Wednesday, 22 April 2015

Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya

Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya
Doodle Hari Bumi 2015 (sumber: www.google.com)
22 April selalu menjadi hari yang diperingati di hampir seluruh penjuru dunia. Hari yang begitu terkenal di seluruh dunia. Ada apakah gerangan dengan hari tersebut ? Simak saja postingan kali ini. Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya.

1. Hari Bumi (Earth Day) sebenarnya adalah hari pengamatan tentang Bumi yang dicanangkan setiap tahun dan diperingati secara internasional.

2. Hari Bumi ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap planet tempat kita tinggal, yaitu planet Bumi.

3. Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April dan dicanangkan oleh seorang pengajar lingkungan hidup sekaligus Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970.
Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya
Simbol Ekologi oleh Ron Cobb (sumber: wikipedia.com)

4. Hari ini bertepatan dengan musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan.

5. PBB merayakan Hari Bumi pada tanggal yang berbeda, yaitu 20 Maret yang merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan oleh seorang aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969. Hari itu adalah hari dimana Matahari tepat berada di atas Khatulistiwa yang dikenal dengan Ekuinoks Maret.

6. Hari Bumi diperingati oleh sekitar 175 negara dan dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) yang berpusat di Seattle, Amerika Serikat.


7. Peringatan Hari Bumi turut menginspirasi lahirnya organisasi internasional pelestari lingkungan, Green Peace, di Kanada. Organisasi yang terkenal dengan aksi-aksi nekat dan kreatif.

8. Hari Bumi pertama dirayakan di Amerika Serikat oleh peserta yang berasal dari sekitar dua ribu perguruan tinggi serta kampus, sekitar sepuluh ribu sekolah dasar sampai menengah, dan ratusan komunitas dengan jumlah total peserta mencapai dua puluh juta orang.
Cover Edisi Pertama Silent Spring
Cover Edisi Pertama Silent Spring

9. Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) didirikan pada tahun 1993 dengan tujuan untuk membentuk suatu jaringan internasional yang bertugas mengorganisasikan peringatan Hari Bumi.

10. Hari Bumi 2015 merupakan Peringatan Hari Bumi ke-45.

11. Kesadaran lingkungan hidup pada masyarakat Amerika mulai tergugah sejak diterbitkannya sebuah buku berjudul "Silent Spring" karya Rachel Carson pada tahun 1962.

12. Beberapa kelompok pelestari dan pemerhati lingkungan lain yang turut lahir sebagai bentuk keberhasilan Hari Bumi pada tahun 1970, antara lain Environmental Action, Environmental for Full Employment, dan Worldwatch Institute.

13. Sejak dicanangkannya Hari Bumi pada tahun 1970, anggota kelompok-kelompok pelestari dan pemerhati lingkungan bertumbuh dengan pesat jumlahnya.

14. Peringatan Hari Bumi tahun ini mengambil tema "It's Our Turn to Lead" yang berisi ajakan agar setiap individu mau mengembangkan inisiatif untuk hidup lebih "hijau".

15. Beragam kegiatan atau acara diadakan di berbagai belahan dunia untuk memperingati Hari Bumi,  sebagian diantaranya bahkan ada yang terkesan unik. Berikut beberapa diantaranya adalah Long March, Lomba Kostum, Green Opini, Karnaval Hari Bumi, Pemutaran Film, Acara Bersih-Bersih Lingkungan, dan lain sebagainya. Dan tentu saja tidak lupa, Doodle peringatan Hari Bumi oleh Google.

Demikianlah Beberapa Hal Seputar Hari Bumi Internasional dan Tanggal Peringatannya. Semoga Bumi kita ini tetap selalu lestari, hijau, dan nyaman untuk kita tinggali sepanjang masa. Selamat Hari Bumi 2015 !
sumber: dari berbagai sumber.

Tickerbar