Thursday 23 September 2010

ALASAN AKU TERUS MENULIS

Sejauh yang aku tahu, setiap pasti memiliki motif atau alasan atau latar belakang mengapa ia melakukan sesuatu. Awalnya aku sempat beranggapan bahwa beberapa motif tertentu tidak atau kurang baik, namun beberapa bulan yang lalu pandanganku diubahkan oleh salah seorang kawan yang juga telah berubah pandangan. Setiap orang berhak memiliki alasan atau motif atau latar belakang apapun dalam melakukan sesuatu, asalkan semuanya itu tidak merugikan orang lain. Tulisan kali ini menyangkut alasan atau motivasi yang membuat aku terus menulis. Semoga berguna.
Dulu, waktu aku masih kecil, aku jarang menulis namun semenjak memasuki bangku kuliah aku mulai belajar menulis. Menuliskan apapun yang terdapat di pikiranku yang aku rasa dapat ditulis atau dapat menginspirasi orang lain. Awalnya tulisanku masih belepotan atau tidak karuan (mungkin sekarang juga masih seperti itu), namun seiring berjalannya waktu aku belajar untuk menyusun alur tulisan yang lebih baik dan lebih baik meskipun terkadang juga masih ada tulisanku yang agak kacau. Aku menggunakan tulisan demi tulisan yang aku buat sebagai sarana berlatih untuk menghasilkan tulisan yang lebih bermutu, lebih mudah dicerna, dan tentu saja diharapkan dapat menginspirasi orang lain. Melalui tulisan demi tulisan lepas yang aku buat, aku juga sedang mempersiapkan diri sebagai langkah awal untuk impian yang lebih besar yaitu menulis buku. Aku percaya bahwa hal-hal yang besar selalu dimulai atau diawali dengan hal-hal kecil.
Untuk menjadi seorang bos atau menduduki jabatan eksekutif puncak seringkali kita harus mengawalinya dengan menjadi karyawan dengan jabatan yang posisinya jauh lebih rendah untuk kemudian dengan kinerja kita yang terus membaik secara perlahan kita akan terus naik tingkat. Hal yang sama aku yakin juga berlaku untuk menulis dan dalam segala bidang kehidupan yang lain. Sebelum kita dapat memperoleh kepercayaan untuk mengerjakan hal-hal besar, kita selalu diuji kemampuan kita untuk menangani hal-hal yang kecil atau sepele terlebih dahulu. Ketika kita melakukan yang kecil atau sepele dengan sangat baik, suatu saat akan tiba saatnya kita diberi kepercayaan untuk menangani pekerjaan atau hal-hal yang lebih besar.
Jadi aku membuat tulisan demi tulisan lepas yang aku posting di blogku dengan satu harapan bahwa suatu saat aku dapat membuat buku yang akan diterbitkan, dibaca orang banyak, dan dapat menginspirasi orang lain untuk menjadi yang terbaik dalam hidupnya. Aku menjadikan tulisan demi tulisan lepas tersebut sebagai sarana untuk berlatih untuk menghasilkan tulisan yang lebih runtut dan mudah dipahami. Jadi pelajarannya adalah hal-hal besar selalu diawali dengan hal-hal kecil. Untuk menjadi orang besar kita harus mengawalinya dengan setia melakukan perkara-perkara kecil yang dipercayakan kepada kita hingga suatu saat tiba waktunya bagi kita untuk menangani perkara yang lebih besar. Semoga berguna dan memberikan inspirasi.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger