Gerakan Nasional 1000 Startup Digital |
Tulisan ini merupakan bagian dari tugas atau
kewajiban yang harus saya tuntaskan berkaitan dengan keikutsertaan saya dalam
program Gerakan Nasional 1000 Startup
Digital. Sebelum saya membahas atau menjelaskan lebih lanjut mengenai tahap
awal atau pertama dari Gerakan Nasional
1000 Startup Digital, ada baiknya apabila kita semua mengenal lebih dekat
terlebih dahulu mengenai gerakan tersebut.
Perlu kita ketahui bersama, di Indonesia terdapat
sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna telepon pintar (smart phone).
Namun sayangnya, banyaknya pengguna internet dan smart phone tersebut belum
diimbangi dengan banyaknya produk-produk digital asli karya anak bangsa
Indonesia. Padahal jika kita bisa memanfaatkan dengan baik, kondisi atau fakta
tersebut dapat menjadi modal besar bagi negara kita Indonesia untuk dapat
mengembangkan e-commerce maupun bisnis aplikasi teknologi digital di tanah air.
Banyak kalangan juga memprediksi bahwa dalam beberapa tahun ke depan besaran
bisnis e-commerce dan digital di Indonesia dapat mencapai angka 130 Miliar
Dollar dengan pertumbuhan rata-rata setiap tahun di angka 50 persen. Besar
sekali bukan ?
Pada pertengahan bulan Februari 2016, Presiden
Jokowi telah mencanangkan untuk menjadikan Indonesia sebagai “The Digital
Energy of Asia” di Silicon Valley Amerika Serikat. Untuk mendukung visi
tersebut, pemerintah khususnya melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika
bekerjasama dengan KIBAR membentuk suatu gerakan yang bernama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas
dan memberikan dampak positif bagi negara kita. Gerakan tersebut ditargetkan
dapat menciptakan 1000 perusahaan digital baru di tanah air dengan total
valuasi bisnis 10 Miliar Dollar pada tahun 2020. Target yang tentu saja tidak mudah
untuk diwujudkan. Perlu tercipta rangkaian gerak yang runut, tertata, serta
jelas tujuan serta manfaatnya agar 1000 perusahaan rintisan digital dapat
benar-benar terwujud dan terbentuk pada waktu yang telah ditetapkan.
Untuk mendukung visi tersebut, KIBAR selaku inisiator dan
pelaksana utama Gerakan Nasional 1000
Startup Digital pada tahun 2016 ini telah memulai roadshow serta
pendaftaran kandidat atau calon dari perusahaan rintisan digital di 10 kota
dengan infrastruktur serta fondasi digital yang sudah berakar secara kuat.
Salah satu kota yang dikunjungi oleh gerakan ini adalah kota Surabaya. Sekitar
dua minggu lalu digelar suatu acara roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya di suatu lokasi di
Surabaya Barat dengan jumlah peserta mencapai ratusan yang dijaring dan
diseleksi melalui pendaftaran secara online.
Seluruh peserta yang telah terpilih berhak mengikuti tahap
pertama yaitu tahap ignition. Ringkasnya, ignition adalah suatu seminar yang
ditujukan untuk membuat para startup founder mengerti serta memahami pola pikir
sebagai startup founder. Pada tahap ini, beberapa pendiri atau pemilik
perusahaan yang sudah lama berdiri maupun beberapa startup founder yang lebih
dulu ada berbagi mengenai pola pikir, mentalitas, serta visi mereka dalam
membangun bisnis rintisan digital mereka. Beberapa dari mereka mengungkapkan, “visi
dalam membangun sebuah startup digital bukan semata-mata untuk memperoleh
pendapatan atau uang banyak, tetapi juga untuk menciptakan solusi nyata bagi
permasalahan yang ada disekitar kita melalui teknologi”. Masing-masing
narasumber berbagi mengenai perjalanan mereka dalam merintis bisnis digital
dalam beragam bentuk, baik berupa solusi aplikasi (software) maupun solusi
perangkat (hardware), semua dengan satu tujuan utama untuk memecahkan masalah
yang ada melalui teknologi. Seorang narasumber juga menyampaikan, “dalam
membangun bisnis, kita harus memiliki passion di bidang tersebut, sebab jika
tidak kita akan cenderung mudah bosan dan pada akhirnya akan ada kemungkinan
untuk meninggalkan bisnis tersebut sebelum benar-benar meraih kesuksesan”. Dia
membangun bisnisnya didasari passion di bidang perangkat keras, oleh karena itu
dia masih melakukan koding hingga saat ini karena dia memiliki passion disana.
Dalam membangun bisnis juga harus bisa menemukan partner yang sevisi sehingga
bisnis dapat berjalan dengan baik, namun tidak menutup kemungkinan pula akan ada
perpecahan atau pergantian partner apabila memang sudah tidak sevisi. Namun intinya
semua tetap harus ditujukan agar bisnis yang telah berjalan dapat terus
berjalan dengan baik dan semakin bertumbuh.
Jadi secara ringkas dapat disimpulkan bahwa pada tahapan
Ignition dari Gerakan Nasional 1000
Startup Digital ditujukan untuk menekankan serta memberikan pemahaman
kepada semua startup founder maupun calon startup founder mengenai mentalitas
serta pola pikir seorang startup founder. Tujuan utama membangun sebuah bisnis
digital bukan semata untuk meraih pendapatan atau keuntungan yang banyak,
tetapi juga untuk menciptakan suatu solusi atas permasalahan yang ada di
lingkungan sekitar melalui teknologi. Itulah kurang lebih materi-materi yang
disampaikan serta dibagikan pada tahapan awal Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.
No comments:
Post a Comment