Tuesday, 17 November 2015

Oscar dos Santos Emboaba Junior: Sang Gelandang Serang Mungil Chelsea

Oscar diperkenalkan sebagai pemain baru Chelsea.
Satu tulisan lagi mengenai seorang pesepakbola hebat (menurut saya) dan seorang pemain Chelsea. Saya memang salah satu pendukung Chelsea, namun saya bukan tipe pendukung yang fanatik terhadap suatu klub tertentu. Sebab, saya selalu terinspirasi oleh tim-tim atau klub-klub besar maupun kecil yang bisa memberikan penampilan atau performa yang melebihi kondisi atau kemampuannya yang seharusnya. Namun kali ini memang nama Oscar lah yang terpikir untuk saya buat tulisan.
Oscar dos Santos Emboaba Junior
Oscar dos Santos Emboaba Junior
Oscar dos Santos Emboaba Junior atau yang lebih dikenal sebagai Oscar merupakans seorang pesepakbola profesional kelahiran Sao Paulo, Brazil, tanggal 9 September 1991. Pemain berumur 24 tahun tersebut kini bermain untuk klub Premier League Inggris Chelsea dan juga tim nasional Brazil. Posisi utama yang biasa ditempatinya adalah gelandang serang atau gelandang tengah, namun apabila dibutuhkan Oscar juga dapat bermain sebagai gelandang sayap. Oscar memulai karier sepak bola di akademi sepak bola UniĆ£o Barbarense, kemudian bergabung ke akademi sepak bola Sao Paulo hingga berhasil masuk tim utama. Pada tahun 2009, karena melihat dan merasakan adanya kejanggalan pada kontraknya, Oscar dan perwakilannya kemudian mengajukan perkara ke pengadilan. Agen Oscar mengklaim bahwa klub belum membayar gaji Oscar sesuai dengan perjanjian. Akibatnya, perwakilan Oscar berpendapat bahwa perjanjian kontrak tersebut telah secara otomatis batal demi hukum sehingga Oscar dapat bebas pindah ke klub manapun yang diinginkan. Namun Sao Paulo tetap ngotot bahwa Oscar masih merupakan pemain mereka dan mengajukan banding hukum yang melarang Oscar bermain untuk Internacional di ajang Copa Libertadores.
Oscar dos Santos Emboaba Junior: Sang Gelandang Serang Mungil Chelsea
Pada tahun 2010, Oscar memutuskan berpindah klub dan bergabung ke Internacional setelah sebelumnya sempat mengalami permasalahan terkait kontrak dengan Sao Paulo. Perselisihan yang telah ada sejak tahun 2009 tersebut akhirnya dapat diselesaikan antara Sao Paulo dengan Internacional pada 30 Mei 2012. Oscar bermain untuk Internacional selama dua tahun, sebelum akhirnya pindah ke klub Premier League Inggris, Chelsea pada tahun 2012.
Pada 16 Juli 2012, Chelsea dilaporkan telah mencapai kesepakatan dengan Internacional terkait biaya transfer Oscar. Pada 21 Juli 2012, Oscar menyatakan telah menjalani pemeriksaan medis dengan Chelsea, tetapi masih menunggu hingga berakhirnya Olimpiade London 2012 untuk menentukan nasibnya. Namun, pada 25 Juli 2012, sebelum Olimpiade berlangsung, Chelsea telah mengumumkan melalui situs resminya bahwa seluruh proses terkait transfer Oscar telah rampung. Biaya transfer dilaporkan sebesar £25 Juta (25 Juta Poundsterling) untuk kontrak selama 5 tahun.

Pada awal masa baktinya di Chelsea, Oscar mengenakan kostum nomor 11 yang sebelumnya dikenakan oleh Didier Drogba dan lowong sejak Drogba tidak lagi ada di Chelsea. Pada 19 Agustus 2012, Oscar melakukan debut untuk Chelsea dengan masuk sebagai pemain pengganti pada laga melawan Wigan Athletic menggantikan Eden Hazard. Pada pertandingan berikutnya, di kemenangan kandang 4-2 atas Reading, pada tanggal 22 Agustus 2012, Oscar sekali lagi masuk sebagai pemain pengganti, kali ini menggantikan Ramires. Oscar kembali tampil sebagai pemain pengganti saat klubnya kalah 1-4 dari Atletico Madrid pada pertandingan Piala Super Eropa 2012.
Oscar melakukan shot on goal.
Oscar membuat debut di pertandingan Liga Champion UEFA pada laga menghadapi Juventus. Pada laga tersebut, ia mencetak dua gol. Gol pertama tercetak melalui tembakan yang membentuk kaki bek lawan. Sementara, gol kedua terjadi melalui tembakan melengkung jarak jauh yang melewati jangkauan penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon. Berkat dua golnya tersebut, Oscar menjadi pemain terbaik pada laga tersebut.
Karir Oscar di tim nasional Brazil dimulai di level under 20 (U-20). Prestasi paling fenomenal yang pernah ditorehkannya selama membela Brazil U-20 adalah mencetak hattrick pada laga pamungkas Piala Dunia U-20 FIFA 2011 kala melawan Portugal U-20. Hattrick nya mampu membawa Brazil menjuarai turnamen tersebut dan sekaligus menorehkan rekor pribadinya sebagai pemain pertama dalam sejarah yang mampu mencetak tiga gol pada laga Piala Dunia U-20.
Prestasi gemilang kala membela tim nasional U-20 membuatnya kembali dipanggil dan diberi kesempatan untuk tampil membela timnas pada ajang Olimpiade London 2012. Pada pertandingan perdana antara timnas Brazil U-23 melawan Mesir U-23, Oscar menjadi pengumpan untuk 2 gol yang dicetak Brazil, yang akhirnya membuat Brazil mampu memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-2. Pada pertandingan berikutnya, Oscar kembali menjadi pahlawan kemenangan Brazil melalui satu gol yang dicetaknya setelah menyelesaikan umpan dari Neymar. Gol tersebut membuat Brazil mengalahkan Belarus U-23 dengan skor 3-1. Pada pertandingan semifinal, Oscar sekali lagi menjadi pahlawan kemenangan Brazil melalui dua assist yang diberikannya untuk Romulo dan Leandro Damiao yang membuat Brazil mampu mengalahkan timnas Korea Selatan U-23 dengan skor 3-0.
Salah satu ekspresi Oscar setelah mencetak gol.
Atas sejumlah penampilan gemilang yang ditunjukkannya kala tampil membeli timnas Brazil kategori usia, akhirnya Oscar memperoleh kesempatan untuk membeli timnas senior. Debut Oscar sendiri terjadi pada laga menghadapi Argentina, kala itu Oscar tampil sebagai pemain pengganti. Berkah bagi Oscar datang kala gelandang serang tengah Brazil, Ganso tengah cedera, sejak saat itu Oscar sering tampil sebagai pemain timnas senior, baik sejak menit pertama maupun sebagai pemain pengganti.
Bahkan pada bulan Juni 2012, Oscar akhirnya mampu mencetak gol perdananya untuk timnas senior Brazil pada sebuah laga persahabatan melawan Argentina. Sayangnya gol yang dicetak olehnya masih belum mampu menyelamatkan Brazil dari kekalahan dengan skor 3-4. Namun walaupun begitu, performa Oscar tetap terus menanjak hingga kini. Dan seiring dengan itu pula, berbagai penghargaan serta prestasi, baik individu maupun tim, berhasil diperolehnya.
Itulah sekilas biografi ringkas dan perjalanan karir mengenai Oscar dos Santos Emboaba Junior Sang Gelandang Serang Mungil Chelsea. Semoga ke depan Oscar tetap mampu bermain gemilang secara konsisten dan juga mampu membawa klub yang dibelanya meraih prestasi demi prestasi yang gemilang. Semoga bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger