Sunday, 19 April 2015

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Logo PSSI
Entah memang baru kali ini terjadi atau saya saja yang baru kali ini mengetahui bahwa ada suatu asosiasi sepak bola suatu negara dibekukan oleh pemerintahnya. Ya, itulah yang terjadi dan sekaligus menjadi berita heboh di hari Sabtu ini. PSSI dibekukan !

Namun seperti kita semua ketahui bahwa selalu ada latar belakang atau alasan dibalik diambilnya suatu keputusan atau tindakan. Begitu pula yang saya percayai bahwa pasti ada Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan oleh Kemenpora (Pemerintah). Adapun alasan pembekuan PSSI berdasarkan isi SK Menpora adalah karena PSSI secara de facto dan de jure sampai dengan tenggat batas waktu yang telah ditetapkan melalui tiga teguran tertulis, PSSI secara sah dan meyakinkan telah terbukti mengabaikan dan tidak mematuhi kebijakan Pemerintah melalui Teguran Tertulis dimaksud.

Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Latar Belakang Alasan PSSI Dibekukan Oleh Kemenpora
Keputusan ini juga merupakan buntut dari kebijakan PSSI yang tidak mengakui hasil rekomendasi BOPI untuk tidak meloloskan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Awalnya PSSI merencanakan menggelar kompetisi ISL 2015 pada pertengahan Februari lalu, namun atas dasar rekomendasi BOPI, PSSI akhirnya memutuskan menunda pelaksanaan kompetisi, sebab sejumlah klub belum memenuhi persyaratan administrasi. Setelah penundaan itu, kick off ISL diputuskan untuk dilaksanakan pada 4 April 2015. Akan tetapi, ternyata BOPI tetap tak merestui begitu saja liga untuk berjalan. BOPI setuju merestui liga berjalan dengan syarat Arema Cronus dan Persebaya Surabaya tak diikutsertakan dalam kompetisi.

Akan tetapi, PSSI tetap bergeming dan ngotot melaksanakan kompetisi ISL pada 4 April serta tetap mengikutsertakan Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Hal ini kemudian berdampak pada dilayangkannya surat teguran serta permintaan agar kompetisi dihentikan oleh BOPI. Namun karena PSSI tetap bergeming, hal ini berlanjut dan berbuntut pada keluarnya surat teguran (surat peringatan) yang dikeluarkan oleh Kemenpora sebanyak tiga kali yang semuanya ternyata juga diabaikan oleh PSSI.

Jadi itulah latar belakang serta alasan dari sejak awal mula munculnya kisruh dalam persepakbolaan negeri kita hingga akhirnya muncul keputusan Kemenpora untuk membekukan PSSI. Mari kita semua berharap semoga pembekuannya tidak berlangsung dalam waktu yang lama sehingga persepakbolaan negeri kita dapat berlangsung kembali dengan lebih baik dan dapat berbicara banyak di dunia internasional.

sumber: dari berbagai sumber.

Tickerbar

KumpulBlogger