Thursday, 27 October 2016

Doyan Makan Terong ? Berikut Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu !

Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Manfaat Terong Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Banyak dari kita mungkin doyan sekali makan terong, baik digunakan sebagai lalapan mentah atau setengah matang, dimasak sebagai sayur, maupun digoreng yang kerap kita jumpai di penjual nasi penyet atau nasi sambal. Namun mungkin pula tak banyak dari kita yang tahu manfaat dari sayuran yang umumnya berwarna ungu tua ini. Saya pun juga tak terlalu tahu manfaatnya. Jadi, mari kita pahami bersama manfaat terong yang mungkin belum kita tahu.

Menurut situs boldsky.com, terong atau terung memiliki beragam kandungan zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, antara lain asam caffeic, klorogenat, dan nasunin. Berikut manfaat dari ketiga zat yang terkandung dalam terong yang mungkin belum kita tahu.

1. Antioksidan
Antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Berbagai penelitian pernah dilakukan menunjukkan bahwa paparan radikal bebas yang terus-menerus dapat menjadi pemicu dari munculnya berbagai penyakit, antara lain kanker, jantung, dan kerusakan DNA.

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam terong juga dapat mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular. Itulah mengapa makan terong dapat mengurangi resiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung.

2. Nasunin
Kandungan nasunin yang bersifat antioksidan dalam terong memiliki fungsi untuk menyehatkan otak. Nasunin melindungi lipid atau lemak di membran otak dari ancaman radikal bebas.

3. Serat
Sayuran berwarna ungu ini ternyata juga mengandung banyak serat. Serat membantu menurunkan kolesterol dan membantu memperlancar aliran darah. Kandungan serat juga baik bagi jantung. Selain itu, serat juga turut memperbaiki sistem metabolisme tubuh manusia.

4. Vitamin B
Kandungan vitamin B yang terdapat dalam terong membantu meningkatkan energi tubuh, bermanfaat untuk sistem saraf, dan membantu menjaga keseimbangan hormon.

Itulah beberapa manfaat terong yang mungkin belum kita tahu. Semoga artikel ringkas ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kandungan nutrisi dan gizi dalam terong. Semoga bermanfaat pula untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Tickerbar

KumpulBlogger