Monday, 18 November 2013

Awal Semula

Ketika sedang berada di perjalanan ke lokasi saya berada sekarang, secara tiba-tiba terbersit kata-kata yang menjadi judul dari tulisan kali ini. Tulisan ini bukan bermaksud membahas film semi dokumenter tentang salah satu band ternama di negeri ini yang saya yakin sedang booming sekarang. Bukan ini sama sekali bukan tentang film tersebut maupun grup band nya. Walaupun gagasan dasarnya kemungkinan besar mirip dengan gagasan yang coba diangkat oleh film tersebut.
Menurut banyak ulasan maupun berita yang saya baca di internet, film tersebut berkisah tentang upaya kebangkitan kembali dari grup band Noah setelah mengganti nama band dari nama yang sebelumnya. Seperti yang mungkin sebagian besar dari kita semua tahu bahwa grup band tersebut (masih dengan nama lama) sempat mengalami perpecahan di dalam kubu band tersebut yang pada akhirnya berujung pada pemecatan dua orang anggota band. Itulah awal mula kisah permasalahan yang dihadapi oleh grup band tersebut. Permasalahan berlanjut ketika sang vokalis terkena kasus yang akhirnya mengharuskannya mendekam di balik jeruji besi selama sekitar dua tahun. Masalah kedua ini yang dapat dikatakan menurunkan pamor serta kinerja band secara drastis. Banyak pekerjaan yang harus mereka lakukan akhirnya tertunda.
Setelah masalah demi masalah yang sempat menghempaskan band tersebut, akhirnya titik cerah mulai datang. Hal itu diawali oleh bebas bersyaratnya sang vokalis yang turut memberi kesempatan kepada band tersebut untuk segera bersiap melanjutkan seluruh pekerjaan yang sempat tertunda. Dengan segera dan gegas mereka pun bergerak untuk menuntaskan pekerjaan yang ada. Dukungan dari manajemen baru turut mempermudah mereka dalam menyelesaikan seluruh tanggung jawab yang harus mereka tuntaskan. Gerak cepat yang mereka lakukan akhirnya sanggup membawa popularitas band tersebut kembali naik dengan cepat. Berbagai pekerjaan terkait dengan pembuatan album mereka tuntaskan, promo album mereka jalankan, konser demi konser pun mulai terselenggara kembali. Kesempatan kedua yang mereka miliki mereka manfaatkan sebaik mungkin sehingga akhirnya nama mereka berkibar kembali dan bahkan mungkin lebih terkenal dibandingkan ketika masih menggunakan nama lama mereka.
Satu pelajaran utama yang dapat kita semua petik dari cerita ringkas mengenai perjalanan grup band tersebut adalah bahwa dalam suatu ketika kita dapat mengalami kegagalan dan kejatuhan. Bahkan kegagalan serta kejatuhan yang sangat parah dan dalam sehingga dari awalnya kita sangat hebat, sangat sukses, sangat ternama, sangat dikenal baik di masyarat serta lingkungan sekitar kita, namun kemudian dengan tiba-tiba kita terhempas jatuh dan mengalami berbagai kegagalan serta masalah yang seolah mendera tiada henti. Namun kita semua belajar mengingatkan diri kita bahwa kita harus bertahan sebaik mungkin sambil terus berupaya memperbaiki diri kita sendiri. Kita juga perlu untuk tetap percaya bahwa seluruh upaya memperbaiki diri yang kita lakukan pada akhirnya akan membawa kita pada sebuah kesempatan kedua untuk kembali meraih kesuksesan, kejayaan, popularitas, serta nama baik yang sebelumnya kita miliki. Bahkan mungkin kisah kita juga dapat seperti kisah dari grup band Noah yang justru melambung lebih tinggi dalam hal sukses setelah kejatuhan yang mereka alami.
Dalam seluruh perjalanan hidup kita, mungkin kita akan pernah mengalami satu, dua, bahkan sejumlah kegagalan. Namun kita perlu belajar untuk tetap percaya dan memiliki optimisme bahwa suatu saat nanti semua itu juga akan berlalu. Di ujung dari semua kegagalan yang pernah kita alami akan ada suatu titik dimana kita semua memiliki kesempatan lain untuk bangkit dan meraih sukses serta kejayaan yang lebih baik dan lebih hebat dibandingkan sebelumnya. Tak pernah menyerah untuk tetap berusaha menjadi lebih baik di tengah setiap masalah yang kita alami dan yakinkan diri kita bahwa Tuhan akan memberikan kesempatan lain untuk menjadikan kita pribadi yang lebih daripada sebelumnya. Percayalah bahwa setiap kesulitan, kegagalan, kejatuhan yang kita alami adalah suatu sarana yang disediakan bagi untuk meraih hasil-hasil yang jauh lebih spektakuler dibanding sebelumnya.
Demikian sharing yang dapat saya bagi dalam tulisan kali ini. Semoga sharing ringan dan ringkas ini dapat memberikan pemahaman yang bermakna bagi kita semua yang masih terus berupaya untuk menjadikan diri kita sebagai pribadi yang lebih baik. Semoga kisah yang terinspirasi dari gagasan dasar film Awal Semula dapat menjadi pelajaran yang baik bagi kita semua. Yakinkan diri kita bahwa kesempatan kedua, ketiga, dan seterusnya pasti akan datang. Tetap optimis !

Tickerbar

KumpulBlogger