Saturday 25 September 2010

ARTI NAMAKU

Setiap orang pasti memiliki nama dan setiap nama pasti memiliki arti. Nama kita memang bukanlah pilihan kita, bisa kakek atau nenek kita, orang tua kita, paman atau bibi kita, atau keluarga kita yang lain memilihkan nama kita. Namun siapapun yang memilihkan nama kita, mereka pasti memilihkan nama yang terbaik untuk kita. Nama yang berisi harapan-harapan untuk masa depan kita, nama yang diharapkan tercermin dalam karakter maupun perilaku kita, nama yang pasti berarti baik.
Awalnya aku tidak mengetahui apa arti namaku, namun setelah aku mulai mengerti bahwa nama memiliki arti dan karena penasaranku, maka aku mencoba mencari tahu apa arti namaku. Kebetulan di rumah ada buku yang berisi daftar nama-nama bayi beserta artinya. Dengan segera aku buka buku tersebut dan mencoba mencari tahu apa arti namaku. Setelah membalik halaman demi halaman, aku menemukan arti yang sangat indah dari namaku. Sebuah arti nama yang aku yakin dan percaya berisi harapan dari kedua orang tuaku untuk aku.

Nama lengkapku adalah Peter Adi Saputro. Kata pertama dari namaku , Peter, merupakan bentuk lain dari Petrus yang berarti batu karang atau bukit batu karang. Aku mencoba menalar dan akhirnya menyadari bahwa mungkin saja kedua orang tuaku mengharapkan anak pertamanya ini memiliki jiwa, karakter, dan sifat yang kuat seperti batu karang. Mungkin saja orang tuaku berharap aku sebagai anak pertama dapat menjadi tonggak yang kuat serta pembimbing dan teladan yang baik bagi adik-adikku. Kata berikutnya adalah, Adi, yang berarti satu atau tunggal. Menurut asumsiku kata ini memiliki beberapa makna, yaitu mungkin saja orang tuaku hanya ingin memiliki satu anak laki-laki, bisa juga untuk menunjukkan bahwa aku adalah pertama, dan bisa juga orang tuaku mengharapkan bahwa aku jadi orang yang hebat atau nomor satu. Kata yang terakhir adalah Saputro, yang terdiri dari dua suku kata Sa dan Putro. Sa bisa juga merupakan kependekan dari kata satu atau bisa juga berarti satu atau tunggal. Sedangkan Putro berarti putra atau pria atau laki-laki. Jadi jika digabung bisa berarti anak pria pertama, satu-satunya anak pria yang diharapkan untuk dimiliki oleh kedua orang tuaku, atau bahkan mungkin orang tuaku berharap aku menjadi pria nomor satu hahaha….
Bila digabung seluruhnya, maka nama lengkapku bisa memiliki beberapa arti yaitu anak laki-laki pertama yang diharapkan memiliki karakter atau mental setangguh batu karang, anak laki-laki pertama yang diharapkan memiliki karakter atau setangguh batu karang yang diharapkan dapat menjadi nomor satu atau yang terbaik, anak laki-laki pertama dan satu-satunya yang memiliki mental setangguh karang untuk menjadi pembimbing bagi adik-adiknya, dan masih banyak kemungkinan makna atau arti yang lain dari namaku yang aku yakin semuanya berisi harapan yang indah dan hebat dari kedua orang tuaku. Bagaimana dengan arti nama kalian ? Aku yakin kedua orang tua kalian atau siapapun yang memberikan nama bagi kalian pasti memiliki harapan yang indah untuk kalian. Sangat jarang atau bahkan mungkin tidak ada orang tua yang tidak memiliki harapan yang baik, indah, dan luar biasa untuk anak-anaknya. Harapan tersebut dapat dicurahkan dalam banyak hal, termasuk nama. Temukan arti nama kalian dan sadari betapa baik, indah, dan luar biasanya harapan orang yang memberi kalian nama.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger