Friday, 26 August 2016

Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit.

Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit
Asal Usul Kue Terlezat Dunia Dari Indonesia, Lapis Legit.
Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari sebuah artikel di www.kompas.com yang menyebutkan bahwa salah satu kue tradisional Indonesia meraih penghargaan serta diakui sebagai salah satu kue terlezat di dunia. Sebagai bentuk apresiasi tersebut dan sebagai tambahan pengetahuan bagi diri saya sendiri serta semua pengunjung blog ini, maka saya akan coba menuliskan ulang dengan gaya serta pemahaman saya sendiri mengenai asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, Lapis Legit. Semoga bermanfaat bagi kita.

Belum terlalu lama ini, CNN, yang merupakan salah satu situs berita ternama dunia "menobatkan" Lapis Legit khas Indonesia sebagai salah satu kue tradisional terlezat di dunia. Tapi tak banyak dari kita yang tahu bahwa ternyata makanan manis ini memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan sebelum negara kita merdeka. Seperti apa sejarahnya ? Saya sendiri belum dan mari kita simak saja bersama sebentar lagi.

Lapis Legit dikenal sebagai kue dengan rasa yang manis dan bahkan sangat manis menurut saya. Menurut resepnya, kue ini mengandung banyak sekali telur dan roombuter. Kue manis ini ternyata juga memiliki kaitan sejarah dengan bangsa Belanda yang waktu itu menjajah Indonesia. Kita umumnya hanya tahu bahwa Belanda menjajah Indonesia selama ratusan tahun, tapi ternyata tak banyak dari kita yang tahu bahwa ternyata Belanda juga meninggalkan begitu banyak warisan kuliner yang kini menjadi bagian dari kuliner nusantara. Beberapa diantaranya adalah klappertaart, bluder, brut goreng, serta aneka macam cookies. Tentu saja tidak ketinggalan adalah lapis legit.

Asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, lapis legit ini bermula ketika ada seorang Belanda yang tinggal di negara kita pada masa penjajahan yang membuat sebuah kue ini untuk kali pertama. Kue ini bisa muncul di Indonesia karena menggunakan bahan baku berupa rempah-rempah asli Indonesia yang salah satunya adalah kayu manis. Sebelum disebut dengan nama lapis legit, kue ini sering disebut sebagai spekkoek yang diambil dari kosakata bahasa Belanda.

Kata "spekkoek" terdiri dari dua sub kata yaitu spek dan koek. Spek artinya minyak babi yang terlihat berlapis-lapis. Sedangkan koek artinya adalah bolu. Sehingga jika digabungkan, dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan sebagai bolu lapis yang kemudian berubah lagi menjadi Lapis Legit. Itulah secara ringkas asal usul kue terlezat dunia dari Indonesia, Lapis Legit. Sekali lagi semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita semua.

NB: gambar diambil dari www.kompas.com. Isi ditulis dengan gaya bahasa sendiri bersumber dari web yang sama.

Tickerbar