Friday 24 September 2010

MENGAPA NEGARA KITA BELUM BISA MAJU ?

Mengapa selama ini Negara kita belum bisa disebut Negara maju dan kaya?

Mari kita melihat perbedaan antara negara miskin dan negara kaya:

Bukanlah pada umur Negara. Dapat kita saksikan negara India dan Mesir umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi tetap merupakan negara miskin. Di lain pihak Kanada, Australia dan Selandia Baru, 150 tahun yang lalu merupakan negara yang tidak mengesankan. namun saat ini merupakan negara yang maju dan kaya. Nah. perbedaan antara negara miskin dan negara kaya : bukan terletak pada ketersediaan sumber daya alam.

Lihatlah. Jepang adalah negara kecil di mana 80% tanahnya bergunung, yg tidak cocok untuk pertanian & peternakan, tetapi termasuk negara terkaya di dunia. negara ini spt pabrik raksasa yg mengambang, mengimpor bahan mentah dari seluruh dunia, dan mengekspor barang jadi hasil industri

Contoh lain: Swiss, yg tidak menanam pohon coklat di negaranya, tetapi memproduksi coklat terbaik di dunia. di lahan mereka yg sempit, mereka beternak dan bercocok tanam hanya selama 4 bulan setahun. tidak hanya itu mereka juga memproduksi hasil peternakan dengan kualitas terbaik. Swiss adalah negara kecil yang mencerminkan keamanan, patuh hukum, ketenangan, kenyamanan yang membuat negara tetap aman.

Para eksekutif dari negara kaya yang mengadakan kerja sama dengan rekannya di negara miskin menunjukkan bahwa: tidak ada perbedaan intelektual yang berarti antara keduanya. suku dan warna kulit juga tidak penting para imigran yang dianggap pemalas di negara asalnya adalah tenaga produktif di negara eropa yang kaya.

Perbedaannya antara Negara kaya dan Negara miskin adalah lebih disebabkan oleh perilaku masyarakat /bangsa yang telah dibentuk selama bertahun-tahun oleh pendidikan dan budaya.

Berdasarkan analisis perilaku masyarakat/bangsa dari negara kaya/maju dan negara miskin, diketahui bahwa masyarakat negara kaya/maju mengikuti prinsip-prinsip hidup sebagai berikut
  1. etika, sebagai prinsip dasar.
  2. integritas
  3. tanggung jawab
  4. menghormati hukum & peraturan
  5. menghormati hak-hak warga negara yang lain
  6. cinta bekerja.
  7. berjuang utk menghemat dan menanam modal
  8. memiliki niat yg kuat utk menjadi yg terbaik
  9. tidak boros
Di dalam negara yang miskin, hanya sedikit orang yang mengikuti prinsip dasar tersebut diatas dalam kehidupan sehari-hari jadi ………. dapat disimpulkan kita menjadi miskin bukan disebabkan kekurangan sumber daya alam, atau keadaan alam yg kejam, akan tetapi kita miskin karena perilaku kita sendiri. 

Kita kurang kemauan utk melaksanakan dan mengajarkan kepada orang lain prinsip-prinsip dasar dari masyarakat maju tersebut.

Kalau anda tidak menyampaikan pesan ini kepada orang lain tidak akan terjadi apa-apa;
  • binatang peliharaan anda tidak akan mati,
  • anda tidak akan dipecat,
  • anda tidak akan mengalami nasib buruk dan,
  • anda tidak akan jatuh sakit
kalau anda mencintai negeri ini sebarkan pesan ini kepada masyarakat banyak dan ; berubahlah, bertindaklah. (sumber: http://dreamindonesia.wordpress.com/2009/04/24/mengapa-negara-kita-belum-bisa-maju/)

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger