Friday 17 June 2011

Mengajar Komputer, Menarik Juga !

Saya tidak pernah terpikir atau bermimpi sekalipun bahwa saya akan mengajar komputer dan akhirnya memutuskan hal tersebut sebagai salah satu profesi yang saya jalani saat ini. Saya sendiri tidak begitu mengerti bagaimana hal tersebut bermula, namun sejauh yang saya ingat, saya pernah berkata kepada salah seorang kawan bahwa jika andai saya harus mengajar, maka saya akan lebih menyukai mengajar komputer. Saya memilih mengajar komputer karena saya berpikir bahwa dengan mengajar komputer, saya mau atau tidak akan dipaksa untuk tetap belajar hal-hal baru yang berhubungan dengan komputer. Selain itu, saya juga berpikir bahwa dengan mengajar komputer saya dapat berbagi apa yang saya ketahui dengan orang-orang lain yang belum tahu dan masih ingin tahu.
Sampai saat ini (saat tulisan ini dibuat) saya sudah hampir dua tahun mengajar, meskipun murid yang saya ajar juga belum terlalu banyak, sebab diawal menjalaninya saya kurang fokus dan tidak benar-benar serius menyisihkan waktu untuk menjalani profesi tersebut. Kala itu saya tengah bimbang oleh beberapa pilihan profesi yang akan saya jalani, namun setelah hampir satu tahun merenung serta memikirkannya, akhirnya saya memutuskan bahwa bidang komputer akan jadi jalur saya meraih sukses demi sukses di masa depan. Saya memutuskan untuk kembali menekuni komputer sebagai bidang yang sudah saya pilih sejak enam tahun lalu dan bahkan yang sudah saya cintai sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Saya mencintai komputer, entah dari mana asalnya saya juga tidak tahu, tapi yang pasti saya seolah benar-benar terpana pada pandangan pertama ketika mengetahui komputer.
Setelah hampir dua tahun mengajar komputer untuk berbagai orang dengan karakteristik serta kepribadian yang berbeda, saya menyadari satu hal, bahwa mengajar komputer itu menarik dan menyenangkan. Selain dapat bertemu serta mencoba mengenali orang dengan latar belakang, kepribadian, serta profesi yang berbeda-beda, saya juga dapat membantu orang lain untuk dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih baik. Saya pernah mengajar orang dengan beragam profesi mulai dari dosen, sales, pelajar, mahasiswa, karyawan, sampai manajer suatu perusahaan. Satu hal paling menarik yang saya temukan dari mengajar komputer adalah bagaimana menerjemahkan bahasa teknis yang dengan mudah dipahami dan sering digunakan oleh orang-orang komputer menjadi bahasa yang dapat dengan mudah dipahami oleh orang-orang non-komputer. Saya cukup beruntung karena saya juga memiliki teman-teman dengan latar belakang berbeda, sehingga ketika saya berbicara dengan mereka dan sedikit menyinggung komputer, saya berusaha untuk menggunakan bahasa yang orang awam pahami. Hal tersebut tanpa saya sadari telah membantu serta melatih saya untuk membantu saya mengajar dengan lebih baik dan tanpa kesulitan ketika harus menerjemahkan istilah komputer menjadi istilah yang dipahami orang. Sungguh, ternyata mengajar komputer asyik juga. Saya suka mengajar komputer, dan terlebih lagi saya mencintai komputer serta akan terus mencintainya.
NB: Bagi yang ingin belajar komputer atau pemrograman, dapat menghubungi saya melalui komentar pada tulisan ini atau dapat melihat informasi seputar usaha saya disini Peta Education. Untuk sementara hanya melayani mengajar di wilayah Surabaya.
                         

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger