Monday, 20 September 2010

PELAJARAN DARI FILM THE EXPENDABLES: PENDEK PUN KADANG MENGUNTUNGKAN

Ada yang pernah menonton film The Expendables yang disutradarai oleh Sylvester Stallone ? Jika ada yang pernah menonton, tentu saja tahu bahwa di salah satu bagian film tokoh Yang yang diperankan oleh Jet Li mengatakan tentang keunggulan yang dimiliki olehnya terkait postur tubuh. Seperti hampir semua orang Asia, tokoh Yang dalam film tersebut memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan orang barat, namun siapa sangka bahwa ternyata posturnya yang lebih pendek tersebut justru menguntungkan dirinya. Dalam pertarungan melawan tokoh Gunner yang awalnya adalah kawan satu timnya namun akhirnya membelot, tampak sekali keunggulan postur yang dimiliki oleh tokoh Yang. Dalam pertarungan tersebut Yang berhasil memaksa Gunner untuk masuk ke suatu lokasi yang tingginya hanya setinggi tubuh Gunner, namun  sangat cocok untuk Yang yang memiliki postur lebih pendek. Tampak dalam pertarungan tersebut, tokoh Gunner beberapa kali terbentur dengan tiang-tiang besi yang menjadi penyangga ruangan tersebut. Akibat postur tubuh yang jauh lebih tinggi dibandingkan Yang, Gunner kewalahan menghadapi serbuan yang dilakukan oleh Yang dan membuatnya dikalahkan dalam pertarungan tersebut.

Nah dari adegan dalam film tersebut, kita yang sering kali mengeluhkan mengenai postur tubuh kita yang kurang tinggi atau terlalu pendek dibandingkan dengan orang lain, harusnya bersyukur. Aku sendiri ditegur oleh film tersebut sebab terkadang aku juga memiliki pemikiran yang seperti itu. Terkadang aku merasa aku kurang tinggi jika dibandingkan dengan teman-temanku yang lebih tinggi, namun akhir-akhir ini aku belajar bahwa kita semua sudah ditentukan sejak dari awal bahwa kita memiliki suatu tinggi badan tertentu yang cocok untuk kita. Aku belajar untuk mengingatkan diriku sendiri bahwa apapun yang kita miliki dalam diri kita sudah dibuat cocok untuk diri kita dan akan menghasilkan kebaikan untuk diri kita pula. Aku belajar untuk menyadari bahwa segala sesuatu yang ada pada diri kita sudah dirancang untuk memberikan keuntungan bagi kita pada saat-saat yang tepat, seperti yang ditunjukkan dalam adegan pertarungan antara tokoh Yang melawan Gunner dalam film The Expendables.
Jadi mulai hari, kita semua harus belajar untuk mensyukuri apapun yang ada pada diri kita, sebab segala sesuatu yang ada pada diri kita sudah dirancangkan yang terbaik untuk kebaikan dan keuntungan diri kita. Segala sesuatu yang ada pada diri kita merupakan desain yang terbaik untuk kita. Semuanya itu ditujukan untuk keuntungan kita semata. Jadi kita harus untuk memiliki sudut pandang serta pola pikir yang benar agar kita mampu melihat bahwa segala sesuatunya yang ada pada diri kita adalah baik adanya. Kita harus memandang dengan cara-cara yang tepat agar kita tidak selalu bersungut-sungut atau mengeluhkan apa yang ada pada diri kita. Segala sesuatu yang sudah menjadi desain atau rancangan diri kita adalah sesuatu yang paling baik bagi kita. Miliki pola pikir yang benar.

Tickerbar