Saturday 4 December 2010

English Is A Must !


English is a must !, begitulah kata-kata yang pernah saya jadikan status di akun Facebook saya beberapa waktu yang lalu. Kata-kata tersebut artinya adalah Bahasa Inggris adalah suatu keharusan ! Saya mengungkapkan hal tersebut dengan didasari suatu kenyataan bahwa kondisi saat ini menunjukkan semakin mengglobalnya persaingan antar tiap individu maupun organisasi atau perusahaan.
Dengan semakin canggihnya teknologi komputer dan komunikasi, seolah dunia sudah menjadi tidak berbatas lagi. Jarak antar wilayah satu dengan wilayah lain seolah-olah tidak ada, sebab setiap orang yang berada di wilayah yang berbeda dapat saling terhubung setiap saat tanpa peduli jarak yang memisahkan mereka. Hal ini juga berlaku untuk jarak antar setiap negara yang ada di dunia ini. Setiap negara memang memiliki batas-batas wilayah yang memisahkan setiap negara, namun batas ini hanya berlaku di dunia fisik atau nyata, hal tersebut seolah tidak berlaku lagi di Internet yang mampu menghubungkan setiap orang dari negara yang berbeda seoalah-olah mereka berada di satu negara yang sama.
Mengetahui hal tersebut dan dengan kenyataan bahwa Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional, maka agar setiap kita dapat bersaing di dunia internasional yang seolah tanpa batas tersebut maka kita memerlukan penguasaan terhadap bahasa tersebut. Agar dapat dikenal secara global serta mampu berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara, maka kita perlu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Sejak menyadari hal tersebut, saya secara pribadi mulai lebih sering memanfaatkan kata-kata Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari saya. Saya terkadang menyisipkan beberapa kata Bahasa Inggris dalam percakapan yang berlangsung dalam setiap hari dalam kehidupan saya. Saya pikir, kita semua yang ingin berkompetisi secara global dan tidak hanya dikenal di negara kita sendiri perlu belajar untuk lebih banyak menggunakan Bahasa Inggris, tanpa terlalu peduli apakah kemampuan berbahasa Inggris kita sudah baik atau belum, bagi saya yang terpenting adalah mencoba saja. Saya percaya dengan terus mencoba, maka secara perlahan tetapi pasti, kita akan mengetahui pemakaian dari Bahasa Inggris yang tepat atau baik. Kita menjadi bisa atau lebih baik dalam melakukan sesuatu karena kita terus mencoba serta belajar untuk memperbaiki setiap kesalahan yang kita perbuat dari upaya kita mencoba sesuatu. Itulah yang saya percayai.
Jadi, dalam hemat pemikiran saya, jika kita ingin lebih dikenal diseluruh dunia, tidak hanya di negara tempat kita dilahirkan atau tinggal saja, maka kita perlu menguasai Bahasa Internasional, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris. Kita dapat menguasai serta bercakap-cakap menggunakan Bahasa Internasional yang mungkin saja berbeda dengan bahasa percakapan kita sehari-hari atau dengan bahasa ibu kita tanpa perlu kehilangan nasionalisme. Kita dapat tetap mencintai negara tempat kita dilahirkan tanpa kehilangan kesempatan untuk ‘bertarung’ dalam pertarungan global. Maka ajakan saya adalah marilah kita semua yang ingin bersaing secara global mulai lebih banyak belajar untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari kita. Sekian. Thanks for reading !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger