Friday, 18 February 2011

Internet sebagai Kebutuhan Hidup

Selama ini, kita sebagai manusia memiliki tiga macam kebutuhan yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Ketiga kebutuhan tersebut (khususnya dua kebutuhan pertama) telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sebagai manusia. Ketiga tersebut pula yang selama ini selalu diajarkan oleh para guru-guru kita di sekolah. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin maju, khususnya teknologi komputer dan internet, suatu kebutuhan baru lagi muncul dalam kehidupan kita sebagai manusia. Kebutuhan baru tersebut adalah kebutuhan akan adanya akses terhadap teknologi terkini yang dapat mendukung kegiatan atau aktivitas kita sehari-hari. Kebutuhan akan teknologi terkini juga termasuk kebutuhan akan pemakaian internet untuk membantu memenuhi sebagian besar kebutuhan hidup kita.
Internet sebagai suatu teknologi pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 oleh ARPA (Advanced Research Project Agency). Saat itu internet pertama kali dikenal dengan nama ARPAnet dan hanya digunakan secara terbatas sebagai sarana komunikasi untuk mendukung kegiatan penelitian para ilmuwan Amerika Serikat. Setelah selama beberapa waktu teknologi internet hanya dapat dinikmati oleh para ilmuwan Amerika, sekitar tahun 1970 pemakaian internet mulai meluas ke universitas-universitas di Amerika dan terus berkembang hingga saat ini. Sejak saat itu pemakaian terus meluas hingga akhirnya orang-orang dari seluruh dunia juga dapat turut memanfaatkannya untuk memenuhi beragam kebutuhannya.
Perkembangan internet yang begitu pesat saat ini juga turut didukung atau dipengaruhi oleh pengembangan World Wide Web (WWW) atau yang saat ini kita kenal sebagai website atau situs web. Pengembangan World Wide Web sendiri dimulai pada akhir tahun 1980 oleh Tim Berners-Lee dari Inggris. Pada masa-masa awal perkembangannya website masih bersifat statis. Kala itu suatu halaman web hanya dapat menampilkan tulisan-tulisan serta gambar-gambar sederhana di dalamnya, hal tersebut sudah jauh berbeda dengan keadaan pada masa kini. Saat ini suatu halaman web tidak hanya dapat menampilkan sejumlah tulisan serta gambar yang bersifat, namun telah dapat menampilkan informasi-informasi yang sifatnya dinamis dan bahkan saat ini suatu halaman web juga dapat mengandung beragam tampilan bergerak dalam bentuk animasi.
Pada masa-masa awal pengembangan World Wide Web, teknologi web yang dikenal saat itu disebut dengan teknologi web 1.0. Menjelang akhir tahun 1990, penelitian demi penelitian yang terus dilakukan mengenai web telah membuat website mampu berkembang dengan sangat pesat. Akhirnya pada tahun 2000 awal mulai dikenal suatu teknologi web yang lebih baru dengan nama web 2.0. Teknologi web 2.0 tidak lagi bersifat statis dan satu arah, tetapi memungkinkan pemilik website dan pengunjung website tersebut dapat berkomunikasi dua arah. Kemunculan teknologi web 2.0 itu pula yang akhirnya memicu pertumbuhan website-website yang melibatkan interaksi antara pemilik website dengan pengunjungnya dan bahkan antar sesama pengunjung website. Selain itu teknologi web terbaru tersebut juga memicu perkembangan jenis situs baru seperti jejaring sosial (social networking), dimana pada tahun 2000 awal salah satu yang cukup dikenal adalah Friendster.
Perkembangan internet dan web serta pemanfaatannya tidaklah berhenti sampai disana. Dengan adanya web 2.0 orang-orang juga mulai menemukan alternatif lain pemakaian internet dan web, yaitu melalui pembuatan website-website bisnis atau yang lebih dikenal sebagai toko online. Salah satu toko online terbesar yang ada di internet adalah Amazon yang beralamat di www.amazon.com. Memasuki pertengahan tahun 2000 jumlah toko online yang ada di internet terus bertumbuh semakin banyak. Tren atau kecenderungan perkembangan toko online yang ada di luar negeri (khususnya Amerika Serikat) juga mulai berimbas ke negara-negara lain di dunia ini, termasuk Indonesia. Beragam jenis toko online lokal mulai bermunculan dengan beragam jenis barang dagangan mulai dari buku, alat-alat elektronik, pakaian, makanan, dan juga jasa. Salah satu toko online yang saya kenal adalah Bhinneka.com yang beralamat di www.bhinneka.com. Toko online tersebut merupakan toko online terbesar yang menyediakan beragam barang-barang elektronik, khususnya yang berhubungan dengan komputer. Bhinneka.com dikenal sebagai toko elektronik online dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga yang kita peroleh dari toko offline atau toko di dunia nyata.
Perkembangan jumlah toko online yang ada di internet juga memicu timbulnya jenis usaha lain yang mulai melibatkan pemakaian internet, khususnya yang mendukung transaksi jual/beli melalui toko online. Salah satu layanan pendukung para pengguna internet untuk dapat bertransaksi dengan lebih mudah dan lebih nyaman melalui toko online adalah jasa layanan pembayaran online. Salah satu situs yang menyediakan jasa layanan pembayaran online atau yang lebih dikenal dengan layanan e-wallet (dompet elektronik) adalah Paypal yang beralamat di www.paypal.com. Melalui layanan dompet elektronik tersebut, kita dapat menyetorkan sejumlah uang sebagai saldo di akun dompet elektronik kita dan kemudian kita dapat memanfaatkan uang elektronik yang kita miliki untuk melakukan beragam transaksi di internet. Transaksi yang kita lakukan melalui layanan dompet elektronik jauh lebih memudahkan dan aman dibandingkan dengan transaksi biasa yang mengharuskan kita untuk pergi ke bank atau mesin ATM untuk mengirimkan sejumlah uang ke pihak penjual produk atau layanan yang kita beli. Melalui layanan dompet elektronik kita dapat melakukan seluruh transaksi pembelian hanya menggunakan komputer atau perangkat lain yang menyediakan akses ke internet.
Pemanfaatan teknologi internet terkini tidak hanya sebatas pada toko online serta layanan pendukungnya saja, tetapi sejumlah besar bisnis konvensional (bisnis yang tidak memanfaatkan teknologi informasi, khususnya internet) mulai berbondong-bondong memanfaatkan kemajuan teknologi internet. Surat-surat kabar atau media cetak lain mulai memunculkan versi onlinenya. Stasiun-stasiun televisi juga mulai membangun situs-situs yang dapat mendukung kegiatan penyiaran atau penyebaran informasi kepada khalayak umum. Pemanfaatan internet oleh pihak-pihak media cetak dan televisi juga turut mempengaruhi cara orang-orang khususnya pengusaha untuk mengiklankan usahanya. Kini, periklanan online telah berkembang sangat pesat dan melibatkan perputaran uang dalam jumlah sangat besar. Salah satu platform periklanan online yang sangat dikenal di dunia adalah Google Adwords yang merupakan layanan iklan berbayar dengan perhitungan pembayarannya berbasis klik. Cara beriklan baru tersebut juga membuat biaya periklanan lebih murah dan tentu saja menguntungkan para pengiklan, sebab para pengiklan hanya perlu membayar biaya iklan untuk setiap kunjungan atau pembacaan terhadap iklan yang dipasangnya. Teknik beriklan baru tersebut membuat para pengusaha dapat lebih berhemat dalam anggaran periklanan mereka, dengan kata lain para pengiklan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk setiap iklan yang dibaca oleh para pengunjung suatu website dimana iklan-iklan tersebut dipasang.
Pengetahuan demi pengetahuan yang saya peroleh mengenai pemanfaatan internet yang semakin meluas tersebut serta dari pengalaman saya sendiri selama ini dalam memanfaatkan teknologi internet membuat saya berani mengatakan bahwa internet sekarang bukanlah kebutuhan sampingan lagi, bahkan dapat dikatakan internet telah kebutuhan yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan pokok kita. Secara pribadi, dalam kegiatan saya sehari-hari, saya memanfaatkan internet untuk menemukan beragam informasi yang saya butuhkan atau ingin ketahui, saya manfaatkan internet untuk bergaul atau bertemu dengan kawan-kawan lama maupun baru melalui situs-situs jejaring sosial, saya manfaatkan internet untuk berbagi pengetahuan melalui tulisan demi tulisan yang saya posting di blog saya, saya juga memanfaatkan internet untuk mulai belajar memperoleh penghasilan online. Jadi bagi saya pribadi, internet telah merupakan satu kebutuhan yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan saya yang lain. Saya mengakses internet setiap saat saya memerlukannya, saya mengakses melalui komputer maupun handphone saya yang telah menyediakan fitur untuk mengakses internet. Ya, internet telah menjadi salah satu kebutuhan hidup saya. Bagaimana dengan kalian ? (Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari keikutsertaan saya dalam kompetisi menulis untuk memperingati ulang tahun ke-18 Bhinneka.com yang beralamat di http://www.bhinneka.com).

Tickerbar