Sunday 13 February 2011

Yang Terpenting Di Atas Semuanya, Knowing Our Purpose in Life

Sukses, setiap orang pasti ingin memperolehnya dan setiap orang dapat memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Ada orang yang mendefinisikan sukses sebagai berhasil meraih atau mewujudkan suatu impian tertentu, ada pula orang yang mendefinisikan sukses ketika dia berhasil menjadi kaya, ada pula orang yang mengatakan bahwa dia telah sukses ketika dia berhasil menduduki suatu posisi atau jabatan tertentu di tempatnya bekerja, ada orang yang mendefinisikan sukses dengan berhasil mendidik anak-anaknya dari kecil hingga menjadi dewasa dan sampai lulus perguruan tinggi, serta masih banyak lagi cara orang-orang mendefinisikan sukses. Apakah definisi sukses menurut Anda ?
Beberapa bulan yang lalu, saya secara tidak sengaja mencoba mencari video-video dari pengajaran atau seminar yang dibawakan oleh John C. Maxwell di Youtube. Dari proses pencarian tersebut, saya menemukan sejumlah video pengembangan diri dan kepemimpinan yang begitu luar biasa dari Maxwell. Dari sejumlah video itu, terdapat satu video yang isinya membahas mengenai sukses dan isi dari video tersebut membuka pandangan saya mengenai suatu definisi lain dari sukses. Dalam video tersebut Maxwell memberikan satu definisi yang unik mengenai sukses, dia menjelaskan bahwa, “success is knowing our purpose in life”. Sukses adalah mengetahui tujuan kita dalam kehidupan. Sebuah definisi sukses yang unik dan merangsang pemikiran bukan ?
Sejak saat itu, kata-kata “knowing our purpose in life” selalu mengisi pikiran saya dan seringkali membuat saya berpikir dan bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya ingin saya raih dalam kehidupan saya. Dalam perjalanan hidup kita (khususnya saya) terdapat kemungkinan ada sebagian dari perjalanan tersebut dimana kita merasa terombang-ambing atau merasa bingung mengenai tujuan kita dalam hidup ini. Hal tersebut juga pernah saya alami selama beberapa waktu antara pertengahan tahun 2009 hingga pertengahan tahun 2010 lalu. Setengah tahun terakhir dari tahun 2010, saya memutuskan untuk memahami diri saya sendiri. Saya putuskan untuk mencari tahu kembali apa hasrat terbesar saya, apa impian-impian awal saya, apa yang benar-benar saya inginkan dalam kehidupan saya, apa yang benar-benar menjadi suara terbesar yang muncul dari hati saya. Pada intinya saya mencoba untuk mengenali diri saya kembali. Saya mencoba untuk menemukan kembali panggilan terbesar yang ditanamkan dalam diri saya. Dari kejadian itu pula saya tersadarkan bahwa yang terpenting di atas segalanya dalam hidup kita adalah mengetahui tujuan-tujuan hidup kita, mengetahui hasrat-hasrat terbesar kita dalam hidup, mengetahui panggilan terbesar yang unik yang ditanamkan dalam setiap diri kita.
Pengalaman tersebut juga mengajarkan pada saya bahwa sukses itu tidak selalu berbicara mengenai posisi atau jabatan tertentu, sukses tidak selalu berbicara mengenai pencapaian target demi target, sukses tidak selalu berbicara mengenai seberapa banyak harta yang berhasil kita kumpulkan, sukses tidak selalu berbicara mengenai keberhasilan kita mendidik anak-anak kita, sukses juga tidak selalu berbicara mengenai keberhasilan menjadi teladan atau role model bagi banyak orang disekeliling kita. Saya jadi sadar bahwa diatas semua definisi sukses yang umumnya orang-orang disekitar kita jelaskan atau katakan, sukses itu adalah mengenai mengetahui apa tujuan kita dalam kehidupan. Sukses itu adalah mengenai pengenalan terhadap diri kita sendiri yang terdalam. Saya pikir, jika kita dapat mengenali diri kita sendiri sampai tingkat yang terdalam, jika kita mengetahui panggilan atau hasrat terbesar diri kita, jika kita mengetahui tujuan kita dalam kehidupan, maka sukses demi sukses yang sesuai dengan definisi umum yang biasa kita dengar dari orang-orang disekitar kita akan mampu kita raih atau wujudkan. Bagaimana pendapat Anda ?
Jadi, saya akan terus ingatkan diri saya sendiri bahwa sukses itu adalah lebih mengenai penemuan diri kita yang sesungguhnya dan mengenai pencarian atau penemuan tujuan kita dalam kehidupan. Bagaimana menurut Anda ? Apakah Anda sepakat dengan Maxwell tersebut ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger