Friday, 19 August 2016

Ternyata Singapura Juga Memiliki Tempat Keramat

Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat
Makam Sharifah Rogayah. Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat.
Saya pernah berkunjung ke Singapura dua kali untuk berwisata disana. Selama dua kali kunjungan tersebut saya ke negara tersebut yang saya rasakan adalah modernitas dan ketertiban (kedisiplinan) negara serta penduduknya. Gedung-gedung bertingkat nan menjulang ke angkasa banyak terdapat dimana-mana. Namun siapa sangka dibalik modernitas tersebut ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat. Tulisan ini disadur dari detik.com dan ditambahkan juga dari berbagai situs lain di internet. Semoga bermanfaat.

Dibalik modernitas yang dimilikinya, ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat yang dapat dijumpai di Duxton Plain Park. Tempat keramat yang berupa makam tersebut telah menjadi mitos tersendiri yang dipercayai banyak orang. Tempat keramat tersebut berupa sebuah bangunan makam yang dipercayai sebagai makam Sharifah Rogayah yang merupakan cucu dari ulama bernama Habib Noh yang menyebarkan agama Islam di Singapura pada abad ke-19. Diyakini, Sharifah masih memiliki garis keturunan dari Nabi Muhammad SAW.

Disekeliling makam tersebut sebenarnya telah berubah menjadi pemukiman warga yang terletak atau menjadi bagian dari kawasan China Town. Nah disinilah kisah keramat tersebut bermula. Konon katanya, suatu hari ada seorang pemuda yang didatangi dalam mimpi oleh Habib Noh. Dalam mimpinya tersebut, sang pemuda diperintahkan untuk mencari keberadaan makam Sharifah untuk dirawat. Dalam pencariannya, sampailah pemuda tersebut di lokasi dimana makam tersebut sekarang berada.

Pemuda yang diketahui bernama Mohamed Ridhwan tersebut akhirnya membersihkan, merapikan, menata, dan lalu membangun makam tersebut hingga menjadi bentuknya yang sekarang. Makam Sharifah terletak di belakang pemukiman warga Tanjong Pagar dan dinaungi pepohonan yang rindang. Pada makam tersebut tertulis "Shrine of Sharifah Rogayah, 1891".

Namun kisah ajaib atau mistis yang ada bukan hanya sampai disitu. Ada ksiah lain mengapa makam Sharifah Rogayah masih dapat bertahan ditengah padatnya pemukiman penduduk dan gedung-gedung tinggi. Konon ceritanya, dahulu makam tersebut sudah sempat akan digusur, namun makam tersebut ternyata tidak dapat disentuh manusia. Setiap kali akan dilakukan penggusuran, kejadian aneh selalu terjadi, yakni tanah disekitar makam secara tiba-tiba longsor dengan sendirinya. Kejadian longsornya tanah tersebut terjadi beberapa kali hingga akhirnya diputuskan untuk tidak menggusur makam tersebut dan terus merawatnya hingga sekarang.

Itulah kisah ringkas dari suatu tempat keramat yang ada di Singapura, negara yang terkenal akan modernitas dan gedung-gedung bertingkat nan menjulang. Ternyata Singapura juga memiliki tempat keramat modernitas dan pembangunan gedung-gedung megah yang terus berlangsung hingga sekarang.

Tickerbar