Saturday 31 July 2010

MENGAPA HARUS KE GEREJA ?


Beberapa bulan yang lalu, salah seorang teman bertanya kepadaku sebuah pertanyaan, “kenapa harus pergi ke gereja, kan kita masih bisa menyembah Tuhan dan berdoa dirumah atau dimanapun ?” Ya kurang lebih seperti itulah yang dia ajukan kepadaku waktu aku menanyakan dan mengajaknya untuk beribadah. Waktu itu aku belum menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tersebut, namun secara tiba-tiba sekitar dua minggu lalu aku menemukannya. Berikut adalah jawaban atas pertanyaan tersebut.
Setelah beberapa lama pertanyaan tersebut diajukan kepadaku, aku sempat melupakannya karena ada beberapa hal yang lebih penting untuk dipikirkan. Namun secara tiba-tiba, aku teringat akan pertanyaan tersebut dan atas dasar apa yang aku rasakan, akhirnya aku menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Kita harus tetap ke gereja karena suasana yang ada di dalam gereja memungkinkan kita untuk tetap bertumbuh secara iman, di gereja kita dapat memuji dan menyembah Tuhan bersama-sama dengan rekan-rekan kita yang akan turut membangkitkan roh kita.
Kita tetap harus ke gereja karena sepertinya tubuh kita perlu makanan, istirahat, olahraga, bersenang-senang, dan otak kita perlu terus diasah agar tidak tumpul serta keahlian atau bakat yang terus perlu dilatih agar berkembang maksimal, maka kita juga perlu ke gereja untuk mengisi baterai rohani kita. Di gereja kita bukan sekedar memuji dan menyembah Tuhan, bukan sekedar membaca firman, bukan sekedar bertemu teman-teman, tapi juga mengisi ulang baterai roh kita. Selain itu di gereja kita juga dibentuk secara karakter, sikap, dan tingkah laku kita sehingga karakter, sikap, dan tingkah laku yang kurang baik dapat berubah menjadi lebih baik.
Apa yang aku rasakan adalah bahwa di gereja, aku bertemu dengan orang-orang yang sama-sama positifnya. Di gereja kita mendapatkan firman yang membangun jiwa, roh, dan juga membentuk karakter diri kita. Aku juga percaya ucapan yang salah seorang temanku yang lain ungkapkan beberapa waktu yang lalu, “Alkitab adalah buku panduan hidup terbaik yang ada di dunia ini”. Oleh karena itu adalah penting bagi kita untuk tetap ke gereja, sebab gereja merupakan salah satu tempat dimana kita dapat mendengarkan firman Tuhan yang akan terus mengasah dan membentuk diri kita sebagai umat-Nya dan juga pribadi yang lebih baik.
Sekian dan semoga berguna. Bagaimana pendapat kalian ?

4 comments:

  1. lho,kan suasana yang seperti itu tidak hanya ditemukan di gereja. Bisa sajakan rumah kita bentuk seperti itu tanpa harus repot2 mnuju gereja atau bahkan mmbangun gereja??

    ReplyDelete
  2. @Sammy: thank sebelumnya sdh berkunjung dan memberi komentar. Memang kita bisa membentuk atau mendapatkan suasana seperti itu di beberapa tempat, tidak hanya di gereja. Sebenarnya juga gereja kan bukan sekedar mengarah ke bangunan atau lembaga gereja, tapi lebih kearah fungsinya. Nah salah satu fungsi seperti itu yang aku temukan di lembaga gereja. Ditunggu komentar-komentarnya yang lain :)

    ReplyDelete
  3. kalo untuk menyembah Tuhan dan mendengarkan firman Tuhan kan bs lwt cd/tv yang menayangkan firman Tuhan dan memuji Tuhan...untuk mengisi baterai roh kita kan juga bs lwt cd/tv itu??
    knp hrs k grj klo gt?
    kan g hrs??
    percuma kan kalo k grj tp g dengerin firman Tuhan dan menyembah Tuhan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, percuma saja ke gereja jika hnya sekedar utk datang dan duduk, lalu pulang. ke gereja baru benar2 bermanfaat kalau utk dengerin firman dan menyembah Tuhan. setuju menyembah Tuhan dan mendengarkan firman bisa dilakukan lewat sarana apa saja dan dimana saja.

      gereja yg sesungguhnya lbh mengarah ke fungsi, bukan bangunannya.

      thanks sdh beri penjelasan dan komentar

      Delete

KumpulBlogger