Thursday, 21 November 2013

Kenapa Noah ?

Tulisan kali ini masih terinspirasi oleh band Noah, inspirasi kali ini pun masih ada hubungannya dengan tulisan saya yang sebelumnya. Jika sebelumnya saya membahas mengenai film dokumenter dari grup band tersebut, maka kali ini saya hendak membahas mengenai nama dari grup band tersebut. Sebenarnya nama tersebut masih ada kaitannya dengan judul film dokumenter grup tersebut dan sekaligus juga berisi harapan dari grup tersebut untuk band mereka sendiri.

Menurut ajaran agama Kristiani, Noah atau Nuh adalah nama salah satu nabi dalam ajaran agama tersebut. Noah atau Nuh adalah nabi yang diijinkan oleh Tuhan untuk membuat sebuah kapal atau bahtera besar yang nantinya digunakan oleh dirinya serta keluarga dan seluruh ternak untuk dapat selamat dari air bah yang membanjiri seluruh bumi. Berdasarkan cerita dalam kitab suci agama tersebut diceritakan bahwa manusia pada kala itu telah berbuat dosa yang melebihi kadar yang dapat diberikan toleransi lagi oleh Tuhan, sehingga pada akhirnya Tuhan memutuskan bahwa Tuhan akan memberikan bencana air bah yang akan menenggelamkan seluruh bumi beserta seluruh makhluk yang ada di dalamnya. Namun karena Tuhan melihat ada manusia yang masih dianggap setia dan hidup dengan benar serta agar manusia serta seluruh makhluk masih dapat lestari kembali setelah bencana air bah surut, maka dia perintahkan nabinya untuk membuat bahtera yang dapat mereka gunakan agar dapat terhindar dari bencana air bah tersebut.

Jadi dapat dikatakan bahwa Nuh adalah nabi dan manusia yang pernah menyaksikan seluruh dunia serta makhluk yang ada didalamnya dihancurkan serta luluh lantak oleh karena penghukuman. Nuh adalah nabi dan manusia yang pernah menyaksikan serta mengalami kehancuran yang luar biasa dalam sejarah hidupnya, namun di sisi lain dia juga nabi dan manusia yang pernah menyaksikan suatu kehidupan baru muncul melalui keluarganya dan makhluk hidup yang dibawanya masuk ke dalam bahtera. Jadi singkatnya Nuh adalah nabi dan manusia yang pernah mengalami kehancuran dalam sejarah hidupnya dan sekaligus pernah menyaksikan kebangkitan kehidupan yang baru muncul.

Cerita yang saya sampaikan di atas mungkin menjadi salah satu alasan mengapa grup band Noah memilih menggunakan nama Noah. Mereka berharap agar mereka yang pernah mengalami kehancuran dalam sejarah hidup mereka dapat menyaksikan pula suatu kebangkitan yang baru dalam sejarah. Kebangkitan menuju sukses yang pernah mereka raih dan miliki sebelumnya. Kebangkitan dan kesuksesan yang pernah mereka miliki dan raih ketika masih menggunakan nama lama mereka.

Jadi, dalam pendapat saya sendiri, Noah memang nama yang memiliki makna yang indah dan layak digunakan untuk orang-orang atau grup band sekalipun yang sedang memiliki impian untuk dapat menyaksikan kebangkitan baru dalam sejarah hidupnya. Itulah sekilas ulasan saya mengenai salah satu alasan yang mungkin menjadi alasan mengapa grup band Noah memiliki untuk menggunakan Noah sebagai nama baru band mereka.

Tickerbar

KumpulBlogger