Hari Menjabat
Beberapa hari ini banyak berita heboh mengenai sesosok menteri yang baru saja beberapa hari diangkat oleh Presiden Jokowi. Sosok menteri yang secara usia masih tergolong muda ini membuat kehebohan di berbagai situs berita maupun media sosial. Siapakah dia dan ada apakah gerangan ? Mari kita coba lihat melalui tulisan ini.

Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2016 mengangkat sejumlah orang atau tokoh untuk menduduki sejumlah posisi dalam kementerian pada kabinet yang beliau pimpin. Salah satunya adalah Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). Arcandra Tahar dipilih untuk menggantikan Menteri ESDM lama Sudirman Said. Kemunculan tokoh ini sebagai menteri baru tergolong cukup mengejutkan karena ternyata tidak banyak yang mengenalnya dan sosok ini sudah lama sekali tidak tinggal serta menetap di Indonesia. Tokoh kelahiran Padang 10 Oktober 1970 itu telah menetap serta berkarir di Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir dan ternyata baru diketahui belakangan kalau dia juga memiliki paspor Amerika Serikat yang artinya dia juga adalah warga negara Amerika Serikat.

Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri adalah seorang ahli kilang lepas pantai atau offshore yang menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering di Houston. Jabatan tersebut telah dipegangnya sejak tahun 2013. Arcandra merupakan lulusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kemudian melanjutkan kuliah S2 dan S3 di A&M University Texas Amerika jurusan Ocean Engineering. Sosok ayah dari dua anak tersebut diketahui memiliki pengalaman lebih dari 14 tahun di bidang hidrodinamika dan rekayasa lepas pantai. Arcandra telah bekerja di berbagai perusahaan migas baik sebagai pengembang maupun produksi seperti Spar, TLP, Compliant Tower, Buoyant Tower, dan Multi Colum Floater.

Arcandra juga diketahui memiliki tiga hak paten pada bidang pengembangan migas lepas pantai. Latar belakang serta keahlian di bidang migas itulah yang akhirnya membuat Presiden Jokowi terpukau dan akhirnya membuat Arcandra Tahar menjabat sebagai Menteri ESDM pada reshuffle jilid 2 beberapa waktu lalu. Arcandra juga merupakan sosok yang dianggap berjasa dalam upaya menarik kembali Blok Masela agar dapat dikuasai serta dikelola Indonesia.

Arcandra Tahar kembali ke Indonesia atas permintaan khusus Presiden Jokowi yang memberinya kedudukan sebagai Menteri ESDM. Diharapkan kehadirannya kembali di Indonesia mampu membantu membenahi sektor energi di negeri ini. Namun apa daya, dikarenakan berbagai terpaan isu seputar kewarganegaraan ganda yang dimilikinya, akhirnya Arcandra Tahar resmi dilengserkan oleh Presiden Joko Widodo dari posisi Menteri ESDM. Dan resmi pula Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri dengan masa jabatan tersingkat yang pernah ada di negeri ini. Posisinya untuk sementara ditempati oleh Luhur Binsar Panjaitan sebagai pejabat menteri sampai menteri baru terpilih.

Itulah sekilas mengenai sosok Arcandra Tahar Menteri ESDM yang hanya 20 hari menjabat sebagai menteri. Masa jabatan yang sangat singkat yang membuatnya belum sempat memberikan dampak berarti melalui jabatan yang diembannya. Semoga bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger